Meningkatkan Kemampuan Menganalisis Karakteristik Inti Atom, Radioaktivitas, dan Pemanfaatannya Dalam Kehidupan Sehari-Hari Menggunakan Model Pembelajaran Jigsaw Pada Peserta Didik Kelas XII MIPA 1 SMAN 1 CIBEBER

Bambang Kriswahyudi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas belajar, minat belajar dan hasil belajar menganalisis karakteristik inti atom, radioaktivitas, dan pemanfaatannya dalam kehidupan sehari-hari siswa kelas XII MIPA 1 SMAN 1 Cibeber dengan menggunakan model Jigsaw. Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa XII MIPA 1 SMAN 1 Cibebr Tahun Pelajaran 2019/2020 yang berjumlah 36 siswa. Penelitian tindakan ini dilakukan dalam dua siklus yang pada tiap siklusnya terdapat empat komponen, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data berupa observasi, angket dan tes. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model Jigsaw dapat meningkatkan aktivitas belajar, minat belajar dan hasil belajar menganalisis karakteristik inti atom, radioaktivitas, dan pemanfaatannya dalam kehidupan sehari-hari siswa kelas XII MIPA 1 SMAN 1 Cibeber. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata prosentase aktivitas belajar siswa pada siklus I sebesar 52,78% meningkat 25,56% pada siklus II menjadi 78,33%, skor akhir minat belajar siswa pada siklus I sebesar 3,6 meningkat 0,07 pada siklus II menjadi 3,67, hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 49,17 meningkat 23,75 pada siklus II menjadi 72,92. Begitu pula prosentase ketuntasan belajar mengalami peningkatan dari siklus I sebesar 27,78% meningkat 52,77% menjadi 80,56% pada siklus II.

Full Text:

PDF

References


Abdullah Sani Ridwan. (2015). Inovasi Pembelajaran. Jakarta: bumi Aksara.

Abdullah Sani Ridwan. (2016). Penilaian Autentik. Jakarta: bumi Aksara.

Astuti, I. A. D., Dewati, M., Okyranida, I. Y., & Sumarni, R. A. (2019). Pengembangan media smart powerpoint berbasis animasi dalam pembelajaran fisika. Navigation Physics: Journal of Physics Education, 1(1), 12-17.

Dasmo, D., Bhakti, Y. B., & Napis, N. (2019). Pemanfaatan media pembelajaran Phet simulation dalam eksperimen fisika. Navigation Physics: Journal of Physics Education, 1(1), 18-21.

Departemen Pendidikan Nasional. (1990). Kamus Besar Bahasa Indonesia.Jakarta:

Balai Pustaka.

Dimyati dan Mudjiono. (2006). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta

Hidayatullah. 2018. Penelitian Tindakan Kelas. Rangkasbitung: LKP Setia Budi

https://idtesis.com/metode-pembelajaran-Jigsaw-model-team-ahli/ pada tanggal 25

Januari 2020 Pukul 09.11 WIB

http://www. landasanteori. com/2015/08/pengertian-minat-belajar-menurut.html

diunduh tanggal 23 Juni 2019 pukul 10.46 WIB.

https: //modelpembelajaran1. wordpress.com/2016/02/20/ model-pembelajaranjigsaw/ pada tanggal 25 Januari 2020 pukul 09.39.

Nurdyansyah dan Eni Fariyatun. (2016). Inovasi Model Pembelajaran Sesuai

Kurikulum 2013. Sidoarjo: NLC

Kanginan Marthen. (2018). Fisika untuk SMA/MA Kelas XII. Jakarta: Erlangga

Nasution, S. (2005). Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT

Bumi Aksara

Sanjaya Wina. (2006). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan.

Jakarta: Kencana PMG

Solihin, Hidayatullah, Ine Ririn S. (2013). Langkah Pasti Menulis Penelitian Tindakan

Kelas. Bekasi: PAEDEA

Suharsimi, Arikunto.(2010). Penelitian Tindakan . Yogyakarta: Aditya Media

Suharto. (2016). Modul Guru Pembelajar Mata Pelajaran Fisika SMA. Bandung:

PPPPTK IPA Dirjen GTK Kemendikbud

Sukendar Soni. (2016). Modul Guru Pembelajar Mata Pelajaran Fisika SMA.

Bandung: PPPPTK IPA Dirjen GTK Kemendikbud

Winkel. 2005. Psikologi Pengajaran. Yogyakarta: Media Abadi


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Faculty of Mathematics and Sciences
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Jl. Raya Tengah No. 80, Kel. Gedong, Kec. Pasar Rebo, Jakarta Timur 13760 , Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 

Creative Commons License
Prosiding Seminar Nasional Sains 2020 is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License