PENERAPAN PENDEKATAN CONCRETE-PICTORIAL-ABSTRACT (CPA) DALAM MENURUNKAN KECEMASAN MATEMATIS SISWA SEKOLAH DASAR

Mukhamad Ady Wahyudy, Hafiziani Eka Putri, Idat Muqodas

Abstract


Pelajaran Matematika masih dianggap sebagai pelajaran yang sulit dipahami bahkan ditakuti oleh banyak siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besaran penurunan kecemasan matematis yang dialami siswa sekolah dasar setelah diberikannya pendekatan Concrete-Pictorial-Abstract (CPA) yang dapat dilihat dari hasil analisis deskriptif dan perhitungan uji inferensial berupa uji perbedaan rata – rata untuk menganalisis hipotesis yang diajukan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian Research and Development (R&D) dengan desain penelitian adalah kuasi eksperimen serta pretes dan postes kontrol grup desain dalam topik pembelajaran geometri yang melingkupi materi bangun ruang kubus dan balok. Hasil analisis deskriptif menunjukkan skor N-Gain siswa yang mendapatkan pembelajaran dengan pendekatan CPA lebih baik dari siswa yang mendapat pembelajaran konvensional. Hasil penelitian ini ditunjang oleh hasil analisis data inferensial yang menerima H0. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa, penurunan kecemasan matematis siswa sekolah dasar yang mendapat pembelajaran dengan pendekatan Concrete-Pictorial-Abstract (CPA) lebih baik daripada siswa yang mendapat pembelajaran konvensional. Oleh karena itu, pembelajaran dengan pendekatan CPA dapat dijadikan sebagai bahan rujukan guru dalam menggunakan metode pembelajaran yang efektif, efisien, dan menyenangkan, terlebih pendekatan CPA dapat meningkatkan hasil belajar siswa dan dapat membuat siswa lebih percaya diri.

Kata kunci: Concrete-Pictorial-Abstract (CPA), kecemasan matematis, siswa


References


Amelia, R. (2011). Penerapan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) dalam Mengurangi Kecemasan Belajar Matematika Siswa. [Skripsi]. Jurusan Pendidikan Matematika, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta, Jakarta.

Annisa, D.F. & Ifdil. (2016). Konsep Kecemasan (Anxiety) pada Lanjut Usia (Lansia). Konselor. 5(2). Hlm. 93 – 99.

Carey, E., dkk. (2017). Differentiatin Anxiety Forms and Their Role in Academic Performance from Primary to Secondary School. PloS ONE. 12(3). Hlm. 1 – 20.

Cavanagh, R., & Sparow, L. (2010). Measuring Mathematics Anxiety: Paper 1 - Developing a Construct Model. AARE Annual Conference. [Prosiding]. University of Melbourne, Melbourne, Australia

Colham Manor Primary School & Children’s Centre. (2016). Singapore Maths. [Online]. Diakses dari laman http://www.colhammanorprimary.com/singapore-maths.html

Croix, R.D.L. (2017). How Valuable is the Concrete-Pictorial-Abstract Model of Teaching Mathematics Concepts Across the Primary School Phase for All Children, Not Just the Lower-Ability or SEN Pupils?. [Online]. Diakses dari laman https://www.hertsforlearning.co.uk/sites/default/files/documents/exchanging_excellence/Maple.pdf

Curriculum Planing and Development Division. (2012). Mathematics Syllabus Primary One to Five. Singapura: Ministry of Education Singapore. [Online]. Diakses dari laman https://www.moe.gov.sg/docs/default-source/document/education/syllabuses/sciences/files/primary_mathematics_syllabus_pri1_to_pri5.pdf

Ditjen PMPTK. (2008). Pendekatan, Jenis, dan Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta: Depdiknas. [Online]. Diakses dari laman http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/PENELITIAN%20PENDIDIKAN.pdf

Gall, M. D., Gall, J.P. &Borg, W.R. (2010).Applying Educational Research. United States of America: Pearson Education, Inc.

Hendriana, H. (2012). Pembelajaran Matematika Humanis dengan Methaporical Thinking untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa. Infinity: Jurnal Ilmiah Program Studi Matematika STKIP Siliwangi Bandung. 1(1). Hlm. 90 – 103.

Hoe, L. N., & Jeremy, T. B. L. (2014). The Role of Virtual Manipulatives on the Concrete-Pictorial-Abstract Approach in Teaching Primary Mathematics. The Electronic Journal of Mathematics and Technology. 8(2). Hlm. 102 – 121. ISSN ISSN 1933-2823. [Online]. Diakses dari laman https://repository.nie.edu.sg/bitstream/10497/18917/1/TEJMT-8-2-102.pdf

Hoong, L. Y., Kin, H. W., & Pien, C. L. (2015). Concrete-Pictorial-Abstract: Surveying its Origins and Charting is Future. The Mathematics Educator. 16(1). Hlm. 1 – 19.

