MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD UNTUK MENINGKATAN HASIL BELAJAR BAHASA INGGRIS MATERI RECOUNT TEXT SISWA SMP
Abstract
Tujuan penelitian ialah untuk mengetahui: 1) aktivitas belajar siswa, 2) aktivitas mengajar guru, 3) peningkatan hasil belajar bahasa Inggris. Penelitian ini ialah penelitian tindakan kelas (PTK) yang telah dilaksanakan dalam 2 (dua) siklus. Subyek penelitian ini ialah siswa kelas VIII SMP Gelora Depok yang terdaftar pada semester genap tahun pelajaran 2018/2019, dengan sampel berjumlah 38 orang. Data penelitian ini ialah aktivitas mengajar guru dan aktivitas belajar siswa yang diperoleh dari lembar observasi dan hasil belajar bahasa Inggris siswa yang diukur melalui tes siklus. Analisis data yang dilakukan ialah statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD menunjukkan peningkatan yang sangat signifikan pada aktivitas belajar siswa yakni nilai rata-rata aktivitas siswa pada siklus pertama 3,2 kemudian pada siklus kedua mengalami peningkatan dengan nilai rata-rata aktivitas siswa pada siklus kedua mencapai 3,7. 2) aktivitas mengajar guru yakni nilai rata-rata aktivitas mengajar guru pada siklus pertama 3,2 kemudian pada siklus kedua mencapai 3,8. 3) Hasil belajar bahasa Inggris siswa pada siklus pertama siswa yang tuntas 22 (58 %) dan tidak tuntas 16 (42 %) dengan nilai rata-rata 66, pada siklus kedua meningkat menjadi 32 (84 %) siswa yang tuntas dan 6 (16 %) siswa dinyatakan tidak tuntas dengan nilai rata-rata 77.
Full Text:
PDFReferences
Anita Sri, W, Dkk. Strategi pembelajaran.Jakarta.Universitas Terbuka, 2009
Baharudin dan Esa Nur Wahyuni. Teori Belajar dan Pembelajaran. Jogjakarta:
AR- Ruzz Media, 2010
Buchari Alma,dkk. Pendidik Profesional. Bandung: Alfabeta, 2009
Daryanto. Pendekatan Pembelajaran Saintifik Kurikulum 2013, Yogyakarta, Gaya
Media, 2014
Djamarah, S. B. Strategi belajar Mengajar. Bandung: Rineka Cipta, 2008
Hamdani. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia, 2011
Imas Kurniasih & Berlin Sani. Ragam Pengembangan Model Pembelajaran Untuk Peningkatan Profesionalisme Pendidik. Yogyakarta: Kata Pena, 2015
Isjoni. CooperativeLearning Efektivitas Pembelajaran Kelompok. Bandung:Alfabeta, 2010
Isjoni. Pembelajaran Kooperatif: Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2011
Jihad, A. dan Abdul, H. Evalusai Pembelajaran. Jakarta: Multi Press, 2010
Jihad, A & Haris, A.. Evaluasi pembelajaran: Yogjakarta: Multi presindo, 2012
Miftahul Huda. Cooperative Learning: Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2014
Musfiqon..Pengembangan Media dan Sumber Pembelajaran. Jakarta: PT Prestasi
Pustakarya, 2012
Rusman. Model-Model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru.
Jakarta: Rajawali Perss, 2011
Rusmono. Strategi Pembelajaran dengan Problem Based Learning Itu Perlu. Bogor:
Ghalia Indonesia, 2014
Sagala, S. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta, 2010
Slavin. Cooperative Learning Teori, Riset dan Praktik. Bandung: Penerbit Nusa Media,
Shinta. Qorinta. Peran Motivasi Pada Pembelajaran Bahasa Inggris. Jurnal Teknologi
Informasi dan Komunikasi Vol. 3 No.1., 2012
Sanjaya, W. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Pendidikan. Jakarta:
Kencana, 2010
Sudjana, N. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya,
Suprijono A. Cooperative Learning. Yogyakarta :Pustaka Pelajar, 2010
Suroso, Iman. Menumbuhkan Motivasi dalam Pembelajaran Bahasa Kedua. Jurnal
Pengembangan Humaniora Vol. 11 No. 3., 2011
Trianto, Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Kontruksvitis, Jakarta:
Prestasi Pustaka, 2007
Trianto. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progesif. Jakarta: Bumi Aksara, 2010
Trianto. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana Prenada
Media Group, 2009
DOI: https://doi.org/10.30998/simponi.v1i1.459
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Institute for Research and Community Services (LPPM) Universitas Indraprasta PGRI Address: Kampus A Building 3, 2nd Floor | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. | |
Simposium Nasional dan Call for Paper Unindra is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License. View My Stats |