Penerapan Aplikasi Macromedia Flash Dan Google Form Sebagai Media Pembelajaran Dan Pembuatan Soal
Abstract
Implementasi Sistem Pembelajaran Macromedia Flash dan Google Form dalam perkembangan dunia teknologi semakin pesat di dunia pendidikan. Sekolah Dasar Integral membutuhkan suatu media pembelajaran untuk mendukung perkembangan teknologi informasi agar lebih kreatif melalui guru. Ada beberapa kendala yang dihadapi oleh guru selama dalam pengajaran di kelas antara lain masalah keterbatasan alat yang digunakan dan pengajaran yang statis. Peneliti melalui aplikasi software Macromedia Flash mengembangkan tools pembelajaran interaktif berupa aplikasi software berbasis edukasi dan memberikan sosialisasi pengetahuan dan penggunaannya di Sekolah Dasar Integral untuk bisa dijadikan sebagai media pembelajaran bagi guru agar siswa lebih memahami materi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membuat suatu pengembangan media pembelajaran yang dibuat melalui media audio dan visual sehingga siswa dapat lebih memahami materi yang disampaikan oleh pengajar. Dan penerapan google form sebagai media dalam pembuatan soal.
Metode penelitian yang digunakan oleh peneliti menggunakan metode Research & Development (R&D). Penelitian ini dapat diterima dengan baik terbukti dengan jumlah porsentase dari media pembelajaran animasi flash edukasi dapat membantu anak dalam memahami pelajaran sebesar 85%. Aplikasi huruf hijaiyah ini membantu sistem belajar mengajar dengan nilai porsentase sebesar 86%. Dan tampilan media pembelajaran animasi flash ini menarik dengan jumlah porsentase sebesar 73%.
Full Text:
PDFReferences
Khairani, M & Febrinal, D. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Dalam Bentuk Macromedia Flash Materi Tabung Untuk Smp Kelas Ix. Jurnal Ipteks Terapan Research Of Applied Science And Education, 10(2), 95–102.
Molnar, V. (2010). Reframing public space through digital mobilization: Flash mobs and the futility (?) of contemporary urban youth culture.Theory, Cult. Soc, 1–33.
Palelupu, D,N. JPTM. (2014). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Adobe Flash Cs5 Pada Mata Diklat Gambar Teknik Di Kelas X Tpm Smk Krian 1 Sidoarjo. JPTM,3(2), 10 – 19.
Santoso, P. B. (2019). Efektivitas penggunaan media penilaian google form terhadap hasil belajar pelajaran tik. Prosiding seminar nasional PEP: kebijakan dan pengembangan pendidikan di era revolusi industri 4.0.(P. 287).
Sumarsih, S & Mukminan, M. (2016) .Pengembangan Multimedia Akuntansi Biaya Metode Harga Pokok Pesanan Bagi Mahasiswa Jurusan Pendidikan Akuntansi Uny. J. Inov. Teknol. Pendidik., 3(1), 92- 105.
Suardi, Wekke I. (2018). PembelaJaran Bahasa Arab Di Madrasah.Yogyakarta:Deepublish.
Sukamto, E.B & Senam. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Kimia Berbantuan Komputer Dengan Program Macromedia Flash 8.Inovasi Teknologi Pendidikan, 2( 2),143-156.
Sudaryo, W. (2019). Metode Penelitian Survey Online dengan Google Forms. Yogyakara:Andi.
Sugiyono, Metode Penilitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. 2018.
Wibowo, S & Nilawati, F.E.(2015). Media Pembelajaran Animasi Penyerbukan Pada Tumbuhan Menggunakan Macromedia Flash 8. Techno.COM, 14(2), 151- 158.
https://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/snpep2019/article/view/5711
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Faculty of Mathematics and Sciences Universitas Indraprasta PGRI Address: Jl. Raya Tengah No. 80, Kel. Gedong, Kec. Pasar Rebo, Jakarta Timur 13760 , Jakarta, Indonesia. |
Prosiding Seminar Nasional Sains 2020 is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. |