Pemanfaatan Layanan SMS Application to Person (A2P) sebagai 2FA (Factor Authentification) untuk Meningkatkan Transformasi Digital Institusi di Era Pandemi COVID-19

Puji Suharmanto

Abstract


Covid-19 menyebabkan seluruh proses menjadi semakin digital. Kondisi inilah yang semakin mengubah prilaku masyarakatke arah digital dan terus inovatif dan kreatif pada seluruh lini proses yang dapat dioptimalisasi melalui tranformasi digital. Berdasarkan analisis situasi, trend penggunaan layanan SMS yang semakin menurun tergantikan oleh social media berbasis chatting seperti Whatsapp, Telegram, Line Messanger, FB Messanger dan lainnya kini membuat beberapa operator telekomunikasi mulai memikirkan inovasi dari layanan ini agar bisa memberi dampak positif pada proses bisnis digital yang semakin pesat pertumbuhannya.Paralel dengan meningkat pesat nya pertumbuhan bisnis digital juga semakin besarnya angka fraud dan kejahatan digital. Layanan SMS yang sebelumnya hanya digunakan dalam format person to person dapat dimodifikaksi sedemikian rupa sehingga menjadi application to person oleh para operator telekomunikasi yang nantinya tiap SMS akan dikirimkan melalui aplikasi/engine server dengan koneksi API (Application Programming Interface) sehingga saat ini layanan ini menjadi salah satu fitur wajib dalam menjamin keamanan pengguna dan institusi penyedia aplikasi Institusi tersebut melalui SMS OTP (One Time Password) ketika register, login, hingga update data bahkan konfirmasi transaksi/pembayaran. Dengan adanya fitur OTP ini setiap proses digital bisnis maupun pelayanan public menjadi semakin aman karena dapat konfirmasi kesesuaian request dengan pengguna yang bersangkutan.

Full Text:

PDF

References


Hakim, Luqman. 2016. Analisa Teknis dan Optimasi Aplikasi A2P SMS Berbasis Protokol SMPP V3.4 pada Sisi ESME, ITS: Surabaya.

SMPP Developers Forum. 1999. Short Message Peer to Peer Protocol Specification v3.4, Document Version : - 12-Oct-1999 Issue 1.2.

SMS Forum, “SMPP v3.4 Protocol Implementation guide for GSM/UMTS”, Version 1.0, May 2002. Anggraini, P., Sularno, S., & Mulya, D. P. (2021). Optimasi Penggunaan Stream Labs Untuk Penunjang Pembuatan Materi Daring Dosen Prodi Sistem Informasi Unidha. Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi Bisnis, 3(1), 185–191. Retrieved from https://doi.org/10.47233/jteksis.v3i1.206

PT. Telkomsel Indonesia. 2021. SMS Application to Person Outlook & Usecase, DigiAds. Jakarta.

Tyntec Confluence, “HTTP and SMPP DLR examples”, Diakses pada 26 Mei 2021.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Faculty of Mathematics and Sciences
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Jl. Raya Tengah No. 80, Kel. Gedong, Kec. Pasar Rebo, Jakarta Timur 13760 , Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 

Creative Commons License
Prosiding Seminar Nasional Sains 2020 is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License