Penerapan Metode Pembelajaran Course Review Horay Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam

Giry Marhento, Mashudi Alamsyah, Martua Ferry Siburian

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisa pengaruh metode pembelajaran kooperatif tipe CRH (course review horay) terhadap hasil belajar IPA. Metode penelitian yang dilakukan adalah dengan cara Eksperimen. Berdasarkan analisis persyaratan data dengan menggunakan uji liliefors diperoleh Lo pada metode pembelajaran kooperatif tipe CRH (course review horay) 0,1054 dan Ltabel = 0,1832 ternyata Lo < Ltabel, atau (0,1054 < 0,1832). Sedangkan pada metode konvensional diperoleh hasil Lo yaitu 0,1605 dan Ltabel = 0,1832 ternyata Lo < Ltabel, atau (0,1605 < 0,1832) maka dapat disimpulkan bahwa data kedua kelompok tersebut berdistribusi normal. Selanjutnya hasil uji homogenitas dengan uji F diperoleh Fhitung ≤ Ftabel atau (1,57 ≤ 2,085), maka dapat disimpulkan bahwa kedua kelompok data tersebut bersifat homogen. Berdasarkan pengujian uji t beda rata-rata diperoleh hasil thitung > ttabel (2,6842 > 2,0189), maka hipotesisnya H0 ditolak dan terima H1. Berdasarkan analisis tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa rata-rata diperoleh hasil belajar IPA dengan menggunakan metode kooperatif tipe CRH (course review horay) lebih tinggi dibandingkan hasil belajar siswa yang menggunakan metode konvensional.  Dengan demikian metode kooperatif tipe CRH (course review horay) memiliki pengaruh terhadap hasil belajar IPA.

Full Text:

PDF

References


Sudijono. (2007). Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta : Rajawali Perss.

Suharsimi. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta : Rineka Cipta.

Aunurrahman. (2010). Belajar dan Pembelajaran. Bandung : Alfabeta.

Dimyati dan Mudjiono. (2006). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : Rineka Cipta.

Djamarah, S.B. dan Aswan Zain. (2006). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Rineka Cipta.

Hamalik. (2000). Psikologi Belajar dan Mengajar. Jakarta: Sinar Baru Algensido.

Ridwan. (2007). Belajar Mudah Penelitian Untuk Guru-Karyawan dan Peneliti Pemula. Bandung : Alfabeta.

Rusman. (2010). Model-model Pembelajaran. Jakarta : Raja Grafindo Persada

Syaiful. (2010). Supervise Pembelajaran Dalam Profesi Pendidikan. Bandung : Alfabeta.

Sumarwan, S. dan Kusmayadi. (2004). Sains Biologi Untuk SMP Kelas VII. Jakarta: Erlangga.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Faculty of Mathematics and Sciences
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Jl. Raya Tengah No. 80, Kel. Gedong, Kec. Pasar Rebo, Jakarta Timur 13760 , Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 

Creative Commons License
Prosiding Seminar Nasional Sains 2020 is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License