PREFERENSI METODE LEARNING-BY-GAME DALAM PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM DI SEKOLAH DASAR
Abstract
ABSTRAK
Mata pelajaran IPA di sekolah dasar masih dianggap sebagai mata pelajaran yang sulit. Tujuan pembelajaran dapat dicapai melalui pemanfaatan berbagai metode pembelajaran dan media pendidikan. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis penerapan dan hambatan yang dihadapi oleh guru dalam penggunaan metode learning-by-game. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif melalui studi mendalam. Pengumpulan data melalui kuesioner dan wawancara. Analisis data menggunakan analisis statistik dan deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode learning-by-game dapat menjadi salah satu metode pembelajaran yang menyenangkan untuk tingkat sekolah dasar. Metode pembelajaran ini dapat menambah rasa ingin tahu siswa dalam belajar karena metode learning-by-game mensyaratkan siswa aktif dalam berpikir dan bergerak. Penggunaan metode learning-by-gameI juga terkait dengan kejadian sehari-hari di sekitar siswa membuat siswa lebih mudah dalam memahami konsep-konsep lingkungan hidup.
Kata kunci: guru sekolah dasar, metode learning-by-game, materi IPA
ABSTRACT
The natural science subject in elementary school is still considered as a difficult subject. The learning goals is achieved by using the learning methods and educational media. The aim of this research was analyzed of the applications and constraints which was faced by the teacher in using learning-by-game method. Type of this research was qualitative research through in-depth study. The data was collected by questionnaire and interview. This data was analyzed by descriptive and statistical analysis. The result showed that learning-by-game method can be one of the fun learning method choices for elementary school level. This method can increase students' curiosity in learning because the learning-by-game method requires students to be active in thinking and physically active. The using of the learning-by-game method is also associated with daily events around the environment of students, making it easier for them to understand concepts related to the environment.
Keyword: elementary school teacher, learning-by-game method, natural science subject
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Anggoro, S. (2014). Pendekatan Joyful Learning Pada Proses Pembelajaran Di Sekolah Dasar (Kajian Teoritis Dan Neurosains). ResearchGate Januari 2014. Tersedia di https://www.researchgate.net/publication/318471313 [diunduh 23 Februari 2018].
Badan Pusat Statistik Republik Indonesia (BPS-RI). (2017). Statistik Indonesia 2017. Statistical Yearbook of Indonesia 2017. Jakarta: Badan Pusat Statistik
Desstya, A. (2014). Kedudukan Dan Aplikasi Pendidikan Sains di Sekolah Dasar. Profesi Pendidikan Dasar, 1 (2): 193-200. Tersedia pada http://journals.ums.ac.id/index.php/ppd/article/view/1002 [diunduh 18 Maret 2017]
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2013). Kurikulum 2013. Kompetensi Dasar untuk Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Kosasih, E. (2014). Strategi Belajar dan Pembelajaran. Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: Yrama Widya.
Muharram, Lodang, H., Nurhayati & Tanrere, M. (2010). Pengembangan Model Pembelajaran IPA SD Berbasis Bahan di Lingkungan Sekitar Melalui Pendekatan Starter Eksperimen. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan Vol. 16 (Edisi Khusus): 311-320.
Putrawangsa, S. (2018). Desain Pembelajaran: Design Research Sebagai Pendekatan Desain Pembelajaran. Mataram: Reka Karya Amarta.
Sulthon. (2016). Pembelajaran IPA Yang Efektif dan Menyenangkan Bagi Siswa Madrasah Ibtidaiyah (MI). Elementary, 4 (1): 38-54.
Uno, H.B. (2012). Perencanaan Pembelajaran. Jakarta: Penerbit PT. Bumi Aksara.
Widoyoko, S.E.P. & Rinawati, A. (2012). Pengaruh Kinerja Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Cakrawala Pendidikan, 31(2): 278-289.
DOI: https://doi.org/10.30998/simponi.v1i1.311
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Institute for Research and Community Services (LPPM) Universitas Indraprasta PGRI Address: Kampus A Building 3, 2nd Floor | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. | |
Simposium Nasional dan Call for Paper Unindra is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License. View My Stats |