PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INGGRIS

Mira Gusniwati, Eva Yuni Rahmawati

Abstract


ABSTRAK

Tujuan Penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh Kecerdasan Emosional dan Motivasi Belajar terhadap hasil belajar bahasa Inggris. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey dengan teknik  random sampling yang diambil dari 2 Madrasah Aliyah swasta di Kecamatan Kebon Jeruk. Pengumpulan data dilakukan dengan kuisioner dan hasil penilaian akhir semester (PAS)  dengan analisis data menggunakan analisis jalur. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa: 1) Terdapat pengaruh langsung Kecerdasan Emosional terhadap hasil belajar bahasa Inggris. 2) Terdapat pengaruh langsung Motivasi Belajar terhadap hasil belajar bahasa Inggris 3)    Terdapat pengaruh langsung Kecerdasan Emosional terhadap Motivasi Belajar. 4) Tidak terdapat pengaruh tidak langsung Kecerdasan Emosional terhadap hasil belajar bahasa Inggris melalui Motivasi Belajar.

Kata Kunci : Kecerdasan Emosional, Motivasi  Belajar ,  Hasil Belajar Bahasa Inggris


References


DAFTAR PUSTAKA

Brophy, Jere. (2004). Motivating Students to Learning. New Jersey: Lawrence Erlbaum Associates.

Cooper, Robert K, Phd dan Anyam Sawaf. (1998). Executive EQ:

KecerdasanEmosional Dalam Kepemimpinan dan Organisasi. Jakarta: PT

Gramedia Pustaka Utama.

Gardner, Howard. (2003). Multiple Intelligences. Alih bahasa oleh Alexander

Sindoro. Batam: Interaksa.

Goleman, Daniel. (2000). Emotional Intelligence (Kecerdasan Emosional). Jakarta:

Gramedia Pustaka Umum.

Gusniwati, Mira. (2015). Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Minat belajar Terhadap

Peguasaan Konsep Matematika Siswa SMAN di Kecamatan Kebon Jeruk. Jurnal Formatif MIPA. Vol.5. no 1, April 2015.

I.A, Suparman.(2013). Aplikasi Komputer Dalam Penyusunan Karya Ilmiah.

Tanggerang: Pustaka Mandiri

Pintrich, Paul R. (2013). Motivation and Classroom Learning. New Jersey: Jhon Wiley & Sons, Inc.

Rohiat. (2008). Kecerdasan Emosional Kepemimpinan Kepala Sekolah. Bandung :

Refika Aditama

Santrock, Jhon .(2007). Psikologi Pendidikan Edisi kedua. Jakarta: Prenada Media Group.

Sardiman, A.M. (2007). Interaksi Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali

press.

Segal, Jeane. (2002). Melejitkan Kepekaan Emosional. Bandung: kalfa.

Shapiro, E. Lawrence. (1997). Mengajarkan Emosional Intelligence Kepada Anak.

Diterjemahkan oleh Alex Tri Kantjono. Jakarta: Gramedia Pustaka

Sudjana, Nana. (2008). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT.

Remaja Rosdakarya.

Triatna, Cepi dan Risma Kharisma. (2008). EQ Power Panduan meningkatkan

Kecerdasan Emosional. Bandung: Citra Praya.

U.S, Supardi. (2013).Aplikasi Statistika dalam Penelitian. Jakarta: Change

Publisher.

Winkel, W. S. 1983. Psikologi Pendidikan dan Teori Belajar. Jakarta: Gramedia




DOI: https://doi.org/10.30998/simponi.v1i1.418

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 Institute for Research and Community Services
(LPPM) Universitas Indraprasta PGRI

Address: Kampus A Building 3, 2nd Floor | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm.


 Creative Commons License
Simposium Nasional dan Call for Paper Unindra is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.



View My Stats