PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INGGRIS
Abstract
ABSTRAK
Tujuan Penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh Kecerdasan Emosional dan Motivasi Belajar terhadap hasil belajar bahasa Inggris. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey dengan teknik random sampling yang diambil dari 2 Madrasah Aliyah swasta di Kecamatan Kebon Jeruk. Pengumpulan data dilakukan dengan kuisioner dan hasil penilaian akhir semester (PAS) dengan analisis data menggunakan analisis jalur. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa: 1) Terdapat pengaruh langsung Kecerdasan Emosional terhadap hasil belajar bahasa Inggris. 2) Terdapat pengaruh langsung Motivasi Belajar terhadap hasil belajar bahasa Inggris 3) Terdapat pengaruh langsung Kecerdasan Emosional terhadap Motivasi Belajar. 4) Tidak terdapat pengaruh tidak langsung Kecerdasan Emosional terhadap hasil belajar bahasa Inggris melalui Motivasi Belajar.
Kata Kunci : Kecerdasan Emosional, Motivasi Belajar , Hasil Belajar Bahasa Inggris
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
DAFTAR PUSTAKA
Brophy, Jere. (2004). Motivating Students to Learning. New Jersey: Lawrence Erlbaum Associates.
Cooper, Robert K, Phd dan Anyam Sawaf. (1998). Executive EQ:
KecerdasanEmosional Dalam Kepemimpinan dan Organisasi. Jakarta: PT
Gramedia Pustaka Utama.
Gardner, Howard. (2003). Multiple Intelligences. Alih bahasa oleh Alexander
Sindoro. Batam: Interaksa.
Goleman, Daniel. (2000). Emotional Intelligence (Kecerdasan Emosional). Jakarta:
Gramedia Pustaka Umum.
Gusniwati, Mira. (2015). Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Minat belajar Terhadap
Peguasaan Konsep Matematika Siswa SMAN di Kecamatan Kebon Jeruk. Jurnal Formatif MIPA. Vol.5. no 1, April 2015.
I.A, Suparman.(2013). Aplikasi Komputer Dalam Penyusunan Karya Ilmiah.
Tanggerang: Pustaka Mandiri
Pintrich, Paul R. (2013). Motivation and Classroom Learning. New Jersey: Jhon Wiley & Sons, Inc.
Rohiat. (2008). Kecerdasan Emosional Kepemimpinan Kepala Sekolah. Bandung :
Refika Aditama
Santrock, Jhon .(2007). Psikologi Pendidikan Edisi kedua. Jakarta: Prenada Media Group.
Sardiman, A.M. (2007). Interaksi Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali
press.
Segal, Jeane. (2002). Melejitkan Kepekaan Emosional. Bandung: kalfa.
Shapiro, E. Lawrence. (1997). Mengajarkan Emosional Intelligence Kepada Anak.
Diterjemahkan oleh Alex Tri Kantjono. Jakarta: Gramedia Pustaka
Sudjana, Nana. (2008). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT.
Remaja Rosdakarya.
Triatna, Cepi dan Risma Kharisma. (2008). EQ Power Panduan meningkatkan
Kecerdasan Emosional. Bandung: Citra Praya.
U.S, Supardi. (2013).Aplikasi Statistika dalam Penelitian. Jakarta: Change
Publisher.
Winkel, W. S. 1983. Psikologi Pendidikan dan Teori Belajar. Jakarta: Gramedia
DOI: https://doi.org/10.30998/simponi.v1i1.418
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Institute for Research and Community Services (LPPM) Universitas Indraprasta PGRI Address: Kampus A Building 3, 2nd Floor | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. | |
Simposium Nasional dan Call for Paper Unindra is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License. View My Stats |