PENGARUH CITRA MEREK DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN TOKO ONLINE TOKOPEDIA

welda mudiar, Dean Rizki Hervianto

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh citra merek dan kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian konsumen melalui toko online Tokopedia di Jakarta. Pemilihan sampel penelitian ini menggunakan teknik non probability sampling dengan menggunakan teknik purposive sampling. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang diperoleh melalui kuesioner yang disebar ke 155 responden. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linear berganda, uji T, uji F dan koefisien determinasi. Berdasarkan hasil uji dan pengolahan data diperoleh menggunakan program IBM SPSS Statistics 25 dengan hasil sebagai berikut: (1) Model regresi layak digunakan untuk meramalkan semua variabel bebas. (2) Berdasarkan hasil uji regresi bahwa variabel Citra Merek mempunyai pengaruh terhadap Keputusan Pembelian, lebih besar dari variabel Kualitas Pelayanan dan Kualitas Pelayanan mempunyai pengaruh terhadap Keputusan Pembelian, lebih kecil dari variabel Citra Merek. (3) Pengujian secara parsial Citra Merek dan Kualitas Pelayanan mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian. (4) Pengaruh Citra Merek dan Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Pembelian adalah sebesar 74.3%, sedangkan sisanya 25.7% dipengaruhi oleh variabel lain..

Kata kunci: Citra Merek, Kualitas Pelayanan, Keputusan Pembelian


References


Alwafi, F. dan Magnadi, R.H. (2016). Pengaruh Persepsi Keamanan, Kemudahan Bertransaksi, Kepercayaan Terhadap Toko Dan Pengalaman Berbelanja Terhadap Minat Beli Secara Online Pada Situs Jual Beli Tokopedia.com. Diponegoro Journal Of Management, Vol. 5, No. 2, Tahun 2016:1-15.

Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia. (2017). Hasil Survei Penetrasi dan Perilaku Pengguna Internet Indonesia 2017. Diakses melalui https://web.kominfo.go.id/sites/default/files/Laporan%20Survei%20APJII_2017_v1.3.pdf, pada 1 Oktober 2018

Ecomerceiq.asia. (2018). The Country's Top E-commerce Website. Retrieved November 2018, from Ecommerceiq.asia: https://ecommerceiq.asia/top-ecommerce-sites-indonesia/

Ghozali, Imam. (2011). “Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS”. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hair, J. F., Black. W. C., Babin. B. J.; and Anderson. R. E. (2010), Multivariate Data Analysis, 7th ed. Pearson Prentice Hall, New Jersey.

Hidayah, R.T. dan Utami, E.M. (2017). Pengaruh Brand Image Dan e-Service Quality Terhadap Proses Keputusan Untuk Membeli Produk Pada Alfacart.com. Conference on Management and Behavioral Studies Universitas Tarumanagara, Jakarta, 12 Oktober 2017.

Isyanahapsari, S. (2018). Pengaruh Periklanan Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Secara Online Pada Situs Belanja Online (Studi Kasus pada Pengguna E-commerce Elevenia Di Kota Semarang). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, Vol 7, No 1 (2018).

Jundi, M.S. dan Mudiantono. (2016). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Citra Merek, Dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Pembelian Dengan Nilai Yang Dipersepsikan Sebagai Mediasi (Studi pada Konsumen Lazada.co.id Kota Semarang). Diponegoro Journal Of Management, Vol. 5, No. 3, Tahun 2016:1-12

Katadata.co.id. (2016). Transaksi E-Commerce Indonesia Naik 500% dalam 5 Tahun.(Media Online). Diakses melalui https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2016/11/16/transaksi-e-commerce-indonesia-naik-500-dalam-5-tahun, pada pada 1 Oktober 2018

Keller, Kevin. Lane. (2008). Strategic Brand Management : Building, Measuring,and Managing Brand Equity. Third Edition. New Jersey: Pearson Prentice Hall Inc.

