Preprospec Berbasis Daring: Alternatif Mengatasi Kesulitan Mahasiswa dalam Literasi Matematis

Andri Suryana, Ayu Wulandari

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis kesulitan mahasiswa yang telah memperoleh pembelajaran berbasis daring, yaitu Preprospec dan Direct Learning, dalam menyelesaikan soal terkait kemampuan literasi matematis pada Mata Kuliah Pengantar Teori Peluang di masa pandemi. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Adapun subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika yang mengambil Mata Kuliah Pengantar Teori Peluang di salah satu PTS di Jakarta Timur. Teknik sampling yang digunakan berupa purposive sampling sedangkan instrumen yang digunakan adalah dokumen (hasil tes Kemampuan Awal Matematis dan Kemampuan Literasi Matematis mahasiswa), lembar observasi, pedoman wawancara, dan peneliti. Data penelitian ini dikumpulkan dengan teknik triangulasi. Adapun hasil dari penelitian ini adalah mahasiswa masih mengalami kesulitan, baik secara keseluruhan maupun berdasarkan level Kemampuan Awal Matematis (KAM), dalam menyelesaikan soal terkait kemampuan literasi matematis pada kedua pembelajaran yang berbasis daring (Preprospec dan Direct Learning). Namun, mahasiswa yang telah memperoleh pembelajaran Preprospec berbasis daring mengalami kesulitan yang lebih rendah daripada mahasiswa yang telah memperoleh Direct Learning berbasis daring. Adapun kesulitan paling banyak yang dialami mahasiswa pada kedua pembelajaran tersebut terletak pada indikator ‘membuktikan suatu argumen’.

Full Text:

PDF

References


Astuti, P. (2018). Kemampuan literasi matematika dan kemampuan berpikir tingkat tinggi. PRISMA: Prosiding Seminar Nasional Matematika (p. 263-268).

Dewi, N.R. (2020). Pembelajaran preprospec berbantuan TIK. Klaten: Lakeisha.

Dewi, N.R., dkk. (2020). Kemampuan pemecahan masalah matematis mahasiswa pada pembelajaran preprospec berbantuan TIK. Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif (KREANO), 11 (2): 256-265.

Isnarto, et al. (2014). Student’s proof ability: Exploratory studies of abstract algebra course. International Journal of Education dan Research, 2 (6): 215-228.

PISA (2012). Assement and analytical framework: mathematics, reading, science, problem solving and financial literacy. Paris: OECD publisher.

Purwasih, R., dkk. (2018). Analisis kemampuan literasi matematik dan mathematical habits of mind siswa SMP pada materi bangun ruang sisi datar. Jurnal Numeracy, 5 (1): 67-76.

Sari, R.H.N. (2015). Literasi matematika: apa, mengapa, dan bagaimana? Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika, Universitas Negeri Yogyakarta (p. 713-720).

Sugiyono (2011). Metode penelitian kombinasi (mixed methods). Bandung: Alfabeta.

Sumarmo, U. (2013). Pembelajaran matematika. In Suryadi, D., Turmudi, and Nurlaelah, E. (Editor). Kumpulan makalah: Berpikir dan disposisi matematik serta pembelajarannya, Vol 1, 122-146. Bandung: FPMIPA-UPI Press.

Suryadi, D. (2012). Membangun budaya baru dalam berpikir matematika. Bandung: Rizqi Press.

Suryana, A. (2016). Meningkatkan advanced mathematical thinking dan self-renewal capacity mahasiswa melalui pembelajaran model PACE. Published Dissertation. Bandung: UPI.

................... (2019). Analisis kesulitan mahasiswa dalam menyelesaikan soal advanced mathematical thinking pada mata kuliah pengantar teori peluang. SIMPONI: Prosiding Simposium Nasional Ilmiah (p. 178-186). DOI: 10.30998/simponi.v0i0.491

Wati, M., dkk. (2019). Analisis kemampuan literasi matematika pada siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Semarang. Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 1 (5): 97-106.

Yulianto, R., dkk. (2016). Penerapan model pembelajaran langsung (direct instruction) pada pembelajaran fisika siswa kelas VII SMP Negeri 6 Lubuk linggau tahun pelajaran 2015/2016. Lubuk linggau: STKIP Lubuk linggau.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Faculty of Mathematics and Sciences
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Jl. Raya Tengah No. 80, Kel. Gedong, Kec. Pasar Rebo, Jakarta Timur 13760 , Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 

Creative Commons License
Prosiding Seminar Nasional Sains 2020 is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License