EFEKTIVITAS TEKNIK MANAJEMEN STRES DALAM KONSELING KELOMPOK UNTUK MENCEGAH PERILAKU PROKASTINASI AKADEMIK MAHASISWA TINGKAT AKHIR

Miskanik Miskanik, Veno Dwi Krisnanda, Suhfi Albab

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektivitasan teknik manajemen stress dalam konseling kelompok untuk mencegah perilaku prokastinasi akademik mahasiswa tingkat akhir di program studi Pendidikan Bimbingan dan Konseling Universitas Indraprasta PGRI. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan One Group Pre and Post-Test Design. Sampel pada penelitian ini merupakan mahasiswa semester akhir pada program studi Pendidikan Bimbingan dan Konseling Universitas Indraprasta PGRI. Dari penelitian diperoleh hasil bahwa teknik manajemen stress dalam konseling kelompok dapat mengurangi tingkat prokastinasi pada mahasiswa semester akhir.

References


Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian (Suatu Pendekatan Praktik). Jakarta: Rineka Cipta

Azwar, S. (2002). Sikap Manusia : Teori dan Pengukurannya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar Offset.

Azwar, S. (2005). Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Azwar, S. (2008). Penyusunan Skala Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Birner, L. (1994). Procrastination: It’s role in Transference and Counter Transference. Psycoanalitic Review. Vol. 80.

Black, J.A & Dean J..C. (2001). Metode dan Masalah Penelitian Sosial. Refika Aditama: Bandung.

Blunt, A., & Pychyl, T. (2000). Task Aversiveness and Procrastination: A Multi- Dimensional Approach to Task Aversiveness Across Stages of Personal

Bruno, F.J., (1998). Stop Procrastinating : Pahami & Hentikan Kebiasaan Anda Menunda-nunda (terj. AR. H. Sitanggang). Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Utama.

Budi, T.P. (2006). SPSS 13.0 Terapan: Riset Statistik Parametrik. Yogyakarta: Andi Offset.

Bui, N.H. (2007). Effect of Evaluation Threat on Procrastination Behavior. Journal of Social Psychology, Vol.147.

Burka, J.B. & Yuen, L. M. (1983). Procrastination: Why You Do It, What To Do About It. Newyork: Perseus Books.

Catrunada, L.(2008). Perbedaan Kecenderungan Prokastinasi Tugas Skripsi Berdasarkan Tipe Kepribadian Introvert dan Eksrovert.Skripsi (tidak diterbitkan). http://library.gunadarma.ac.id/index.php?appid=penulisan⊂=detail&np m=10503104&jenis=s1fpsi Diakses tanggal 9 November 20019 dari

Chaplin, C. P. (1997). Kamus lengkap psikologi. Jakarta: Rajawali Press.

Conti, R. (2000). Coompeting Demands and Complimentary Motives: Procrastination and Intrinsically and Extrisincally Motivated Summer Projects. Journal of Social Behavior and Personality, Vol.5.

Elia, H. 1987. Persepsi Remaja Mengenai Keajegan Pemberian Disiplin Orang Tua Dengan Penyesuaian Diri Pada Remaja, Skripsi (tidak diterbitkan). Yogyakarta: Fakultas Psikologi Universitas Gadjah Mada.

Ellis, A., & Knaus, W.J. (1977). Overcoming Procrastination. New York: Institute for Rational Living.

Ervinawati, E. (2000). Harga Diri dan Prokastinasi Akademik pada Mahamahasiswa UII. Skripsi (tidak diterbitkan). Yogyakarta: Universitas Islam Indonesia.

Faridah Nurmaliyah, Menurunkan Stres Akademik Mahasiswa dengan Menggunakan Teknik Self-Instruction. Journal Pendidikan Humaniora. Vol.02 No.03, Hal.273-282, Desember 2019

Ferrari, J.R., & Tice, D. (2000). Procrastination As A Self-Handicap For Men & Women: A Task-Avoidance Strategy In A Laboratory Setting. Journal of research in Personality, Vol.34.

