PENGARUH KEMAMPUAN DASAR MATEMATIKA DAN EFIKASI DIRI TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP KIMIA

Fatwa Patimah Nursa'adah, Arfatin Nurrahmah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) pengaruh kemampuan dasar matematika terhadap pemahaman konsep kimia, 2) pengaruh efikasi diri terhadap pemahaman konsep kimia, dan 3) pengaruh kemampuan dasar matematika dan efikasi diri secara bersama-sama terhadap pemahaman konsep kimia. Adapun sub pokok bahasan yang diujikan mengenai hidrolisis garam, untuk menentukan kosentrasi [H+] dan sebagainya. Penelitian dilakukan pada mahasiswa semester empat program studi pendikan matematika Universitas Indraprasta PGRI tahun akademik 2018/ 2019, sebanyak 56 orang dengan metode random sampling. Data dikumpulkan dengan menggunakan instrument tes essay untuk mengukur kemampuan dasar matematika dan pemahaman konsep kimia, serta angket untuk mengukur efikasi diri. Berdasarkan perhitungan dan analisis data, didapatkan hasil bahwa: 1) terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel kemampuan dasar matematika terhadap pemahaman konsep kimia. 2) terdapat pengaruh yang signifikan variabel Efikasi diri terhadap pemahaman konsep kimia. 3) terdapat pengaruh yang signifikan variabel kemampuan dasar matematika dan efikasi diri secara bersama-sama terhadap pemahaman konsep kimia.. Sedangkan koefisien determinasinya sebesar 73,1 % menunjukkan bahwa besarnya kontribusi kemampuan dasar matematika dan efikasi diri secara bersama-sama terhadap pemahaman konsep kimia, sisanya 26,9 % karena pengaruh faktor lain.


References


Harahap, D. (2009). Analisis Hubungan Antara Efikasi-Diri Siswa Dengan Hasil Belajar Kimianya. Padangsidimpuan: Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan.

Maisaroh. (2013). “Pengaruh Self Efficacy dan Self Regulated Learning Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta”. Skripsi.

Rahman, S dan Phillips,J.A. (2006). Hubungan antara Kesedaran Metakognisi, Motivasi dan Pencapaian Akademik Pelajar Universiti. Jurnal Pendidikan. 31: 21-39.

Slameto. (2009). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi.Jakarta: Rineka Cipta.

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.

Suprijono, Agus. (2010). Cooperative Learning : Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.




DOI: https://doi.org/10.30998/simponi.v1i1.463

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 Institute for Research and Community Services
(LPPM) Universitas Indraprasta PGRI

Address: Kampus A Building 3, 2nd Floor | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm.


 Creative Commons License
Simposium Nasional dan Call for Paper Unindra is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.



View My Stats