Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika dengan Metode Problem Posing

Lasia Agustina, Ayu Putri Indah Lestari

Abstract


Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh metode problem posing terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika. Dilakukan di MTs Nasyatul Khair Depok pada siswa kelas VIII melalui random sampling. Data dikumpulkan dengan menggunakan instrumen tes. Analisis data dengan menggunakan t-test. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa metode problem posing mempengaruhi kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Pembelajaran matematika dengan problem posing dapat membuat siswa lebih mandiri, aktif dan kreatif dalam menyelesaikan masalah soal matematika. Hal itu ditunjukkan melalui kompetensi siswa mengembangkan kemampuan berpikir dalam mengelola, menggali informasi, dan menyelesaikan masalah matematika yang akan dipecahkan. Melalui pembelajaran dengan metode problem posing pula dapat meningkatkan aktivitas siswa dalam proses belajar mengajar, terutama berinteraksi dan berbagi ide pada siswa satu sama lain dan guru, sehingga kegiatan belajar menjadi bermakna.

Full Text:

PDF

References


Anwar, Yunita Septriana. dkk. 2016. Penerapan Model Pembelajaran Problem Posing untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Teori Bilangan Bagi Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika Tahun Akademik 2015/2016. Jurnal Paedagoria, Vol. 13 (1): 53-63. Diunduh dari http://journal.ummat.ac.id/index.php/paedagoria/article/viewFile/181/149 pada tanggal 23 Maret 2018

Astuti, I. A. D., Sulisworo, D., & Firdaus, T. (2019). What is the student response to using the weblogs for learning resources ?. Journal of Physics: Conference Series 1157 (p. 32012). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1157/3/032012

Chairani, Zahra. 2016. Metakognisi Siswa dalam Pemecahan Masalah Matematika. Yogyakarta: Deepublish

Hamzah, Ali & Muhlisrarini. 2014. Perencanaan dan Strategi Pembelajaran Matematika. Jakarta: Raja Garafindo Persada

Hanifah. dkk. 2018. Melatih Kemampuan Problem Posing Melalui Situation-Based Learning Bagi Siswa Sekolah Dasar. Sumedang: UPI Sumedang Press

Hidayah, Aryanti Aeni dan Leonard. (2013). Penggunaan Metode Problem Posing dalam Proses Pembelajaran Matematika. Majalah Ilmiah Faktor. Vol. 1(1),4-6

Hobri. 2008. Model-Model Pembelajaran Inovatif. Jember: CSS

Isrok’atun & Tiurlina. 2016. Model Pembelajaran Matematika Situation-Based Learning di Sekolah Dasar. Sumedang: UPI Sumedang Press

Leonard. 2015. EduResearch: Raise The Standart. Jakarta: Unindra Press.

Pirman. (2012). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Posing Tipe Post Solution Posing Secara Berkelompok terhadap Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas VIII di Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Singingi Kabupaten Kuansing. Pekanbaru: Skripsi Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. http://repository.uin-suska.ac.id/2196/1/2012_2012350.pdf (diakses 18 April 2017).

Soemarmo, Utari & Hedriana, Heris. 2017. Penilaian pembelajaran Matematika. Bandung: Refika Aditama

Sumarmo. 2015. Mathematical Problem Posing: Rasional, Pengertian, Pembelajaran dan Pengukurannya. Diunduh dari http://utari-sumarmo.dosen.stkipsiliwangi.ac.id/files/2015/09Problem-Posing-Matematika-pengertian-dan-Rasional-2015.pdf pada tanggal 23 Maret 2018

Wardhani, Sri. 2008. Analisis SI dan SKL Mata Pelajaran Matematika SMP/MTs untuk Optimalisasi Tujuan Mata Pelajaran Matematika. Yogyakarta: Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Matematika


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Faculty of Mathematics and Sciences
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Jl. Raya Tengah No. 80, Kel. Gedong, Kec. Pasar Rebo, Jakarta Timur 13760 , Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 

Creative Commons License
Prosiding Seminar Nasional Sains 2020 is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License