Perbandingan Model Pembelajaran Value Clarification Technique (VCT) Berbasis Brainstorming dan Berbasis Diskusi Terhadap Pemahaman Konsep Matematika
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan antara model pembelajaran value clarification technique (VCT) Berbasis Brain Storming dan berbasis diskusi terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen semu. Populasi dalam penelitian ini berasal dari siswa kelas VIII di SMP Negeri 23 Bekasi Tahaun Pelajaran 2019/2020, dengan jumlah sampel kelas eksperimen 25 siswa 6 dan kelas kontrol 25 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling. Pengambilan data dilakukan dengan pemberian soal essay untuk variabel pemahaman konsep matematika siswa. Uji hipotesis yang digunakan adalah Uji-t yang terlebih dahulu dilakukan uji persyaratan analisis data (Uji normalitas dan uji homogenitas). Dari analisis hasil penelitian diperoleh nilai thitung = dan ttabel = dengan taraf signifikan 0,05. (thitung > ttabel ) Maka H0 ditolak dan H1 diterima Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan model pembelajaran value clarification technique (VCT) berbasis brainstorming dan berbasis diskusi terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika.
Full Text:
PDFReferences
Djamarah, Syaiful Bahri,. dkk. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Gusniwati, Mira. 2015. Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Minat Belajar Terhadap Penguasaan Konsep Matematika Siswa SMAN Di Kecamatan Kebon Jeruk. Jurnal Formatif, 5(1) : 26-41.
Hamzah, B., U. 2009. Model Pembelajaran. Jakarta. Bumi Aksara.
Mawarni, 2019. Peningkatan Pemahaman Materi Bangun Datar Dengan Menggunakan Media Kertas Origami Pada Siswa Kelas VI Datok Sulaiman Putra. PiJIES: Pedagogik Journal of Islamic Elementary School. 2 (1) 55-66.
Muhsin., dkk. 2013. Peningkatan Kemampuan Pemahaman dan Pemecahan Masalah Matematis Melalui Pembelajaran dengan Pendekatan Kontekstual. Jurnal Peluang, 2(1) : 16.
Nasution. 2005. Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Sanjaya, N., 2010. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta. Prenada Media Group.
Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suhirno., dkk. 2018. Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPS Dengan Menggunakan Metode Brainstorming Untuk Meningkatkan Berpikir Keritis Di Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Review Pendidikan Dasar, 4(1).
Supardi. 2015. Peran Berpikir Kreatif dalam Proses Pembelajaran Matematika. Jurnal Formatif, 2(3) :252.
Supriya, dkk., 2007. Pengembangan Pendidikan IPS di SD. Bandung. Upi Press.
Lestari, Witri. 2012.Efektifitas strategi Pembelajaran dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Formaif, 2(3): 170-181.
Sagala (2009: 208). Konsep Makna dan Makna Pembelajaran. Bandung. Alfabeta
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Faculty of Mathematics and Sciences Universitas Indraprasta PGRI Address: Jl. Raya Tengah No. 80, Kel. Gedong, Kec. Pasar Rebo, Jakarta Timur 13760 , Jakarta, Indonesia. |
Prosiding Seminar Nasional Sains 2020 is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. |