Hui, C. S., Hoe, L. N., & Lee, K. P. (2017). Teaching and Learning with Concrete-Pictorial-Abstract Sequence: A Proposed Model. The Mathematics Educator. 17(1). Hlm. 1 – 28. [Online]. Diakses dari laman https://repository.nie.edu.sg/bitstream/10497/18838/3/ME-17-1-1.pdf

Kristiani, N., & Prasetyo, Z. K. (2016). Keefektifan Pembelajaran Matematika Melalui Penggunaan Media Benda Konkret pada Kelas V SD Timuran. Jurnal Prima Edukasia. 4(2). Hlm. 163 – 175.

Kristanti, R. & Widyawati, Y. (2014). Tingkat Kecemasan Matematika (Perbedaan antara Siswa yang Belajar dengan Rote Learning dan Inquiry Learning). Manasa. 3(2). Hlm. 47 – 58.

Mendikbud RI. (2016). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 21 Tahun 2016 tentang Standar Isi Pendidikan Dasar Dan Menengah (Salinan). Jakarta: Kemendikbud RI. [Online]. Diakses dari laman http://bsnp-indonesia.org/wpcontent/uploads/2009/06/Permendikbud_Tahun2016_Nomor021_Lampirn.pdf

Purwadi, I. M. A., Sudiarta, I. G. P., & Suparta, I. N. (2019). The Effect of Concrete-Pictorial-Abstract Strategy toward Students' Mathematical Conceptual Understanding and Mathematical Representation on Fractions. International Journal of Instruction. 12(1). Hlm. 1113 – 1126.

Putri, H.E. (2015). Pengaruh Pendekatan Concrete-Pictorial-Abstract (CPA) terhadap Peningkatan Kemampuan Representasi Matematis, Spatial Sense, dan Kecemasan matematis Siswa Calon Guru Sekolah Dasar. [Disertasi]. Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung.

Putri, H. E., dkk. (2016). Keterkaitan Penerapan Pendekatan CPA dan Peningkatan Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Sekolah Dasar. Metodik Didaktik. 11(1). Hlm. 41 – 49.

Putri, H.E., Rahayu, P., Saptini, R.D., & Misnarti (2016). Keterkaitan Penerapan Pendekatan CPA dan Peningkatan Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Sekolah Dasar. Universitas Pendidikan Indonesia, Purwakarta. [Online]. Tersedia: http://ejournal.upi.edu/index.php/Metodik/Didaktik/article/view3785. [11 Oktober 2016] http://ejournal.upi.edu/index.php/MetodikDidaktik/article/download/3785/ 2699. [27 Septeber 2017]

Putri , H. E., dkk. (2017). Pengaruh Pendekatan Concrete-Pictorial-Abstract (CPA) Terhadap Pencapaian Kemampuan Spatial Sense (KSS) Siswa SD. Metodik Didaktik, 44.

Ramirez, G. (2016). On the Relationship between Math Anxiety and Math Achievement in Early Elementary School: The Role of Problem Solving Strategies. Journal of Experimental Child Psychology. 141(2016). Hlm. 83 – 100.

Ruseffendi, E. T. (1998). Statistika Dasar untuk Penelitian Pendidikan. Bandung: IKIP Bandung Press.

Shishigu, A. (2018). Mathematics Anxiety and Prevention Strategy: An Attempt to Support Students and Strengthen Matematics Education. Mathematics Education Trends and Research. 2018(1). Hlm. 1 – 11. doi:10.5899/2018/metr-00096 [Online]. Diakses dari laman https://www.ispacs.com/journals/metr/2018/metr-00096/article.pdf

Sofiatun, S., Sampoerna, P.D., Hakim, L.E. (2018). The Effect of Scaffolding Techniques on the Ability of Student’s Reasoning Ability and Mathematic Anxiety Reviewed from Gender. Unnes Journal of Mathematics Education. 7(1). Hlm. 63 – 71.

Sousa, D. A. (2007). The Concrete-Pictorial-Abstract Approach. [Online]. Diakses dari laman http://www.logan schools.org/mathframework/CPA.pdf

Suarjana, I. M., Riastini, N. P., & Pustika, I. G. N. Y. (2017). Penerapan Pendekatan Kontekstual Berbantuan Media Konkret untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar. International Journal of Elementary Education. 1(2). Hlm. 103-114

TIMSS & PIRLS Study Center. (2016). TIMSS and PIRLS. [Online]. Diakses dari laman http://timss2015.org/




DOI: https://doi.org/10.30998/simponi.v1i1.428

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 Institute for Research and Community Services
(LPPM) Universitas Indraprasta PGRI

Address: Kampus A Building 3, 2nd Floor | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm.


 Creative Commons License
Simposium Nasional dan Call for Paper Unindra is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.



View My Stats