Survey Kemampuan Komunikasi Matematika Melalui Kecerdasasan Emosional Siswa Madrasah Aliyah di Jakarta Selatan

Hasbullah Hasbullah, Supardi Uki Sajiman

Abstract


Kemampuan komunikasi bagi siswa sangat penting untuk dimiliki karena siswa mampu  mengungkapkan  ide  serta  gagasan  dalam  menyelesaikan  persoalan  matematika serta menciptkan siswa untuk berpikir kritis, logis, kreatif dan mandiri. Penelitian ini bertujun untuk mengetahui pengaruh kecerdasan emosional terhadap kemampuan komunikasi matematika siswa Madrasah Aliyah di Jakarta Selatan. Penelitian dilaksanakan dalam bentuk penelitian survey dengan metode survey Korelasional dengan jumlah populasi 518 siswa dan jumlah sampel 84 yang dihitung dengan rumus Slovin serta pengambilan sampel dilakukan secara acak sederhana. Metode pengumpulan data dilakukan dengan kuesiner untuk kecerdasan emosional dan test untuk kemampuan komunikasi matematika siswa. Analisis data mengunakan regresi linier sederhana dengan terlebih dahulu dilakukan uji normalitas, linieritas, dan multikolenieritas. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan kecerdasan emosional terhadap kemampuan komunikasi matematika siswa. kecerdasann emosional siswa sangat berperan dalam pembelajaran matematika , dengan memiliki kecerdasan emosional yang tinggi akan menghasilkan respon pada materi pembelajaran yang sedang dibahas bersama siswa dan guru  sehingga akan berdampak pada kemampuan komunikasi matematika siswa

Full Text:

PDF

References


Amirin, T. (2011). Populasi dan Sampel Penelitian 4: Ukuran Sampel Rumus Slovin. Jakarta : Erlangga

Ariawan, R., & Nufus, H. (2017). Hubungan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dengan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. Theorems (The Original Research of Mathematics), 1(2), 82-91

Arikunto, S.(2010). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta: Jakarta.

Bernard, M. (2015). Meningkatkan kemampuan komunikasi dan penalaran serta disposisi matematik siswa SMK dengan pendekatan kontekstual melalui game adobe flash cs 4.0.Infinity Journal, 4(2), 197-222

Cai, J., Lane, S., & Jakabcsin, M. S. (1996). The role of open-ended tasks and holistic scoring rubrics: Assessing students’ mathematical reasoning and communication. Communication in mathematics, K-12 and beyond, 137- 145.

Effendi, O. U. (2007). Komunikasi Teori dan Praktek. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Endriani, Y., Mirza, A., dan Nursangaji, A. (2017). Hubungan Antara Kecerdasan Emosional dengan Kemampuan Komunikasi Matematis. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 6 (11), 2-14

Goleman, D. (2005). Why is Emotional Intelligence More Important than IQ?. Varlik Publications. Istanbul Turkey

Hendriana & Sumarmo. (2014). Penilaian Pembelajaran Matematika. Bandung: Refika Aditama

Hiebert, J. & Carpenter, T.P. (1992). Learning and teaching with understanding. Dalam D. A. Grouws (Ed.). Handbook of Research on Mathematics Teaching and Learning. Reston, VA: NCTM

Islamiah, N., Purwaningsih, W. E., Akbar, P., & Bernard, M. (2018). Analisis Hubungan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Self Confidence Siswa SMP. Journal on Education,1(1), 47-57

Lindquist, M.M. & Elliot, P.C. (1996). Communication-an Imperative for Change: A Conversation with Mary Lindquist. Dalam P.C Elliot dan M.J Kenney (Eds). Yearbook Communication in Mathematics K12 and Beyond. Virginia: The National Council of Teachers of Mathematics

Pangastuti, L. (2014). Profil Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa SMP Ditinjau Dari Kecerdasan Emosional. Mathedunesa Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika. 3 (2)

Salovey, P & Mayer, J D. (1999). Emotional Inteligence. Jakarta : PT. Gramedia

Singarimbun, M & Effendi,S. (2006) Metode Penelitian Survai, Jakarta: Pustaka LP3ES, 2006

Utari & Sumarmo. (2005). “Pembelajaran Matematika untuk Mendukung Pelaksanaan Kurikulum Tahun 2002 Sekolah Menengah”. Makalah pada Seminar Pendidikan Matematika di FMIPA Universitas Negeri Gorontalo, Gorontalo

Zulkarnain, I. (2013). Kemampuan Pemahaman dan Komunikasi Matematis Siswa dalam Pembelajaran Kooperatif Berbasis Konflik Kognitif. (Disertasi). SPs UPI, Bandung.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Faculty of Mathematics and Sciences
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Jl. Raya Tengah No. 80, Kel. Gedong, Kec. Pasar Rebo, Jakarta Timur 13760 , Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 

Creative Commons License
Prosiding Seminar Nasional Sains 2020 is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License