Kecemasan Mengajar yang Dihadapi Mahasiswa Calon Guru dalam Melaksanakan Real Teaching: antar gender

Nunu Nurhayati, Vina Agustiana

Abstract


Real teaching merupakan suatu kegiatan yang wajib dilakukan oleh mahasiswa calon guru. Tanpa adanya kesiapan dalam menghadapi kegiatan real teaching, mahasiswa calon guru memiliki kemungkinan besar untuk mengalami kesulitan dalam mengajar. Melaluli penelitian kuantitatif dengan menerapkan strategi survey, peneliti mengeksplor tingkat kecemasan yang dihadapi mahasiswa calon guru sebelum dan sesudah pelaksanaan kegiatan real teaching serta tingkat kecemasan mengajar berdasarkan gender. Instrumen penelitian yang dipakai ialah Skala Kecemasan Mengajar Mahasiswa Calon Guru (SKMMCG) dari Agustiana dan Nurhayati (2019). Terdapat 238 mahasiswa calon guru di salah satu Universitas swasta di Jawa Barat sebagai partisipan yang terdiri dari 59 orang laki-laki dan 179 perempuan. Berdasarkan hasil paired sample correlation dan paired samples test dapat diketahui bahwa terdapat perbedaan tingkat kecemasan mahasiswa antara sebelum dan sesudah melaksanakan kegiatan real teaching walaupun tidak signifikan, sementara berdasarkan hasil group statistics, dan independent t-test dapat diketahui bahwa tidak terdapat perbedaan tingkat kecemasan mengajar yang dihadapi oleh mahasiswa laki-laki dan perempuan dalam melaksanakan kegiatan real teaching. Mengingat betapa pentingnya kegiatan real teaching bagi mahasiswa calon guru, maka sudah sepatutnya setiap pihak yang terlibat melaksanakan kegiatan ini secara maksimal. Dengan demikian tingkat kecemasan mengajar setiap mahasiswa akan menurun sejalan dengan pengalaman dan latihan mengajar yang mereka peroleh. Selain itu, perbedaan jenis kelamin bukan merupakan hambatan dalam melaksanakan kegiatan real teaching.

References


Agustiana, V. (2014). Pre-service teachers’ anxiety during teaching practicum. English Review: Journal of English Education, 2(2), 174-182

Agustiana, V. & Rahmatunisa, W. (2018). Teaching Anxiety Encountered By Indonesian Preservice Teachers. CONNECTS, 3.

Ankuma, M. (2007). Challenges facing teacher trainees in the mentorship programme in the Ashanti Region of Ghana. Unpublished M.Phil thesis: University of Cape Coast, Ghana.

Aslrasouli, M., & Vahid, M. S. P. (2014). An investigation of teaching anxiety among novice and experienced Iranian EFL teachers across gender. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 98, 304-313. doi: 10.1016/j.sbspro.2014.03.421

Azeem, M. (2011). Problems of prospective teachers during teaching practice. Academic Research International. 1( 2), 308-316.

Boadu, G. (2014). Anxieties Faced by History Student-Teachers during Teaching Practice. Journal of Education and Practice. 5(14), 138-143

Cresswell, J. W. (2014). Research Design: Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Hamruni. (2009). Edutainment dalam Pendidikan Islam dan Teori-Teori Pembelajaran Quantum. Yogyakarta: Fakultas Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga.

Hatch, E. & Farhady H. (1981). Research Design and Statistics for Applied Linguistics. Tehran: Rahnama Publications

Koerner, M., Rust, F., & Baumgartner, F. (2002). Exploring roles in student teaching placements. Teacher Education Quarterly, Spring, 35-58

Magnusson D. (1982). Situational determination of stress : an interactional perspective. In: L Goldberger & S Breznitz (eds). Handbook of Stress. Theoretical and Clinical Aspects. New York : The Free Press

Malik, R. S. & Hamied, F. A. (2014). Research Methods. Bandung: UPI Press

Marno dan Idris, M. (2008). Strategi dan Metode Pengajaran: Menciptakan Keterampilan yang Efektif dan Edukatif. Yogyakarta: Ar-ruzz Media

Merç, A. (2015). Foreign Language Teaching Anxiety and Self-Efficacy Beliefs of Turkish Pre-Service EFL Teachers. The International Journal of Research in Teacher Education. 6(3), 40-58

Morton LL, Vesco R, Williams NH & Awender MA 1997. Student teacher anxieties related to class management, pedagogy, evaluation, and staff relations. British Journal of Educational Psychology, 67, 69-89.

Ngidi, D.P. and Sibaya, P.T. (2003). Student teacher anxieties related to practice teaching. South African Journal of Education. 23(1), p. 18-22

Nwanekezi, A. U., Okoli, J.,& Mezieobi, S.A. (2011). Attitude of student-teachers towards teaching practice in the university of Port Harcourt, Rivers State, Nigeria. Journal of Emerging Trends in Educational Research and Policy Studies 2(1),41-46.

Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Trihendradi, C. (2009). Step by Step SPSS 16 Analisis Data Statistik. Yogyakarta: PT. Andi.

Uyanto, S. (2009). Pedoman Analisis Data dengan SPSS. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Williams, S., Leader, G., Mannion, A., and Chen, J. (2015). An investigation of anxiety in children and adolescents with autism spectrum disorder. Research in Autism Spectrum Disorders, 10, 30-40. doi.org/10.1016/j.rasd.2014.10.017




DOI: https://doi.org/10.30998/simponi.v1i1.366

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 Institute for Research and Community Services
(LPPM) Universitas Indraprasta PGRI

Address: Kampus A Building 3, 2nd Floor | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm.


 Creative Commons License
Simposium Nasional dan Call for Paper Unindra is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.



View My Stats