PENGARUH METODE EXPERIENTIAL LEARNING TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA

Ihwan Zulkarnain

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membuktikan secara empiris adanya pengaruh pemahaman konsep matematika siswa yang mengikuti pembelajaran melalui metode experiential learning. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan membandingkan kelas eksperimen sebanyak 30 siswa dan kelas control sebanyak 30 siswa. Penelitian dilaksanakan di SMP Karya Pakuan Bogor Tahun Ajaran 2018/2019 pada kelas VIII. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik random sampling yaitu pengambilan sebagian subjek penelitian berdasarkan nomor urut absen. Nomor tersebut kemudian dikumpulkan dan diambil secara acak sebanyak 30 nomor. Pengumpulan instrumen yang digunakan untuk pengumpulan data penelitian adalah sebanyak 11 soal berupa tes essay. Teknik analisis data menggunakan uji-t. Berdasarkan perhitungan diperoleh t-hitung = 2,70 dan t-tabel= 1,672 dengan taraf signifikansi 5% yang berarti nilai t-hitung > t-tabel. Hasil tersebut menunjukkan bahwa H0ditolak dan H1diterima. Hal ini dapat disimpulkan bahwa pemberian metode pembelajaran experiential learning berpengaruh terhadap pemahaman konsep matematika siswa.

Full Text:

PDF

References


Afrilianto. (2012). Peningkatan Pemahaman Konsep dan Kompetisi Strategis Matematis Siswa melalui Pendekatan Methaporical Thinking. Infinity Jurnal Ilmiah Program Studi Matematika STKIP Siliwangi Bandung, Vol 1, No.2.

Kesumawati, N. (2008). Pemahaman Konsep Matematikdalam pembelajaran matematika. Jurnal Pendidikan matematika Vol 3 No. 2 Universitas PGRI Palembang Hal 45-61.

Majid, Abdul dan Chaerul, Rochman. (2014). Pendekatan Ilmiah Dalam Kurikulum 2013. Bandung : PT. Remajaa Rosdakarya.

Martunis. (2014). Peingkatan Pemahaman dan Komunikasi Matematika melalui Metode Pembelajaran Generatif. Jurnal Didaktik Matematika,Volume 1.No.2.

Ruseffendi, E.T.(2006). Pengantar kepada Membantu Guru Mengembangkan Kompetensinya dalam Pengajaran Matematika untuk Meningkatkan CBSA. Bandung: Tarsito.

Suharto, Teguh. (2015). Jurnal Pendidikan, Vol. 11 No.2- e-journal.ikippgrimadiun.

Fathurrohman, M. (2015). Model-Model Pembelajaran Inovatif. Jogyakarta : AR-RUZZ MEDIA.

Zulkardi. (2003). Pendidikan Matematika di Indonesia : Beberapa Permasalahan dan Upaya Penyelesaiannya. Palembang: Unsri.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Faculty of Mathematics and Sciences
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Jl. Raya Tengah No. 80, Kel. Gedong, Kec. Pasar Rebo, Jakarta Timur 13760 , Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 

Creative Commons License
Prosiding Seminar Nasional Sains 2020 is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License