MODEL BASIS DATA UNTUK MENDUKUNG SISTEM ADMINISTRASI PELAYANAN DAN PERBAIKAN MOTOR
Abstract
Loyalitas merupakan hal yang penting dibangun setiap perusahaan untuk memenangkan kompetisi. Salah satunya adalah dengan usaha peningkatan pelayanan dengan pembuatan sistem administrasi pelayanan dan perbaikan motor. Pemanfaatan database dalam sebuah aplikasi memungkinkan untuk dapat menyimpan data atau melakukan perubahan dan menampilkan kembali data tersebut dengan cepat dan mudah. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif. Metodologi perancangan basis data menggunakan DBLC (database life cycle) dengan variabel penelitian adalah perancangan model basis data relasional dengan metode database life cycle. Perancangan basis data relasional meliputi Conceptual Database Design, Logical Database Design dan Physical Database Design. Hasil dari rancangan basis data model relasional administrasi pelayanan dan perbaikan motor yang dimaksudkan untuk menjaga integritas data dari setiap tabel yang berrelasi. Hasil akhir dari penelitian ini adalah menghasilkan 13 (tigapuluh) tipe entitas konsepsual, menghasilkan diagram hubungan entitas dari ketigabelas entitas tersebut pada logikal dan menghasilkan rancangan pisikal yang terdiri dari pelanggan, bp, mekanik, dtlkerja, kerja, jnskerja, motor, wo, dtls_parts, s_parts, fpwc, kpb dan buku.
Kata kunci : Loyalitas, DBLC (database life cycle), administrasi pelayanan dan perbaikan motorFull Text:
PDF (Bahasa Indonesia)DOI: https://doi.org/10.30998/simponi.v1i1.333
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Institute for Research and Community Services (LPPM) Universitas Indraprasta PGRI Address: Kampus A Building 3, 2nd Floor | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. | |
Simposium Nasional dan Call for Paper Unindra is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License. View My Stats |