PENGARUH KECERDASAN NUMERIK DAN MINAT BELAJAR TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIKA
Abstract
Kecerdasan memiliki peranan yang besar, khususnya terhadap tinggi rendahnya prestasi belajar yang dicapai oleh siswa. Maka penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan menganalisis pengaruh kecerdasan numerik dan minat belajar terhadap kemampuan penalaran matematika siswa. Metode yang digunakan adalah metode survei dengan sampel sebanyak 89 siswa. Hasil pengujian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh langsung kecerdasan numerik terhadap minat belajar. (2) terdapat pengaruh kecerdasan numerik terhadap kemampuan penalaran matematika siswa. (3) terdapat pengaruh minat belajar terhadap kemampuan penalaran matematika siswa. (4) terdapat pengaruh tidak langsung yang signifikan kecerdasan numerik terhadap kemampuan penalaran matematika melalui minat belajar. Kecerdasan numerik yang baik akan mempengaruhi minat belajar siswa pada pelajaran matematika. Kecerdasan numerik yang erat dengan logika dan bernalar mempengaruhi kemampuan penalaran matematika. Minat belajar siswa yang baik akan menjadikan siswa senang mempelajari matematika dan mengerjakan soal matematika tanpa paksaan. Dengan kecerdasan numerik dan minat belajar yang baik akan mempengaruhi kemampuan penalaran matematika siswa. Kemampuan penalaran matematika dapat ditingkatkan melalui peningkatan kecerdasan numerik dan minat belajar siswa.
Kata kunci: Kecerdasan Numerik, Minat Belajar, Kemampuan Penalaran Matematika.Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)DOI: https://doi.org/10.30998/simponi.v1i1.246
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Institute for Research and Community Services (LPPM) Universitas Indraprasta PGRI Address: Kampus A Building 3, 2nd Floor | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. | |
Simposium Nasional dan Call for Paper Unindra is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License. View My Stats |