ANALISIS KESALAHAN MAHASISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL ALJABAR LINIER DASAR BERDASARKAN KRITERIA WATSON
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui jenis dan persentase kesalahan yang dilakukan oleh mahasiswa dalam menyelesaikan soal aljabar linier dasar berdasarkan kriteria Watson. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di Universitas Indraprasta PGRI dengan subyek mahasiswa semester 4 kelas non reguler yang berjumlah 30 mahasiswa dengan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik tes, wawancara dan dokumentasi. Instrumen penelitian adalah peneliti, lembar tes, lembar pedoman wawancara. Teknik analisis data dilakukan dengan menelaah seluruh data yang tersedia, melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian secara deskriptif menunjukkan bahwa mahasiswa melakukan kesalahan data tidak tepat sebesar 13,79%, prosedur tidak tepat sebesar 15,52%, data hilang sebesar 6,03%, kesimpulan hilang sebesar 9,48%, konflik level respon sebesar 18,10%, manipulasi tidak langsung sebesar 7,76%, masalah hirarki keterampilan sebesar 19,83% dan selain ketujuh kriteria diatas sebesar 9,48%. Saran yang bisa diberikan untuk meminimalisir kesalahan dapat ditindaklanjuti dengan penggunaan strategi pembelajaran yang tepat, pemberian remedial terkait materi yang belum dikuasai dan drill soal untuk melatih prosedur dan keterampilan matematis mahasiswa.
Kata kunci: Analisis Kesalahan, Kriteria Watson, Aljabar Linier Dasar
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Dewi, dkk. (2018). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Sistem Persamaan Liner Dua Variabel Berdasarkan Kriteria Watson Ditinjau Dari Kemampuan Matematika Dan Gender. Kadikma. 10(1): 56-67
Lembang, Suri Toding dan Ba’ru Yusem. (2018). Analisis Kesalahan Mahasiswa Dalam Menyelesaikan Soal Aljabar Linier Pada Materi Sistem Persamaan Linier. Jurnal KIP. VI(3): 249-256.
M. Huljannah. (2015). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Persamaan dan Identitas Trigonometri Berdasarkan Kriteria Watson di Kelas X SMA Al-Azhar Palu. Pendidik. Mat. Univ. Tadulako. 4(2): 164-176.
Mujayanti, N. 2011. Analisis Kesalahan Siswa Berdasarkan Kategori Kesalahan Menurut Watson dalam Menyelesaikan Permasalahan Statistika Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 2 Genteng. Jember.: Universitas Jember.
Paskalis, Y. W. (2008). Analisis Kesalahan Siswa Kelas VII D dan VII E SMPK Maria Fatima Jember dalam Menyelesaikan Soal Cerita pada Pokok Bahasan Aritmetika Sosial Semester Ganjil Tahun Ajaran 2007/2008. Jember: Universitas Jember
R. A. Permatasari, dkk. (2014). Analisis Kesalahan Berdasarkan Kategori Kesalahan Menurut Watson dalam Menyelesaikan Permasalahan Perkalian dan Pembagian Pecahan Siswa Kelas V SDN Tegal Gede 01 Error Analysis Based On Categories Of Error According To Watson In Solving Fractional Multipl. Artikel Ilmiah Mahasiswa. 1(1): 1–5.
Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung. Alfabeta.
Sukardi. 2008. Metodelogi Penelitian Pendidikan. Bumi Aksara : Jakarta
DOI: https://doi.org/10.30998/simponi.v1i1.324
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Institute for Research and Community Services (LPPM) Universitas Indraprasta PGRI Address: Kampus A Building 3, 2nd Floor | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. | |
Simposium Nasional dan Call for Paper Unindra is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License. View My Stats |