Peningkatan Hasil Belajar Fisika Melalui Penerapan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Ispring Suite 9

Dasmo Dasmo, Ade Puji Lestari, Mashudi Alamsyah

Abstract


Salah satu faktor yang mempengaruhi rendahnya hasil belajar fisika selain persepsi peserta didik yang menganggap fisika sebagai pelajaran yang sulit adalah kurang variatifnya media pembelajaran yang diterapkan guru. Tujuan penelitian ini adalah untuk membuktikan efektivitas penerapan media pembelajaran  interaktif berbasis Ispring Suite terhadap hasil belajar fisika. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan teknik pos-test only control design yang pada masing-masing kelompok sampel berjumlah 30 peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan media pembelajaran interaktif berbasis Inspring Suite 9 terhadap hasil belajar fisika peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Babakan Madang, Bogor. Hal ini dibuktikan dari hasil uji-t diperoleh angka sebesar 4,90 yang jauh lebih besar dari nilai ttabel sebesar 1,70. Pemanfaatan teknologi dalam penyediaan media pembelajaran tentunya sangat mendukung dalam proses pembelajaran terutama media pembelajaran yang interaktif. Pemanfaatan media Ispring Suite 9 menciptakan suasana belajar yang menyenangkan sehingga konsep yang disampaikan dapat diterima dengan baik.

Full Text:

PDF

References


Arsyad, A. (2013). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Press.

Astuti, I. A. D., Sumarni, R. A., & Saraswati, D.L. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Mobile Learning Berbasis Android. JPPPF: Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, 3(1), 57-62.

Charmonman, S., Mongkhonvanit, P., & Kim, M.J. (2015). A Survey of Apps for E-Learning 2015. The Twelfth International Conference on eLearning for Knowledge-Based Society (p. 49.1-49.4).

Handayani, T.S., & Suharyanto. (2016). Pengembangan Mobile Learning Berbasis Android Sebagai Media Pembelajaran Pada Materi Fluida Statis untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Ranah Kognitif Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Fisika, 5(6), 384-389.

Himmah, F. (2017). Pengembangan Multimedia Interaktif Menggunakan Ispring Suite 8 pada Sub Bab Materi Zat Aditif untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMP Kelas VIII. Pensa E-Jurnal: Pendidikan Sains, 5(2), 73-82.

Rafiq, M. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Pendekatan Saintifik dengan Powerpoint & Ispring Suite Pada materi Perbandingan di Kelas VIII SMP Negeri 1 Kota Jambi. Jurnal Pendidikan Matematika. https://repository.unja.ac.id/2117/.

Sasahan, E.Y., Oktova, R., & Oky Oktavia I.R.N. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif tentang Optika Berbasis Android Menggunakan Perangkat Lunak Ispring Suite 7.0 untuk Mahasiswa S-1 Pendidikan Fisika pada Pokok Bahasan Interferensi Cahaya. Prosiding SNFA (Seminar Fisika dan Aplikasinya) (p. 52-61).

Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Supardi, U.S., Leonard, L., Suhendri, H., & Rismurdiyati. (2015). Pengaruh Media Pembelajaran dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Fisika. Formatif: Jurnal Pendidikan MIPA, 2(1), 71-81.

Tani, S & Ekawati, E.Y. (2017). Peningkatan Kemandirian Belajar Peserta Didik pada Materi Teori Kinetik Gas Melalui Penerapan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis iSpring Suite 8. Jurnal Materi dan Pembelajaran Fisika (JMPF), 7(2), 13-16.

Wijayanto, A.A., Utaya, S., & Astina, A.K. (2017). Increasing Student’s Motivation and Geography Learning Outcome Using Active Debate Method Assisted by Ispring Suite. International Journal of Social Sciences and Management, 4(4), 240-247.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Faculty of Mathematics and Sciences
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Jl. Raya Tengah No. 80, Kel. Gedong, Kec. Pasar Rebo, Jakarta Timur 13760 , Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 

Creative Commons License
Prosiding Seminar Nasional Sains 2020 is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License