Kotler, Philip., & Armstrong,Gary. (2012). Prinsip-prinsip Pemasaran, Edisi 13

Jilid 1.Jakarta: PT. Erlangga.

_____, Philip., & Armstrong, Gary. (2012). Prinsip-prinsip Pemasaran, Edisi 13

Jilid 2.Jakarta: PT. Erlangga.

_____, Philip and Armstrong, Gary. (2014). Principle Of Marketing, 15th edition.

New Jersey: Pearson Prentice Hall.

Kotler, P. & Keller, K.L. (2016). A Framework For Marketing Management.

th Edition. Boston: Pearson Education.

Kotler, P. & Amstrong, G. (2014). Principle of Marketing, 14 Edition.

England : Pearson Education, Inc

Lovelock, Christoper. H., & Wright, Lauren. K. (2007). Manajemen Pemasaran

Jasa.Jakarta: PT. Indeks.

Nasution (2011). Metode Research, Jakarta : PT. Bumi Aksara.

Novfriday, F. dan Eviana, N. (2016). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Di Restoran Bebek Kaleyo Cabang Tebet Jakarta. Panorama Nusantara Jurnal Ekonomi, Pendidikan dan Pariwisata, Vol 11 Edisi 20 No.1/Januari-Juni 2016

Parengkuan V., Tumbel, A., & Wenas, R. (2014). Analisis Pengaruh Brand Image Dan Celebrity Endorsment Terhadap Keputusan Pembelian Produk Shampo Head And Shoulders Di 24 Mart Manado. Jurnal EMBA, Vol.2 No.3 September 2014, Hal. 1792-1802.

Priyatno, Duwi. (2012). Cara Kilat Belajar Analisis Data dengan SPSS 20. Yogyakarta: Andi Offset.

Simamora, Bilson. (2008). Panduan Riset Perilaku Konsumen. Cetakan Ketiga.

Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D.

Bandung: Alfabeta.

Sugiyono, (2012). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Bisnis (17th ed). Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Tampubolo, B. dan Purba, M. (2015). Influence of Brand Image And Quality Service Through the Buying Decision Against Interests Buy (Case Study On KASKUS). Munich Personal RePEc Archive (MPRA) Paper, No. 77037, posted 23 February 2017.

Tjiptono Ph.D, Fandy., &Chandra, Gregorius. (2007). Service, Quality, &

Satisfaction, Edisi 2.Yogyakarta: Prima.C.V.Andi.

Tjiptono, F. & Diana, A. (2016). Pemasaran. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Tjiptono Ph.D, Fandy. (2011). Pemasaran Jasa. Malang:Bayumedia Publising.

____________, Fandy (2012). Service Management Mewujudkan Layanan.

Yogyakarta: Prima.CV.Andi.

____________, Fandy (2014). Pemasaran Jasa Prinsip Penerapan Penelitian.

Yogyakarta: Prima.CV.Andi.

Top Brand Award. (2018). Top Brand Index 2018 Fase 2. (Online). Diakses melalui http://www.topbrand-award.com/top-brand-survey/survey-result/top_brand_index_2018_fase_2, pada 1 Oktober 2018

www.tokopedia.co.id

Zeithaml, Valarie A., Parasuraman, A. dan Malhotra, A. (2002). Service Quality DeliveryThrough Web Sites: A Critical Review of Extant Knowledge. Journal of the Academy of Marketing Scienc,. Vol. 30, No. 4.

Zulastari, D.I. dan Wardhana, A. (2016). Pengaruh Citra Merek Bukalapak.Com Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen (Studi Pada Komunitas Bukalapak.com Di Indonesia). e-Proceeding of Management, Vol.3, No.1 April 2016.




DOI: https://doi.org/10.30998/simponi.v1i1.350

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 Institute for Research and Community Services
(LPPM) Universitas Indraprasta PGRI

Address: Kampus A Building 3, 2nd Floor | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm.


 Creative Commons License
Simposium Nasional dan Call for Paper Unindra is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.



View My Stats