Ferrari, J.R., (1991). Self Handicapping by Procrastination: Protecting Self- Esteem Social-Esteem, or Both?. Journal of Research in Personality.

Ferrari, J.R., Johnson, J.L & Mc. Cown, W.G., (1995). Procrastination And Task Viodance. New York : Plenum Press.

Fudyartanta. (2002). Psikologi pendidikan dengan pendekatan baru. Yogyakarta : Global Pustaka Utama.

Glenn D. (2002). Procrastination in College Student Is a Marker for Unhealthy Behaviors, Study Indicates. The Chronicle of Higher Education. dari ,http://www.physics.ohiostate.edu/~wilkins/writing/Resources/essays/procrastinate Diakses tanggal 7 desember 2019

Green, L. (1992). Minority Student’s Self-Control of Procrastination. Journal of Counseling Psychology, Vol.29.

Hadi, S & Pamardiyanto, S. (1991). Analisis butir untuk instrument angket, tes dan skala nilai dengan basica. Yogyakarta : Andi Offset.

Hadi, S. (2002). Statistik Jilid 1. Yogyakarta: Andi Offset.

Hadi, S. (2004). Statistik Jilid 2. Yogyakarta: Andi Offset.

Harriott K. (2002). A Correlational Pilot Study Examining Affect and Procrastination. http://www.carleton.cartpychyl/internet.html Diakses tanggal 17 desember 2019 dari

Haycock, A.L., McCarthy, P., & Skay, L.C. (1998). Procrastination in College Students: The Role of Self efficacy and Anxiety. Journal of Counseling & Development, Vol.76.

Irwanto, dkk. (2002). Psikologi umum. Jakarta : PT Prenhallindo Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). (2008). Jakarta : Perum Penerbitan dan Percetakan Balai Pustaka.

Isni Agista, Penanganan Kasus Stres Dalam Menghadapi Aktivitas Kuliah Melalui Pendekatan Konseling Behavioristik Dengan Teknik Pengelolaan Diri Pada Mahamahasiswa Jurusan Seni Rupa FBS UNNES, (Semarang, 2011).

Kirkpatrick &Kirkpatrick. 2007. Implementing the Fourlevels: A Practical Guide for Effective Evaluation of Training Program San Fransisco: Berrett-Koehler Publishers, Inc.

Knaus, W.J., (1973). Overcoming Procrastination. New York: Institute for Rational Living.

Kompas. Dr. Ignas. (21 November 2006). Dunia Pendidikan Sekarang. Jakarta.

Kountour, R. (2003). Metodologi untuk penulisan skripsi dan tesis. Jakarta: PPM.

Latifa Hanum, Hubungan anatara harapan orangtua dan keyakinan diri dengan stres akademik mahasiswa kelas unggulan. Kudus: Fakultas Psikologi Universitas Muria Kudus

Linggasari.Y. 2015. Menyoal Kasus Bunuh Diri di Indonesia. https://www.cnnindonesia.com/nasional/201509 11165128-20-78152/menyoal-kasus-bunuh diridi- indonesia/ (diunduh 8 desember2018)

Mahmud, M., Dimyati (1989). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Depdikbud Dirjen Pendidikan Tinggi Proyek Pengembangan Lembaga Pendidikan.

Mangestuti, R & Azis, R (2009). Pengaruh Tipe Kepribadian, Jenis Kelamin, Tingkat Pendidikan Terhadap Prokastinasi. Skripsi Diakses tanggal 7 November 2019 dari http://epository/library/articles/graduate/psychology/2009/Artikel_607031 04.pdf

Margono, S. (2003). Metodologi penelitian pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta inks, F.J., Knoers, A. M. P., Haditono, S.R. (2002). Psikologi Perkembangan: Pengantar Dalam Berbagai Bagiannya. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Markam, S. 2003. Pengantar Psikologi Klinis. Jakarta: UI Press

Moh. Surya, Teori-teori konseling, (Bandung: Pustaka Bani Quraisyi, 2003 ),hal.

