Pengembangan Generator Listrik Mini Sebagai Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa Dalam Pembelajaran Fisika

Andry Fitrian

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menghasilkan produk berupa Generator Listrik Mini sebagai media pembelajaran yang dilengkapi alat konsep Gaya Lorentz dan alat konsep Induksi Elektromagnetik, lembar kerja siswa dan manual book sebagai media pembelajaran dan dapat meningkatkan keterampilan proses sains siswa di sekolah. Penelitian ini dilakukan di SMA Widya Nusantara Bekasi. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and  Development  (RnD)  dengan  model  Borg  and  Gall.  Instrumen  penilaian menggunakan skala Likert. Hasil uji terhadap tenaga ahli dan siswa memperoleh tingkat penilaian yang sangat baik yaitu pada rentang 81-100%. Sedangkan untuk keterampilan proses sains yang ditingkatkan yaitu mengamati, mengklarifikasikan, menafsirkan, memprediksi, menerapkan, merencanakan dan mengkomunikasikan. Tahapan ini menggunakan “One Groups Pretest-Posttest Design” yaitu uji dengan tes awal dan tes akhir. Hasilnya keterampilan proses sains siswa meningkat dengan sangat baik yaitu pada rentang 81-100%.

Full Text:

PDF

References


Aditya. 2012. Generator Induksi. Surabaya. Jurusan Teknik Fisika ITS.

Ariyono, Supriyono, Abuhusein. 2005. Electromechanical Continously Variable Transmission, Future Potential for Automotive Transmission. Proceeding International Confeerence on ICCT-UMB 2005 p 155-165.

Arsyad, Azhar. 2005. Media Pembelajaran (Edisi ke 6). Jakarta: PT Raja Grafindo Persada. Aunurrahman. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Barbara, Houtz. 2011. Strategies For Teaching Science. Shell Education Publishing.

Branch, Robert Maribe. 2009. Instructional Design: The ADDIE Approach. New York: Springer.

Brog & Gall. 2007. Educational Research. United State of America: Pearson Education, Inc. Budiningsih, Asri.2005. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Charlesworthdan, Rosalind dan Lind, Karen. 2010. Math & Science For Young Children (6th Edition). United State of America: Wadsworth Cengage Learning.

Chin, C & Chia, L. 2005. Problem-based Learning: Using ill-structured Problem In Biology Project Work. Science Education. 90 (1). 44-67.

Daryanto. 2011. Pengetahuan Teknik Listrik. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Elfinurfadri, Fahrian. 2013. Pengembangan Miniatur Pembangkit Listrik Tenaga Uap Sebagai Media Pembelajaran Fisika Sekolah Menengah Atas. Jurnal Nasional Pendidikan Fisika 2013.

Fitzgerald, Eugene Arthur, Higginbotham, David. E dan Grabel, Arvin. 2002. Electric Machinery.

Gabriel. 2011. Pengoperasian Mesin Diesel. Yogyakarta: Andi Yogyakarta.

Jean, Bullard, et. al. 1997. Science Probe II. New York: McGraw-Hill Companies, Inc. Hantoro, S., Tiwan. 2005. Diffusion Bonding Material Tungten-Baja Dengan Interlayer Ag-4%Cu. Jurnal Teknoin, Volume 10, Nomor 1, Maret 2005.

Idayanti, dkk. 2006. Motor Diesel Putaran Tinggi. Jakarta: PT Pradnya Paramitha.

Joyce W. Nutta, Nazan U. Bautista, and Malcolm B. Butler. 2009. Teaching Science to English Learners. New York: Routledge Taylor and Francis Group.

Joyce, Bruce. et. Al. 2011. Models of Teaching. Allyn & Bacon: London

Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional Republik Indonesia, badanbahasa.kemdikbud.go.id/kbbi/, download tanggal 3 Januari 2015.

Khennas. 2001. Electric Machinery Fundamentals, 4th ed. New York: McGraw-Hill Companies, Inc.

