PENERAPA METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BAHASA INGGRIS SISWA SEKOLAH

Luluk Setyowati

Abstract


Bahasa Inggris adalah salah satu bahasa yang digunakan sebagai alat komunikasi universal pada ruang lingkup internasional. Bahasa Inggris diperkenalkan sejak dini karena anak-anak memiliki masa belajar cemerlang yang disebut golden age, usia 6-12 tahun, yang memungkinkannya belajar bahasa dengan cepat. Materi pembelajaran Bahasa Inggris di sekolah dasar diajarkan dalam rangka mengembangkan pengetahuan, keterampilan berbahasa, dan sikap positif siswa terhadap Bahasa Inggris. Untuk itu, materi yang diberikan hendaknya tersaji secara menarik, berkualitas, dan sesuai dengan tingkat perkembangan usia anak SD. Daya tarik ini diharapkan mampu meningkatkan motivasi siswa dalam mengembangkan kemampuan awal untuk berbahasa Inggris. Penelitian ini bertujuan untuk mengumpulkan dan menyajikan alternatif strategi pembelajaran bahasa Inggris yang umum diterapkan di SD, sehingga dengan demikian dapat dijadikan masukan bagi para pengambil keputusan yang berkepentingan, terkait strategi pembelajaran bahasa Inggris di tingkat SD. Penelitian ini merupakan penelitian kajian kepustakaan (Library Research) dengan menelaah tiga skripsi dan dua jurnal terkait pembelajaran bahasa Inggris di Sekolah Dasar. Hasilnya menunjukkan bahwa pendekatan pembelajaran bahasa Inggris di tingkatan kelompok bermain hingga sekolah dasar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif terbukti secara empiris dapat meningkatkan proses pembelajaran, prestasi belajar, dan ketuntasan belajar siswa.


Full Text:

PDF

References


Aprizon. (2011). Penerapan Pembelajaran Kooperatif Model Turnamen Game Tim (TGT) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Bahasa Inggris Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri 007 Kabun, Kecamatan Kampar, Kabupaten Kampar. Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Djamarah, Syaiful Bahri; Zain, A. (2001). Strategi Belajar Mengajar. Malang: Yanizar Group.

Febriyanto, B. (2015). Make a Match Dalam Pembelajaran Writing di Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, I(2 Juli 2015), 1–11.

Firdausia, Z. (2016). Make a Match: Pembelajaran Kooperatif Dalam Pengenalan Bahasa Inggris Anak Kelompok B di Play Group & Kindergarten Pelita Nusantara. Universitas Negeri Semarang.

Isjoni. (2010). Cooperative Learning Mengembangkan Kemampuan Belajar Berkelompok. Bandung: Alfabeta.

Kasihani. (2007). English for young learners. Jakarta: Bumi Aksara.

Nafis, N. J. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Bahasa Inggris Siswa Kelas III MI Senden Kampak Trenggalek. Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung.

Pangestika, Galih Vidia; Wikusna, Wawa; Hermansyah, A. (2017). Aplikasi aplikasi Pembelajaran Bahasa Inggris Untuk Murid Sekolah Dasar Berbasis Android. E-Proceeding of Applied Science, 3(3 Desember 2017), 1558–1575.

Rusman. (2014). Model-Model Pembelajaran. Jakarta: PT Raja grafindo Persada.

Susanti. (2017). Penggunaan Media Kartu Gambar Dengan Model Cooperative Learning Untuk Meningkatkan Penguasaan Kosa Kata Bahasa Inggris. Prosiding Seminar Nasional Tahunan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan.




DOI: https://doi.org/10.30998/simponi.v1i1.458

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 Institute for Research and Community Services
(LPPM) Universitas Indraprasta PGRI

Address: Kampus A Building 3, 2nd Floor | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm.


 Creative Commons License
Simposium Nasional dan Call for Paper Unindra is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.



View My Stats