PENGGUNAAN PENILAIAN OTENTIK BAGI PENINGKATAN MUTU PEMBELAJARAN

imam suseno

Abstract


Penilaian otentik merupakan kegiatan pengumpulan data serta informasi perkembangan dan pencapaian pembelajaran melalui berbagai teknik yang mampu mengungkap atau membuktikan secara tepat tujuan pembelajaran sesuai kurikulum telah dikuasai secara baik oleh peserta didik. Penilaian otentik menjadi populer sejak pemberlakuan kurikulum tahun 2013 bagi satuan pendidikan khususnya jenjang satuan pendidkkan menengah, dengan mengenalkan ragam jenis penilaian otentik sebagai bagian dari proses pengukuran kemampuan siswa. Penelitian ini membahas tentang kecenderungan guru memberikan makna melekat pada ragam penilaian autentik yang mampu secara efiktif mendeteksi kemampuan siswa secara tepat. Juga mengetahui sejauhmana peran, hambatan, dan kesulitan guru dalam menggunakan ragam jenis penilaian otentik dalam kegiatan pembelajaran diruang kelas. Menggunakan penelitian kualitatif menggunakan sumber data sekunder untuk mendapatkan data baik penggunaan penilaian otentik bagi peningkatan mutu pembelajaran. Hasil penelitian diperoleh informasi bahwa guru mengalami hambatan dan kesulitan dalam melaksanakan penilaian autentik, faktor utama disebabkan belum terinternalisasi paradigma penilaian autentik yang berguna dala meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah.


References


Alam, Bahrul. (2015). Implementasi Kebijakan Penilaian Autentik Kurkulum 2013 di SMA Negeri 78 Jakarta. Skripsi, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.

Earl, Lorna. (2003). Assessment as learing: using classroom assessment to maximise student learning. Thousand Oaks, CA, Corwin Press.

Enggar, Nur Sasi. (2015). Kesulitan Guru SD Negeri Glagah dalam mengimplementasikan penilaian autentik pada Kurikulum 2013.Jurnal PGSD Edisi12 Tahun ke IV Agustus 2015.

Ghony, M. Djunaidi & Almansur, Fauzan. (2012). Metode Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Kemendikbud. (2013). Model Penilaian Pencapaian Kompetensi Peserta Didik Sekolah Menengah Pertama. Dirjen Pendidikan Dasar.

Machali, Imam. (2014). Kebijakan Perubahan Kurikulum 2013 dalam menyongsong Indonesia Emas Tahun 2045. Jurnal Pendidikan Islam Vol.III, No.1, Juni 2014/1435

Ruslan, Fauziah, Tati, & Alawiyah, Tuti. (2016). Kendala guru dalam menerapkan penilaian autentik di SD Kabupaten Pidie. Jurnal Ilmiah Mahasiswa PGSD FKIP Unsyiah Vol.I No.1. Agustus 2016.

Rasmuin. (2010). Pengembangan bank soal berbasis komputer dalam upaya pemetaan kualitas pendidikan matematika tingkat SMP/MTS di daerah. Prosiding Seminar Nasional Himpunan Evaluasi dan Pendidikan Indonesia Jakarta, 29-30 Januari 2010.

Safitri, Desy dan Oktavia, Maria. (2017). Implementasi Penilaian Autentik Kurikulum 2013 (studi kasus guru IPS di SMP Labschool Jakarta). Jurnal Edukasi IPS Vol.01 No.1 Jakarta.

Sutama., Sandy, Gilang Ary., & Fuadi, Djalal. (2017). Pengelolaan Penilaian Autentik Kurikulum 2013 Mata Pelajaran Matematika di SMA. Jurnal Managemen Pendidikan, Vol.12, No.1 Januari 2017.

Tilaar. (2008). Managemen Pendidikan Nasional. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.




DOI: https://doi.org/10.30998/simponi.v1i1.372

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 Institute for Research and Community Services
(LPPM) Universitas Indraprasta PGRI

Address: Kampus A Building 3, 2nd Floor | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm.


 Creative Commons License
Simposium Nasional dan Call for Paper Unindra is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.



View My Stats