Efektifitas Penggunaan Media Pembelajaran Kuis Interaktif Berbasis Teknologi Dalam Meningkatkan Kemampuan Bahasa Mahasiwa

Isroyati Isroyati, Fitri Senny Hapsari

Abstract


Ketersedian teknologi Informasi yang berkembang pesat dan dinamis di era revolusi industri 4.0 saat ini, sebaiknya diikuti dengan pemanfaatan media pembelajaran yang berbasis teknologi dalam kegiatan belajar mengajar oleh pendidik. Mata kuliah Bahasa Indonesia sering dianggap mahasiswa sebagai mata kuliah yang monoton karena merupakan bahasa yang mereka gunakan setiap saat, hal tersebut membawa dampak terhadap kemampuan bahasa mereka sangat dipengaruhi oleh gaya berbahasa sehari-hari tanpa memahami kaidah berbahasa tentang kebakuan maupun ejaan yang disempurnakan. Hal tersebut memberi masalah serius kelak apabila mereka dihadapkan dengan keharusan menulis tulisan ilmiah. Maka untuk menghindari hal itu pola pengajaran konvensional harus didukung juga dengan media ajar yang interaktif seperti penggunaan Aplikasi Kahoot ( Kuis Digital) dalam mengkaji Bahasa Indonesia secara menarik dan efektif. Dalam melaksanaan penelitian ini penulis menggunakan metode Class Action Research (PTK) selama 2 siklus dengan melewati proses perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi yang memberikan hasil secara eksplisit terhadap meningkatnya  kemampuan berbahasa mahasiwa dengan temuan nilai rata-rata mahasiwa dengan jumlah 75 pada siklus pertama dan 85 sebagai nilai rata-rata pada siklus kedua, hasil tersebut secara signifikan meningkat dari nilai rata-rata mahasiwa yaitu 68 sebelum diterapkannya media pembelajaran kuis interaktif berbasis teknologi.

Full Text:

PDF

References


Arsyad, P. (2010). Media Pembelajaran. Jakarta: PT Grafindo Persada.

Daren H, Iwamoto. (2017). Analyzing The Efficiancy of The Testing Effect Using Kahoot on Student Performance. Journal of distance Education – TOJDE, 5(1), 82- 91.

Harlina, Nor, Z.M., & Ahmad, A. (2017). Pembelajaran Interaktif Berdasarkan Aplikasi Kahootdalam Pengajaran abad ke-21. Seminar Serantau, 627 –635. Diunduh 20 Oktober 2019 dari https://seminarserantau2017.files.wordpress.com/2017/09/74-

harlina-binti-ishak.pdf

Nurul, Frijuniarsi., & Fitri, Senny . (2019). Penggunaan E-Learning Sebagai Media Peningkatan Kemampuan

Menulis Mahasiswa. Seminar Skaintek, 536- 541.

Suhardjono, Supardi.(2011). Strategi Menyusun Penulisan Tindakan Kelas. Yogyakarta : Adhi.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Faculty of Mathematics and Sciences
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Jl. Raya Tengah No. 80, Kel. Gedong, Kec. Pasar Rebo, Jakarta Timur 13760 , Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 

Creative Commons License
Prosiding Seminar Nasional Sains 2020 is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License