Pengaruh Perhatian Orang Tua dan Motivasi Belajar Siswa terhadap Prestasi Belajar Pendidikan Pancasila

Titin Megawati, Sunar Wahid, Ambar Tri Hapsari

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Perhatian Orang Tua dan Motivasi Belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar Pendidikan Pancasila. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei. Sampel diambil sebanyak 86 Siswa dengan teknik acak sederhana. Pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran angket langsung kepada sampel. Analisis data menggunakan statistika deskriptif seperti mencari mean, median, standar deviasi, dan statistika inferensial yaitu untuk mencari koefisien korelasi sederhana dan ganda yang dilanjutkan dengan uji signifikansi koefisien korelasi dengan uji t. Penelitian ini dilakukan pada tanggal 1 September sampai dengan 30 Desember 2023. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Terdapat pengaruh yang signifikan secara bersama-sama perhatian orang tua dan motivasi belajar terhadap Prestasi Belajar Pendidikan Pancasila Siswa Sekolah Menengah Pertama PGRI Kab. Bogor. Hal ini dibuktikan  dengan nilai Sig = 0,000 < 0,05 dan Fhitung = 10,890. (2) Terdapat pengaruh yang signifikan perhatian orang tua terhadap Prestasi Belajar Pendidikan Pancasila Siswa Sekolah Menengah Pertama PGRI Kab. Bogor. Hal ini dibuktikan dengan nilai Sig = 0,005 < 0,05 dan thitung = 2,865. (3) Terdapat pengaruh yang signifikan motivasi belajar terhadap Prestasi belajar Pendidikan Pancasila Siswa Sekolah Menengah Pertama PGRI Kab. Bogor. Hal tersebut dibuktikan dengan nilai Sig = 0,006 < 0,05 dan thitung = 2,816

Keywords


Perhatian Orang Tua; Motivasi Belajar; Prestasi Belajar Pendidikan Pancasila

Full Text:

PDF

References


Ahmadi, A., & Supriyono,W. (2008). Pengajaran Berhasil,UI Jakarta

Ahmadi, A., & Widodo (1991). Psikologi Belajar, Jakarta: PT. Rineka Cipta

Aikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta, PT RinekaCipta

Arifin, Z (2009). Evaluasi Pembelajaran, Bandung, PT Remaja Rosdakarya

Campbell, L. (2004). Metode Praktis Pembelajaran berbasis Multiple Intelligences, Intuisi Press.

CP. Chaplin. (1983/1986). (1995). Terjemahan Kartini Kartono. Kamus Lengkap Psikologi. Jakarta: Grafindo Persada Departemen Pendidikan &Kebudayaan Direktorat Jendral Perguruan Tinggi, Materi Dasar Pendidikan Akta Mengajar V, Buku II B Perencanaan Pendidikan

Depdikbud,2003,Undang-Undang RI N0 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional, Semarang, Aneka Ilmu

Giovanni, C. (2010). Kecerdasan Emosional, Mojokerto, Manuscript

Goleman, D. (2009). Emotional Intelligence Kecerdasan Emosional, Jakarta, PT Sun

Hadikusumo, K. (1990). Pengantar Pendidikan, IKIP Semarang Press

Muchji, A. (2007). Pendidikan Kewarganegaraan, Universitas Gunadarma, Jakarta

Mustaqim, PengajaranTerprogram, Jakarta, CV Rajawali

Nana, S. (1997). Dasar –dasar Proses Belajar Mengajar, Bandung, Sinar Baru Algasindo

Nana, S. (2009). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar, Bandung, PT Remaja Rosdakarya

Purwanto, N. (1990). Prinsip-prinsip Teknik Evaluasi Pengajaran, CV RemajaKarya Bandung

Riduwan (2007). Skala Pengukuran Variabel – Variabel Penelitian, Bandung ALFABETA

Robert, P. (1979). Emotion: A Psychoevolutionary Synthesis New York: Holiday Lithograph Corp

Santrock, J. W. (2009). Psikologi Pendidikan Education Psychology. Jakarta, Salemba Humanika

Shapiro, L. E. (1997) How to Raise A Child With A High Emotional Intelligence, New York: Harper Collins

Slameto. (2003) Belajar & factor-faktor yang mempengaruhinya, Jakarta, Rineka Cipta

Sudijono, A. (2009). Pengantar Evaluasi Pendidikan, Jakarta, PT Raja Grafindo Persada

Sugiyono (2007). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif R&D, Bandung ALFABETA

Supardi, D. S. (2009). Pengantar Statistik Pendidikan, Jakarta, Diadit Media

Suryabrata, S. (2005). Pengembangan Alat Ukur Psikologis, Yogyakarta, ANDI Yogyakarta

Sutrisno, H. (1984). Metodologi Risearc, Yogyakarta, Yayasan penerbit Fakultas Psikologi Universitas Gajah Mada

Zainal, A. (2009). Menjadi Guru Profesional Berstandar Nasional, Bandung, Yramawidya




DOI: https://doi.org/10.30998/senndika.v1i1.8104

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Titin Megawati, Sunar Wahid, Ambar Tri Hapsari

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

____________________________________________________________________________________________________________________________________________________

(Pascasarjana) Universitas Indraprasta PGRI

Kampus A Building 2, 3nd Floor | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. 

Tlp. (021) 78835283

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.