KENYAMANAN PENGUNJUNG TERHADAP WAKTU TUNGGU LIFT DI RUMAH SAKIT PASAR REBO, JAKARTA TIMUR

Bambang Perkasa Alam, sarah aisha, Rafi Mentari, Rendy Albrian Indramukti

Abstract


Semakin meningkatnya kepadatan penduduk di DKI Jakarta, perkembangan puskesmas menjadi Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) mulai digalakkan oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Hal tersebut menyebabkan adanya penambahan fasilitas-fasilitas publik yang menunjang kinerja bangunan RSUD, salah satunya adalah lift. Penting untuk ditelusuri sejauh mana lift berperan dalam praktik mobilisasi bagi pengguna bangunan, dengan demikian akan tercipta ruang publik di area tunggu lift. Tulisan ini membahas hasil penelitian tentang kenyamanan pengguna lift pada bangunan RSUD yaitu: mengetahui waktu tunggu standar bagi pengguna lift. Penelitian ini menggunakan metode campuran, yaitu metode kuantitatif dengan menyebarkan Kuesioner kepada pengunjung RSUD Pasar Rebo; dan metode kualitatif melalui pengamatan langsung terhadap perilaku pengguna Lift.

Kata kunci:kenyamanan, lift, rumah sakit, waktu




DOI: https://doi.org/10.30998/simponi.v1i1.423

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 Institute for Research and Community Services
(LPPM) Universitas Indraprasta PGRI

Address: Kampus A Building 3, 2nd Floor | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm.


 Creative Commons License
Simposium Nasional dan Call for Paper Unindra is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.



View My Stats