Nadjamuddin, L. (1998). Hubungan Self_Efikasi dengan minat mengikuti UMPTN. Skripsi, Yogyakarta: Fakultas Psikologi, Universitas Gadjah Mada.

Nurgiyanto, Burhan, dkk. (2002). Statistik Terapan, Gajah Mada University Press

Projects. Personality and Individual Differences, Vol.28.

Rizvi, A. (1998). Pusat Kendali dan Efikasi Diri sebagi prediktor terhadap Prokastinasi Akademik Mahamahasiswa, Skripsi, Yogyakarta: Fakultas Psikologi, Universitas Gadjah Mada.

Rizvi, A., Prawitasari, J.E., Soetjipto, H.P. (1997). Pusat Kendali dan Efikasi Diri sebagai prediktor terhadap Prokastinasi Akademik Mahamahasiswa. Psikologika Nomor 3 tahun II. 51-67

Santrock, J.W. (2002). Life-Span Development. Edisi 5. Jakarta: Erlangga.

Schafer, W. E. 2000. Stres Management for Wellness. California: Thompson Inc

Schouwenburg, H.C. (1995). Academic Procrastination: Theoretical notions, measurement, and research. dalam Ferrari. J.R., Johnson, J.L. & McCown,

Schraw, G., Olafson, L., Wadkins, T. (2007). Doing the Things We Do: A Grounded Theory of Academic Procrastination. Journal of Educational Psychology. Vol. 99. Diakses tanggal 7 Januari dari http://www.physics.ohiostate.edu/~wilkins/writing/Resources/essays/procr astinate

Silver, M. (1974). Procrastination. New York: Centerpoint.

Solomon, L.j., & Rothblum, E.D. (1989). Academic Procrastination: Frequency and Cognitive-Behavioral Correlates. Journal of Counseling Psychology. Vol.31. Diakses tanggal 17 November 2019 dari http://all.successcenterohio- state.edu/references/procrastinator _APA_paper.htm.

Syafi’i, M. (2001). Hubungan antara Kecemasan Menghadapi Masalah dengan Prokastinasi Akademik pada Mahamahasiswa yang Sedang Mengerjakan Skripsi. Skripsi (tidak diterbitkan). Yogyakarta: Fakultas Psikologi Universitas Gajah Mada.

Takwin. (2008). Menjadi mahamahasiswa. Diakses tanggal 22 Desember 2019 dari http://bagustakwin.multiply.com/journal/item/18.

Taylor, S.E. 1995. Health Psychology. Singapore: McGraw-Hill Book Co.

W.G. (1995). Procrastination and Task Avoidance: Theory, research and trearment (hal. 71-96). New York: Plenum Press.

Winkel, W.S., (1987). Psikologi Pengajaran. Jakarta: PT. Gramedia.

Wolters, C.A. (2003). Understanding Procrastination from a self regulated learning perspective. Journal of Educational Psychology, Vol.95.

Wulan, R., (2000). Hubungan antara Gaya Pengasuhan Orangtua Dengan Prokastinasi Akademik, Skripsi (tidak diterbitkan), Yogyakarta: Fakultas Psikologi Universitas Gadjah Mada.

Yazinta, M. (2009). Kecemasan terhadap penyelesaian Msalah Skripsi dan Prokastinasi Akademik, Skripsi (tidak diterbitkan), Yogyakarta: Fakultas Psikologi Universitas Sanata Dharma.

Zakarilya, W., Agar Anak Senang Belajar. Gerbang. Edisi 6 Th.II, Desember 2002




DOI: https://doi.org/10.30998/simponi.v1i1.331

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 Institute for Research and Community Services
(LPPM) Universitas Indraprasta PGRI

Address: Kampus A Building 3, 2nd Floor | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm.


 Creative Commons License
Simposium Nasional dan Call for Paper Unindra is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.



View My Stats