Simulasi Grafik dan Penghitungan Pada Bangun Ruang dengan Scilab

Ariadi Retno Tri Hayati

Abstract


Pada penelitian ini menerapkan simulasi yang diterapkan pada bangun ruang yaitu bangun kubus, bangun balok, bangun limas segitiga, bangun limas segiempat, bangun prisma dan bola dengan grafik yang membentuk gambar bangun ruang yang dsesuaikan dengan sumbu nilai x dan nilai y, selain itu terdapat penghitungan sesuai dengan rumus penghitungan bangun ruang. Pada pembuatan grafik untuk bangun ruang terdapat perubahan warna disesuaikan dengan sisi-sisinya dan juga terdapat desain struktur pembuatan bangun ruang dan batas sisi dari struktur untuk pembuatan bangun ruang. Tujuan dari simulasi grafik pada penelitian ini adalah memudahkan pemahaman  bangun ruang dan memahami maksud dari sisi-sisi bangun ruang dan komponen nilai ukuran bangun ruang. Pada umumnya peragaan bangun ruang diterapkan dengan membentuk di kertas menjadi bangun ruang, untuk lebih dinamis  maka pada penelitian ini menerapkan desain struktur jaring-jaring pembuatan bangun ruang dan gambar bangun ruang dengan simulasi grafik yang diperjelas dengan perbedaan warna dibangun secara bertahap dari sisi depan hingga sisi akhir agar memperjelas simulasi grafik.


Full Text:

PDF

References


Arina, D., Sri, E., Kurnia, I. (2020), Pengembangan Multimedia Interaktif Untuk Pebelajaran Volume Bangun Ruang di Kelas V Sekolah Dasar, Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan Volume 1 – Nomor 2

Fajriyati,N., Roza, Y., Maimunnah, (2018), Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Kontekstual Materi Bangun Ruang Sisi Datar Berdasarkan Tahapan Kastolan, LEMMA : Letters of Mathematics Education Volume 5, No. 1.

Fauzi,I., Arisetyawan, A., (2019) Analisis Kesulitan Belajar Siswa pada Materi Geometri di Sekolah Dasar, Jurnal Matematika Kreatif- Inovatif, p-ISSN: 2086-2334; e-ISSN: 2442-4218.

Madhavi,V., Anggraena,Y., Valentino,E., (2019), Jelajah Matematika, SD/MI Kelas VI, Yudhistira, Edisi Revisi.

Ruhiyat, Ilyas,M., Garnadi,A., Nurdiati, S., (2012), Teknik Rekonstruksi Aljabar Untuk Menyelesaikan Sistem Persamaan Linier Dengan Scilab, Jurnal Matematika dan Aplikasinya, Volume 11 No 2.

Sadimin, (2016), Analisis Mispersepsi Guna Meningkatkan Pemahaman Konsep Bangun Datar Dan Ketrampilan Matematika Siswa SMP Terbuka Negeri 1 Malang, Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika 2016, Volume 1.

Sagala, J., (2014), Implementasi Sistem Aplikasi Belajar Rumus Matematika Metode Adaptive Software Development Pada SMP Swasta Methodist 7 Medan, Jurnal Mantik Penusa, Vol 15 No 1 ISSN 2088-3943.

Saini,M., (2014) Designing Various CPU Scheduling Techniques using SCILAB, (IJCSIT) International Journal of Computer Science and Information Technologies, Vol. 5 (3) , 2918-2923.

Sarnaik, S., Savant, S., (2016) SCILAB: An open source software, International Journal of Computer

Applications (0975 – 8887).

Simbolon, H.,Sofiyan, Ramadhani,D., (2019), Analisis Kesulitan Belajar Matematika Materi Bangun Datar SD Negeri 7 Langsa, Journal of Basic Education Studies / Vol 2 No 1.

Syahbana,A., (2013) Alternatif Pemahaman Konsep Umum Volume Suatu Bangun Ruang, Edumatica Volume 03 Nomor 02, Oktober ISSN: 2088-2157.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Faculty of Mathematics and Sciences
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Jl. Raya Tengah No. 80, Kel. Gedong, Kec. Pasar Rebo, Jakarta Timur 13760 , Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 

Creative Commons License
Prosiding Seminar Nasional Sains 2020 is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License