PERBEDAAN HASIL BELAJAR FISIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING DAN PROBLEM SOLVING PADA SISWA KELAS X-MIA SMA SWASTA KAMPUS TELUKDALAM

Darmawan Harefa

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar fisika siswa melalui model pembelajaran Problem Posing dan  Problem Solving. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X-MIA SMA Swasta Kampus Telukdalam. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Cluster Random Sampling. Sampel penelitian kelas X MIA-A sebagai kelas eksperimen I yang terdiri dari 36 siswa dan kelas X MIA–B sebagai kelas eksperimen II yang terdiri dari 35 siswa. Data penelitian dianalisa dengan menggunakan uji Liliefors untuk normalitas, tes varian untuk menguji homogenitas, dan t-test untuk menguji hipotesis. Berdasarkan nilai rata-rata hasil belajar fisika pada tes akhir dimana di kelas eksperimen I adalah 67,18 dan eksperimen II adalah 69,49. Sehingga peneliti menyimpulkan bahwa hasil belajar fisika siswa yang menggunakan model  pembelajaran Problem Solving  lebih baik dari pada siswa yang menggunakan model pembelajaran Problem Posing.

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Dari Jurnal:

Harefa, D. 2018. “Efektifitas Metode Fisika Gasing Terhadap Hasil Belajar Fisika Ditinjau Dari Atensi Siswa (Eksperimen Pada Siswa Kelas VII Smp Gita Kirtti 2 Jakarta).” Faktor Jurnal Ilmiah kependidikan 5(1) 35 - 48.

Harefa, D. 2019. “Peningkatan Prestasi Rasa Percaya Diri Dan Motivasi Terhadap Kinerja Guru IPA.” Media Bina Ilmiah 13(10): 1773–86.

Koeswardani, dkk. 2015. Pengaruh Model Pembelajaran Problem Solving Dan Problem Posing Pada Pokok Bahasan Konsep Mol Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas X Semester Genap SMA Negeri 6 Surakarta Tahun Pembelajaran 2013/2014.jurnal pendidikan kimia (JPK), Vol. 4 No. 1 Hal 38-43.

Dari Buku:

Abdurrahman, M. 2012. Anak Berkesulitan Belajar: Teori, Diagnosis, dan Remediasinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Pratik. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, Suharsimi. 2013. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara.

Dimyati dan Mudjono, 2009, Belajar dan Pembelajaran, Jakarta: Rineka Cipta.

Hamdani. 2010. Strategi Belajar Mengajar.Bandung: Pustaka Setia.

Hamzah, B.U. 2017. Model Pembelajaran: Menciptakan Proses Belajar Mengajar Yang Kreatif Dan Efektif. Jakarta: PT Bumi Askara.

Hasbulah, 2009. Dasar-dasar ilmu pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.

Huda, M. 2014. Model-model pengajaran dan pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Ihsan, 2005. Dasar-Dasar Kependidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Nanang, Martono, 2011. Metode Penelitian Kuantitatif: Analisis Isi dan Analisis Data Sekunder. Jakarta: Rajawali Pers.

Ngalimun. 2012. Strategi dan Model Pembelajaran. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.

__________.2016. Strategi dan Model Pembelajaran. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.

Nurachmandani.2009. Fisika 1 untuk SMA/MA Kelas X. Jakarta: Grahadi

Marbuko, Kholid. 2012. Metodologi Penelitian. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Muliawan. 2016. 45 Model Pembelajaran Spektakuler. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Mudjiono, 2009. Proses Belajar Mengajar. Bandung. PT. Remaja Rosdakarya.

Purwoko dan fendi. 2010. Fisika 1 SMA Kelas X. Jakarta. Yudistira

Shoimin, A. 2014. 68 Model Pembelajaran INOVATIF dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: AR-Russ Media.

Slameto, 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Sudjana.2009. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Remaja Rosdakarya. Bandung.

Sudjana. 2005. Metode Statistika. Bandung : Tarsito.

Sugyono. 2014. Metode Penelitian. Bandung. Alfabeta.

Sulistyohadi.2009. Buku Sakti Fisika SMA. Yogyakarta. Kendi mas Media

Susanto, A. 2013. Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta : Kencana

Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif: konsep, landasan, dan Implementasinya pada kurikulum Tingkat Satuan Pensdidikan (KTSP). Jakarta: Kencana.

Untoro.2009. Buku Pintar Fisika SMA. Jakarta. Wahyu Media

Yusuf. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Penelitian Gabungan. Jakarta: Pranamedia Group.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Faculty of Mathematics and Sciences
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Jl. Raya Tengah No. 80, Kel. Gedong, Kec. Pasar Rebo, Jakarta Timur 13760 , Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 

Creative Commons License
Prosiding Seminar Nasional Sains 2020 is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License