Peningkatan Penguasaan Kosakata dengan Metode Total Physical Response (TPR)

widya widya, Erika Agustiana

Abstract


Proses penguasaan bahasa asing pada dasarnya sama dengan proses penguasaan bahasa pertama yakni dengan mengikuti tahapan dasar yaitu (1) mendengar, (2) merespon dengan fisik, dan (3) berbicara. Total Physical Response (TPR) adalah metode pengajaran bahasa yang mengikuti tiga tahapan dasar tersebut. Tujuan kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah untuk memberikan pelatihan kepada guru-guru Madrasah Ibtidaiyah tentang metode Total Physical Response khususnya dalam penguasaan kosakata. Diharapkan dengan pelatihan ini guru-guru dapat menerapkan metode ini di kelas sehingga tercipta suasana belajar yang lebih efektif, menyenangkan, dan memotivasi. Pengabdian kepada masyarakat ini dilaksanaan dalam bentuk pelatihan dengan mengikuti prosedur TPR yang diajukan oleh Asher dalam (Richards & Rodgers, 2001) yang mengusulkan empat tahapan pelaksanaa TPR yaitu review (mengulas), new command (perintah baru), role reversal (berganti peran), dan Reading and Writing (membaca dan menulis). TPR dipilih karena tim menilai metode ini sesuai dengan kebutuhan siswa dalam penguasaan kosakata. Dari hasil pelaksanaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini, dapat ditarik simpulan bahwa penerapan metode TPR dalam pembelajaran kosakata dipandang dapat memberikan ruang yang lebih lebar untuk para guru untuk menciptakan suasana belajar yang lebih efektif, menyenangkan, dan memotivasi bagi peserta didik.

 

Kata Kunci: Total Physical Response, TPR, kosakata, bahasa Inggris 

 


References


Fahrurrozi. (2017). Improving Students ’ Vocabulary Mastery by Using Total Physical Response, 10(3), 118–127. https://doi.org/10.5539/elt.v10n3p118

Larsen-Freeman, D., & Anderson, M. (2011). Technique and Principles in Language Teaching (3rd Ed). New York: Oxford University Press. Retrieved from https://acasearch.files.wordpress.com/2015/03/techniques-in-language-teaching.pdf

Nunan, D. (1998). Language Teaching Methodology. New York: Prentice Hall.

Qiu, Y. (2016). Research on the Application of Total Physical Response Approach to Vocabulary Teaching in Primary Schools. International Journal of Arts and Commerce, 5(7), 18–24.

Richards & Rodgers. (2001). Approaches and Methods in Language Teaching (2nd ed). Cambridge: Cambridge University Press.

Shi, T. (2018). A Study of the TPR Method in the Teaching of English to Primary School Students, 8(8), 1087–1093.

Singh, J. P. (2011). Effectiveness of total physical response. Academic Voices A Multidisciplinary Journal Volume, 1(1), 20–22.




DOI: https://doi.org/10.30998/simponi.v1i1.374

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 Institute for Research and Community Services
(LPPM) Universitas Indraprasta PGRI

Address: Kampus A Building 3, 2nd Floor | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm.


 Creative Commons License
Simposium Nasional dan Call for Paper Unindra is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.



View My Stats