HAMBATAN DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA
Abstract
Tujuan kajian pustaka ini adalah untuk mengetahui faktor penghambat yang sangat mendominasi dalam pembelajaran matematika dan cara meminimalisir kesalahan yang terjadi dalam pembelajaran matematika. Kajian pustaka ini disusun menurut kajian pustaka tematik, yang hanya mengidentifikasi dan mengutip literatur secara singkat. Adapun permasalahan utama dalam kajian pustaka ini adalah rendahnya kemampuan matematika peserta didik di Indonesia, dan kondisi peserta didik yang tidak belajar. Alternatif pemecahan masalah yang dilakukan adalah dengan mengetahui faktor penghambat dalam pembelajaran matematika. Hasil dari kajian pustaka ini menunjukkan bahwa hambatan yang sangat mendominasi dalam pembelajaran matematika sebenarnya berasal dari dalam diri peserta didik. Orang tua dan pendidik harus bekerja-sama sebagai mediator dan fasilitator yang bertugas memberikan bimbingan, motivasi, arahan dan kesiapan mental belajar peserta didik. Kajian pustaka ini menyimpulkan bahwa “minat” merupakan faktor penghambat yang sangat mendominasi dalam pembelajaran matematika. Peningkatan kompetensi pendidik dapat dilakukan dengan mengikuti kegiatan bimbingan teknik penguatan proses pembelajaran matematika, seperti seminar, pelatihan atau workshop untuk meminimalisir kesalahan-kesalahan yang terjadi dalam pembelajaran matematika. Penelitian lanjut yang lebih spesifik perlu dilakukan, mengingat matematika dapat membantu manusia berpikir kritis, sistematis, logis, dan kreatif, serta mencerna ilmu pengetahuan lainnya.
Kata kunci: Hambatan, Pembelajaran, Matematika
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Apriandi, Ika Krisdiana. (2016). Analisis Kesulitan Mahasiswa dalam Memahami Materi Integral Lipat Dua pada Koordinat Polar Mata Kuliah Kalkulus Lanjut. Al-Jabar, 7(2), 2016, 123-134. p-ISSN: 2086-5872. e-ISSN: 2540-7562.
Creswell John W. (2010). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches, 3th, Terjemahan Achmad Fawaid. Yogyakarta.
Djamarah, SB. (2011). Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Erdiany, Dewi Devita. (2019). Analisis Kesulitan Mahasiswa dalam Menyelesaikan Soal pada Materi Pertidaksamaan dan Fungsi Limit. Edumatica, 2(1), Mei 2019, 52-62. p-ISSN: 2620-8903. e-ISSN: 2620-8911.
Febriansyah, dkk. (2014). Analisis Kesulitan Siswa dalam Memahami Materi Persamaan Linier Dua Variabel di Kelas X SMA. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 3(2), 1-9.
Fitrah, M. (2016). Mengidentifikasi Faktor Penghambat Guru Matematika Kecamatan Dompu NTB terhadap Proses Pembelajaran pada Sekolah Menengah Atas. LPPM IKIP Mataram. Jurnal Kependidikan, 15(1), 2016, 73-88. p-ISSN: 1412-6087. e-ISSN: 2442-7667.
Hasratuddin. (2013). Membangun Karakter melalui Pembelajaran Matematika. UNIMED. PARADIKMA, 6(2), Desember 2013, 130-141. p-ISSN: 1978-8002. e-ISSN: 2502-7204.
Khiat, H. (2010). A Grounded Theory Approach: Conceptions of Understanding in Engineering Mathematics Learning. The Quantum Report, 15, pp 1459-1488.
Lithner, J. (2011). University Mathematics Student’s Learning Difficulties. Journal of Education Inquiry, 2(2).
