Peningkatan Hasil Belajar Melalui Pembelajaran Matematika Realistik Dengan Media Mabimubi Pada Operasi Bilangan Bulat
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana motivasi belajar siswa selama mengikuti pembelajaran, hasil belajar siswa setelah mengikuti pembelajaran dengan menggunakan media MABIMUBI dan efektifitas media MABIMUBI pada pembelajaran matematika pada materi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat di kelas V SD Muhammadiyah Bekasi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Muhammadiyah Bekasi. Metode penelitian yang di pakai adalah “one shot case study” dengan jumlah siswa sebanyak 33 siswa. Tehnik pengambilan datanya yaitu dengn cara pengamatan proses pembelajaran, angket dan tes hasil belajar. Perangkat pembelajaran yang digunakan adalah Rancangan Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan Lembar Kerja Siswa (LKS). Instrumen yang di gunakan dalam penelitian adalah lembar pengamatan proses pembelajaran, lembar angket motivasi siswa, serta soal tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan proses pembelajaran dengn menggunakan media MABIMUBI motivasi siswa selama mengikuti pembelajaran matematika dengan menggunakan media MABIMUBI menunjukkan motivasi positif, ini dilihat dari sebagian besar atau 92,5% jawaban siswa adalah sangat setuju atau setuju dari angket motivasi siswa dengan pernyataan positif. Hasil belajar siswa menyatakan tuntas secara klasikal dengan 25 siswa yang tuntas secara individu atau 86,2% dari 29 siswa yang mengikuti tes hasil belajar, dan terdapat 4 siswa yang tidak mencapai ketuntasan individu atau 13,8% dari 29 siswa yang mengikuti tes hasil belajar, karena terdapat 4 siswa yang tidak mengikuti tes hasil belajar dikarenakan kegiatan sekolah yang harus mereka ikuti pada saat jam pelajaran berlangsung. Efektifitas media MABIMUBI pada pembelajaran matematika materi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat ukurannya ditentukan dari dua indikator yaitu motivasi dan hasil pembelajaran siswa dimana kedua indicator tersebut memenuhi syarat yang ada. Karena hasil penelitian menunjukkan kedua indikator tersebut tercapai maka bisa dikatakan efektifitas media MABIMUBI tercapai. Hasil penelitian ini menyarankan agar media MABIMUBI ini dipergunakan sebagai alternatif untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika materi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat tingkat sekolah dasar.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
Faculty of Mathematics and Sciences Universitas Indraprasta PGRI Address: Jl. Raya Tengah No. 80, Kel. Gedong, Kec. Pasar Rebo, Jakarta Timur 13760 , Jakarta, Indonesia. |
Prosiding Seminar Nasional Sains 2020 is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. |