Liu, Xiufeng. 2010. Essentials of Science Classroom Assessment. United State of America : SAGE Publication

Masno, dkk. 2006. Pengukuran dan Alat-alat Ukur Listrik. Jakarta: PT Pradnya Paramita.

Mulyatiningsih, Endang. 2013. Pengembangan Model Pembelajaran. Jakarta: Kencana.

Mulyasa, E. 2005. Menjadi Guru Profesional-Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Niemann, G. 1978. Machine Elements Design and Calculation in Mechanical Engineering, Volume II. Springer-Verlag.

Pauliza, Osa. 2015. Strategi Pembelajaran Fisika. Universitas Malang. Peter, et. al. 1997. Science Probe I. New York: McGraw-Hill Companies, Inc.

Portela, P. Sepulveda, J. Esteves, J.S. 2008. Alternating Current and Direct Current Generator. International Journal Hands-on Science. Vol 1.Num 1 Sept 2008.

Prihatin. 2005. BSE. Elektromagnetik. Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional

Richey, Rita C. dan Klein, James D. 2007. Design and Development Research: Methods, Strategies, and Issues. London: Lawrence Erlbaum Associates.

Ridwan, Wahyu S.. 2011. Prinsip Kerja Generator Sinkron. Jakarta: Pedoman Ilmu Jaya Rubertus, Angkowo dan Kosasih, A. 2007. Optimalisasi Media Pembelajaran. Jakarta. PT. Grasindo.

Sadiman, Arief. 2009. Media Pendidikan: pengertian, pengembangan dan pemanfaatannya, edisi 1. Jakarta: Penerbit CV Rajawali.

Sagala. 2009. Desain Pembelajaran. Jakarta: Puspen UT Depdiknas.

Sawitri. Rahmah. 2010. Perancangan Generator DC Magnet Permanen Barrium Ferrite Putaran Rendah Untuk Aplikasi Listrik Tenaga Angin Menggunakan Finite Element Methode Magnetics (FEMM) Software. Surabaya: Jurusan Teknik Fisika ITS

Setyo. 2014. Pembuatan Alat Praktikum Perawatan Sistem Transmisi Roda Gigi. Surakarta: UNS

Sharma, Pawan. t.s. Bhatti, k. s. s. Ramakrishnan. 2011. Permanent-Magnet Induction Generators: An Overview. Journal Of Engineering Science And Technology Vol 6, No. 3 332-338 Published Online June 2011.

Shigley dan Mischke.1989. Mechanical Engineering Design, 5th. Ed. McGraw-Hill International.

Sofyan, Budi Setiyana. 2013. Perancangan Roda Gigi Metoda Niemann. Semarang: UNDIP Stephen. 2005. Panduan Reparasi Mesin Diesel. Jakarta: Pedoman Ilmu Jaya.

Sudjana, Nana. 2005. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Sinar Baru Algensindo. Bandung

Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta. Sutrisno. 2007. Miniatur 3D. Jakarta: Gramedia.

Syaodih Sukmadinata, Nana. 2012. Penelitian pengembangan.. Jakarta. Rineka Cipta.

Tcheslavski, Gleb V. Lecture 7: Syncrhonous Machines, http://ee.lamar.edu/ gleb/Index.htm diakses pada tanggal 25 Januari 2015.

Undang-undang Sistem Nasional Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional Pasal 2, ayat 1.

Usman, Moh User. 2006. Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosda Karya. Widodo Amd, dkk. 2011. Kamus Ilmiah Populer. Yogyakarta: Absolut.

Winataputra, Udin S. 2007. Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Universitas Terbuka.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Faculty of Mathematics and Sciences
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Jl. Raya Tengah No. 80, Kel. Gedong, Kec. Pasar Rebo, Jakarta Timur 13760 , Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 

Creative Commons License
Prosiding Seminar Nasional Sains 2020 is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License