Aplikasi Operasi Hitung Penjumlahan dan Pengurangan Untuk Siswa Sekolah Dasar Berbasis Android

Gita Kencanawaty, Chatarina Febriyanti, Ari Irawan

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membuat aplikasi pembelajaran matematika khususunya pada materi operasi hitung penjumalahan dan penguruganan khusus untuk anak kelas 1 Sekolah Dasar. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan pendekatan ADDIE. Tahapan Analisys dalam penelitian ini adalah melihat kebutuhan lokasi penelitian terkait media pembelajaran matematika yang digunakan saat pandemic covid-19 saat ini. Selanjutnya tahapan Design yaitu melakukan desain terkait media pembeajaran berupa aplikasi yang akan digunakan dalam penelitianin dan disesuaikan dengan materi yang ada pada operasi hitung penjumlahan dan pengurangan. Tahapan ketiga adalah Development, tahapan ini peneliti melakukan pengembangan terkait media pembelajaran yang dibuat dengan basis android. Tahapan berikutnya yaitu implementasi berupa uji coba skala terbatas, lalu melakukan evalusi terhadap produk yang telah dibuat berdasarkan masukan dari pakar dan hasil ujicoba masukan dari siswa dan guru. Hasil penelitian ini berupa aplikasi pembelajaran matematika untuk operasi hitung penjumlahan dan pengurangan khusus untuk siswa kelas 1 Sekolah Dasar.

Full Text:

PDF

References


Astiti, N. M. (2015). Analisa dan perancangan aplikasi pembelajaran matematika berbasis android. Konferensi Nasional Sistem Dan Informatika, 982–991.

Chulkamdi, M. T., & Purnomo, S. (2016). Perancangan dan implementasi game interaktif pengenalan huruf dan angka untuk media pembelajaran di PAUD Wachid Hasyid Ponggok Kabupaten Bliktar. Jurnal Antivirus, 10(1), 21–31. https://doi.org/10.35457/antivirus.v10i1.84

Fithri, D. L., & Setiawan, D. A. (2017). Analisa san perancangan game edukasi sebagai motivasi belajar untuk anak usia dini. Simetris: Jurnal Teknik Mesin, Elektro Dan Ilmu Komputer, 8(1), 225–230. https://doi.org/10.24176/simet.v8i1.959

Hendrawan, A. Y. (2021). Perancanngan aplikasi pengenalan huruf abjad sebagai media pembelajaran pada penitipan anak usia dini berbasis android. Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(1), 1–11.

Purwani, A., Fridani, L., & Fahrurrozi, F. (2019). Pengembangan media grafis untuk meningkatkan siaga bencana banjir. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 55–67. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.142

Rahadi, M. R., Satoto, K. I., & Windasari, I. P. (2016). Perancangan game math adventure sebagai media pembelajaran matematika berbasis android. Jurnal Teknologi Dan Sistem Komputer, 4(1), 44. https://doi.org/10.14710/jtsiskom.4.1.2016.44-49

Sagala, J. R. (2014). Implementasi palikasi pengenalan huruf dan angka berbasis audio pada yayasan pendidikan katolik TK. RK. ST. Thomas Medn. Jurnal Mantik Penusa, 16(2), 22–27.

Sastrawati, E., & Novallyan, D. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Android untuk Pemahaman Konsep Trigonometri. Jurnal IJER, 2(2), 72–76. http://edujurnal.iainjambi.ac.id/index.php/ijer IJER,

Tresnawati, D., & Hidayat, E. (2017). Pengembangan aplikasi pengenalan huruf, angka dan warna untuk anak berbasis multimedia. Jurnal Algoritma Sekolah Tinggi Teknologi Garut, 14(2), 400–409. https://doi.org/10.33364/algoritma/v.14-2.400

Ulya, Zulkardi, & Putri, R. I. I. (2010). Desain bahan ajar penjumlahan pecahan berbasis pendidikan matematika realistik Indonesia (PMRI) untuk siswa kelas IV sekolah dasar negeri 23 Indralaya. Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 86–96.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Faculty of Mathematics and Sciences
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Jl. Raya Tengah No. 80, Kel. Gedong, Kec. Pasar Rebo, Jakarta Timur 13760 , Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 

Creative Commons License
Prosiding Seminar Nasional Sains 2020 is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License