MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD UNTUK MENINGKATAN HASIL BELAJAR BAHASA INGGRIS MATERI RECOUNT TEXT SISWA SMP

Supadi Supadi

Abstract


Tujuan penelitian ialah untuk mengetahui: 1) aktivitas belajar siswa, 2) aktivitas mengajar  guru,  3) peningkatan  hasil  belajar bahasa Inggris. Penelitian  ini ialah penelitian tindakan kelas (PTK) yang telah dilaksanakan dalam 2 (dua) siklus. Subyek penelitian ini ialah siswa kelas VIII SMP Gelora Depok yang terdaftar pada semester genap tahun pelajaran  2018/2019, dengan sampel berjumlah  38 orang. Data penelitian ini ialah aktivitas mengajar guru dan aktivitas belajar siswa yang diperoleh dari lembar observasi  dan  hasil  belajar  bahasa Inggris siswa  yang  diukur melalui tes siklus. Analisis data yang dilakukan ialah statistik deskriptif. Hasil  penelitian menunjukkan bahwa 1) Melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD menunjukkan peningkatan yang sangat signifikan pada  aktivitas  belajar  siswa  yakni  nilai rata-rata  aktivitas  siswa  pada siklus  pertama  3,2  kemudian  pada  siklus  kedua  mengalami  peningkatan  dengan  nilai rata-rata aktivitas siswa pada siklus kedua mencapai 3,7. 2) aktivitas mengajar guru yakni nilai rata-rata aktivitas mengajar guru pada siklus pertama 3,2 kemudian pada siklus kedua mencapai 3,8. 3) Hasil belajar bahasa Inggris siswa pada siklus pertama siswa yang tuntas 22 (58 %) dan tidak tuntas  16 (42 %) dengan  nilai rata-rata 66, pada siklus kedua meningkat menjadi  32 (84 %) siswa yang tuntas dan 6 (16 %) siswa dinyatakan tidak tuntas dengan nilai rata-rata 77.


Full Text:

PDF

References


Anita Sri, W, Dkk. Strategi pembelajaran.Jakarta.Universitas Terbuka, 2009

Baharudin dan Esa Nur Wahyuni. Teori Belajar dan Pembelajaran. Jogjakarta:

AR- Ruzz Media, 2010

Buchari Alma,dkk. Pendidik Profesional. Bandung: Alfabeta, 2009

Daryanto. Pendekatan Pembelajaran Saintifik Kurikulum 2013, Yogyakarta, Gaya

Media, 2014

Djamarah, S. B. Strategi belajar Mengajar. Bandung: Rineka Cipta, 2008

Hamdani. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia, 2011

Imas Kurniasih & Berlin Sani. Ragam Pengembangan Model Pembelajaran Untuk Peningkatan Profesionalisme Pendidik. Yogyakarta: Kata Pena, 2015

Isjoni. CooperativeLearning Efektivitas Pembelajaran Kelompok. Bandung:Alfabeta, 2010

Isjoni. Pembelajaran Kooperatif: Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2011

Jihad, A. dan Abdul, H. Evalusai Pembelajaran. Jakarta: Multi Press, 2010

Jihad, A & Haris, A.. Evaluasi pembelajaran: Yogjakarta: Multi presindo, 2012

Miftahul Huda. Cooperative Learning: Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2014

Musfiqon..Pengembangan Media dan Sumber Pembelajaran. Jakarta: PT Prestasi

Pustakarya, 2012

Rusman. Model-Model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru.

Jakarta: Rajawali Perss, 2011

Rusmono. Strategi Pembelajaran dengan Problem Based Learning Itu Perlu. Bogor:

Ghalia Indonesia, 2014

Sagala, S. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta, 2010

Slavin. Cooperative Learning Teori, Riset dan Praktik. Bandung: Penerbit Nusa Media,

Shinta. Qorinta. Peran Motivasi Pada Pembelajaran Bahasa Inggris. Jurnal Teknologi

Informasi dan Komunikasi Vol. 3 No.1., 2012

Sanjaya, W. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Pendidikan. Jakarta:

Kencana, 2010

Sudjana, N. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya,

Suprijono A. Cooperative Learning. Yogyakarta :Pustaka Pelajar, 2010

Suroso, Iman. Menumbuhkan Motivasi dalam Pembelajaran Bahasa Kedua. Jurnal

Pengembangan Humaniora Vol. 11 No. 3., 2011

Trianto, Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Kontruksvitis, Jakarta:

Prestasi Pustaka, 2007

Trianto. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progesif. Jakarta: Bumi Aksara, 2010

Trianto. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana Prenada

Media Group, 2009




DOI: https://doi.org/10.30998/simponi.v1i1.459

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 Institute for Research and Community Services
(LPPM) Universitas Indraprasta PGRI

Address: Kampus A Building 3, 2nd Floor | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm.


 Creative Commons License
Simposium Nasional dan Call for Paper Unindra is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.



View My Stats