SOSIALISASI PENGGUNAAN METODE HITUNG TRACHTERNBERG DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA TINGKAT SEKOLAH DASAR

Heriyati Heriyati, Munasiah Munasiah, Retno Nengsih

Abstract


Matematika merupakan  pelajaran yang kurang diminati siswa  padahal matematika merupakan materi pelajaran yang mempunyai karakteristik tersendiri sebagai ilmu pengetahuan dasar yang harus diberikan kepada peserta didik untuk mengantar mereka ke pemikiran yang logis, rasional, kritis, cermat, jujur, efektif dan efisien. Kemampuan dasar berhitung  dan metode pengajaran guru merupakan salah satu faktor penyebab rendahnya minat terhadap matematika. Tim Pengabdian Masyarakat unindra memberikan Sosialisasi Metode Pembelajaran Trachtenberg untuk mengatasi hal tersebut. Metode Tracternberg  ini tidak hanya cepat, tetapi juga sederhana. Bila kaidah-kaidahnya sudah dikuasai, perhitungan dapat dikerjakan dengan sangat cepat. Kaidah yang digunakan  dalam metode hitung trachternberg berdasarkan pada logika yang sahih. Hasil dari sosialisasi ini adalah bertambahnya pengetahuan guru tingkat sekolah dasar tentang metode hitung cepat yang diharapkan dapat meningkatkan minat para peserta didik mereka terhadap matematika.

 

Kata kunci: Metode hitung, Tracternberg, Pembelajaran Matematika




DOI: https://doi.org/10.30998/simponi.v1i1.396

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 Institute for Research and Community Services
(LPPM) Universitas Indraprasta PGRI

Address: Kampus A Building 3, 2nd Floor | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm.


 Creative Commons License
Simposium Nasional dan Call for Paper Unindra is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.



View My Stats