Maharani, dkk. (2014). Analisis Hambatan Belajar (Learning Obstacle) pada Mata Kuliah Kalkulus III. SENDIKMAD 2014 Jogjakarta. Prosiding. ISSN: 9 772407 749004
Mutakin, TZ. (2013). Analisis Kesulitan Belajar Kalkulus I Mahasiswa Teknik Informatika. Universitas Indraprasta PGRI Jakarta. Formatif, 3(1), 2013, 49-60. ISSN: 2088-351X.
Puspitasari, dkk. (2017). Analisis Hambatan Belajar Mahasiswa pada Mata Kuliah Program Linier. UNIPMA. JIPM, 6(1), September 2017, 39-46. p-ISSN: 2301-7929. e-ISSN: 2502-7929.
Rusmawan. (2013). Faktor yang Mempengaruhi Kesulitan Belajar IPS Siswa Sekolah Dasar. LPPMP Universitas Negeri Yogyakarta. Cakrawala Pendidikan, 32(2), Juni 2013, 285-295.
Sariningsih, Purwasih. (2017). Pembelajaran Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Self Efficacy Mahasiswa Calon Guru. JNPM, 4(1), 163-177.
Satria. (2012). Mutu Pendidikan Matematika di Indonesia Masih Rendah. UGM. Jogjakarta.
Sukmawati. (2016). Analisis Faktor-Faktor Penghambat dalam Proses Pembelajaran Trigonometri. Pedagogy, 1(2), 2016, 142-150. ISSN: 2502-3802.
Suryadi, A. (2014). Pendidikan Indonesia Menuju 2025. PT Remaja Rosdakarya. Bandung.
Suryadi, D. (2010). Didactical Design Research (DDR) dalam Pengembangan Pembelajaran Matematika. Seminar Nasional Matematika UNNES.
Suryadi, D. (2016). Didactical Design Research (DDR): Upaya Membangun Kemandirian Berpikir melalui Penelitian Pembelajaran. Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika UNSWAGATI, Februari 2016.
Syah, M. (2012). Psikologi Belajar. Jakarta: Rajawali Press.
Taib, Z. (2017). Analisis Faktor Penghambat Proses Belajar Mengajar Guru Matematika SMA se-Kabupaten Pulau Morotai. EDUKASI, 15(1), Januari 2017, 650-662.
Usman, Eka Diniarti. (2013). Meningkatkan Penalaran Siswa SMP melalui Pendekatan Kontekstual. SMP Padalarang Kabupaten Bandung, Vol 1, 2013, pp 100-102.
Wahyuni, A. (2017). Analisis Hambatan Mahasiswa pada Mata Kuliah Kalkulus Dasar. UNSWAGATI Cirebon. JNPM, 1(1), Maret 2017, 10-23. p-ISSN: 2549-8495. e-ISSN: 2549-4937.
Widyasari, dkk. (2015). Analisis Kesulitan-Kesulitan Belajar Matematika Siswa Kelas IV dalam Implementasi Kurikulum 2013 di SD Piloting se-Kabupaten Gianyar. Mimbar PGSD Undiksha, 3(1).
Yeni, EM. (2015). Kesulitan Belajar Matematika di Sekolah Dasar. JUPENDAS, 2(2), September 2015, 1-10. ISSN: 2355-3650.
Yuliana Gazali, R. (2016). Pembelajaran Matematika yang Bermakna. STKIP PGRI Banjarmasin. Math Didactic, 2(3), September-Desember 2016, 181-190. ISSN: 2442-3041.
Yusuf, dkk. (2017). Analisis Hambatan Belajar Siswa SMP pada Materi Statistika. Aksioma, 8(1), Juli 2017. e-ISSN: 2579-7646.
Zubaidah, N. (2018). Indonesia Gawat Darurat Matematika. News. Depok.
DOI: https://doi.org/10.30998/simponi.v1i1.293
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Institute for Research and Community Services (LPPM) Universitas Indraprasta PGRI Address: Kampus A Building 3, 2nd Floor | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. | |
Simposium Nasional dan Call for Paper Unindra is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License. View My Stats |