PROGRAM INDONESIA PINTAR: ANALISIS PERHITUNGAN BIAYA SATUAN PESERTA DIDIK DALAM UPAYA PENINGKATAN AKSES PENDIDIKAN

Novrian Satria Perdana

Abstract


Hingga saat ini, disparitas partisipasi sekolah antar kelompok masyarakat masih cukup tinggi. Angka Partisipasi Murni (APM) keluarga yang mampu secara ekonomi secara umum lebih tinggi dibandingkan dengan keluarga tidak mampu. Salah satu alasannya adalah tingginya biaya pendidikan baik biaya langsung maupun tidak langsung yang ditanggung oleh peserta didik. Dalam upaya mendorong peningkatan akses layanan pendidikan, Pemerintah memberikan bantuan dana pendidikan untuk peserta didik dalam bentuk Program Indonesia Pintar (PIP). Dalam pemberian bantuan dana PIP akan memiliki manfaat lebih maksimal bagi siswa penerima jika besarannya mendekati kebutuhan riil peserta didik. Berdasarkan hal tersebut, maka tujuan dari penelitian ini adalah menghitung besaran biaya satuan peserta didik yang dapat diberikan kepada penerima PIP dari masing-masing jenjang pendidikan dengan memperhatikan kondisi kelompok pengeluaran 40% terbawah. Penelitian ini menggunakan analisis data sekunder yang bersumber dari BPS 2019. Data tersebut kemudian diolah menurut kondisi masing-masing daerah dan indikator ekonomi. Berdasarkan hasil perhitungan, besaran biaya satuan untuk skala Nasional tahun 2019 menurut indikator ekonomi diperoleh hasil untuk jenjang SD sebesar Rp 1.495.510, jenjang SMP sebesar Rp 2.683.959, dan jenjang SM sebesar Rp 4.355.553. Implikasi penelitian ini berupa rekomendasi kebijakan besaran PIP ideal yang mendekati kebutuhan riil peserta didik.


References


Badan Pusat Statistik Republik Indonesia. (2019). Data Rata-rata Nasional APM menurut kelompok pengeluaran 40% Terbawah. Diunduh melalui website https://www.bps.go.id pada 23 Oktober 2019

Greatbatch, David and Sue Tate. (2017). Funding and Expenditure in Post-16 Education: An International Review. London: Departemen for Education UK

Herlinawati, Bambang Indriyanto, Catur Dyah Fajarini, & Sudiyono. (2017). Kajian Implementasi Program Indonesia Pintar. Jakarta: Pusat Penelitian Kebijakan Pendidikan dan Kebudayaan

Ismail, Ramlee., Awang, Marinah., Noor, Mohd Asri Mohd. (2016). Analysis of Private and Social Costs of Education in Malaysia: An Overview. International Journal of Academic Research in Business and Social Sciences 2016, Vol. 6, No. 11, page 24-37. ISSN: 2222-6990. DOI: 10.6007/IJARBSS/v6-i11/2371

Liao, L., Du, M., Wang, B., Yu, Y. (2019). The Impact of Educational Investment on Sustainable Economic Growth in Guangdong, China: A Cointegration and Causality Analysis. Sustainability 2019, 11, 766; doi: 10.3390/su11030766, page 1-16. www.mdpi.com/journal/sustainability.

Lusiana, L. (2017). Implementasi Program Indonesia Pintar (PIP) di Desa Sukomulyo Kecamatan Sepaku Kabupaten Penajam Paser Utara: Studi Kasus di SDN 011 dan SDN 013. Jurnal Administrasi Negara, 6 (1), 6991-7005

Saruparia, Chitra Dr, and Lodha, S.L Dr. (2013). Private and Social Cost of Technical and Professional Education With reference to J.N.V. University, Jodhpur (Rajasthan) India. Developing Country Studies ISSN 2224-607X (Paper) ISSN 2225-0565 (Online) Vol.3, No.3, 2013

United Nations Children’s Fund (UNICEF). (2015). The Investment Case for Education and Equity, page 1-130. Diunduh melalui https://www.unicef.org/publications/files/Investment Case_for_Education_and_Equity_ FINAL.pdf pada tanggal 22 Oktober 2019

Walker, R. (2014) The shame of poverty. Oxford: Oxford University Press.

Widiansyah, Apriyanti. (2017). Peran Ekonomi dalam Pendidikan dan Pendidikan dalam Pembangunan Ekonomi. Cakrawala, Vol. XVII, No. 2, September 2017, 207-215.

World Economic Forum. (2017). The Global Human Capital Report 2017: Preparing people for the future of work. Diunduh melalui http://www3.weforum.org/docs/ WEF_Global_Human_Capital_Report_2017.pdf pada tanggal 23 September 2019




DOI: https://doi.org/10.30998/simponi.v1i1.406

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 Institute for Research and Community Services
(LPPM) Universitas Indraprasta PGRI

Address: Kampus A Building 3, 2nd Floor | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm.


 Creative Commons License
Simposium Nasional dan Call for Paper Unindra is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.



View My Stats