PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE MELALUI BERPIKIR KRITIS TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA

Maya Nurfitriyanti, Rita Kusumawardani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe think pair share terhadap kemampuan pemecahan masalah  matematika. 2) pengaruh berpikir kritis terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika. 3) interaksi antara model pembelajaran kooperatif tipe think pair share dan berpikir kritis terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode penelitian eksperimen. Uji statistik yang dilakukan yaitu ANAVA Dua Arah. Jumlah sampel pada penelitian ini adalah 56 orang dengan teknik sampling yaitu random technique sampling. Hasil penelitian ini yaitu : 1) terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe think pair share terhadap kemampuan pemecahan  matematika pada taraf kekeliruan 5% dengan nilai signifikan 0,026. 2) terdapat pengaruh berpikir kritis terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika pada taraf kekeliruan 5% dengan nilai signifikan 0,000. 3) tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran kooperatif tipe think pair share dan berpikir kritis terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika pada taraf kekeliruan 5% dengan nilai signifikan 0,901.

Full Text:

PDF

References


Amir, Mohammad Faizal. (2015). Proses Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar DalamMemecahkan Masalah Berbentuk Soal Cerita Matematika Berdasarkan Gaya Belajar. Jurnal Math Educator Nusantara 1(2), 159-170.

Filsaime, Dennis K. 2008. Menguak Rahasia Berpikir Kkritis dan Kreatif. Jakarta : Prestasi Pustakaraya.

Florentina, Noviyani dan Leonard. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa. Jurnal Formatif 7(2), 96-106.

Hidayat, R.W dan Tatan, Z. M. 2015. Pengaruh Evikasi Diri (Self Efsicacy) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Jurnal Formatif. Vol.1 No.18: 416.

Hendriana, Heris, Euis Eti Rohaeti dan Utari Sumarmo. 2017. Hard Skills dan Soft Skills Matematik Siswa. Bandung : Refika Aditama.

Riyanto, Yatim. 2009. Paradigma Baru Pembelajaran. Jakarta: Kencana

https://www.google.com/url?sa=t&source=web&rct=j&url=http://digilib.unila.ac.id/2763/16/BAB%2520II.pdf&ved=2ahUKEwjqoLD3xavgAHXKPI8KHW_LB5IQFjAEegQIBhAB&usg=AOvVaw3OSDlEtONS19vrlo-Bm2lu




DOI: https://doi.org/10.30998/simponi.v1i1.316

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 Institute for Research and Community Services
(LPPM) Universitas Indraprasta PGRI

Address: Kampus A Building 3, 2nd Floor | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm.


 Creative Commons License
Simposium Nasional dan Call for Paper Unindra is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.



View My Stats