Persepsi Mahasiswa Terhadap Video Pembelajaran Berbasis Powerpoint Sebagai Alternatif Media Pembelajaran Jarak Jauh
Abstract
Salah satu dampak dari pandemi covid-19 yang terjadi di awal tahun 2020 ini adalah membuat dunia pendidikan merubah sistem pembelajarannya. Pada umumnya pembelajaran yang dilakukan melalui metode secara tatap muka, kini semua dilakukan dengan metode Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Agar proses pembelajaran tidak berhenti di masa pandemi covid-19 ini, tenaga pendidik harus dapat memberikan sistem pembelajaran daring yang efektif dan dapat menghidupkan interaksi antara peserta didik dan pendidik mengikuti perkembangan teknologi yang ada. Pembelajaran daring ini menggunakan media pembelajaran berupa video yang dibuat melalui aplikasi Powerpoint pada mata kuliah Biologi Reproduksi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode diskriptif dengan menggunakan metode survey. Instrumen untuk mengukur variabel-variabel penelitian dijabarkan ke dalam indikator-indikator penelitian. Instrumen yang digunakan yaitu angket persepsi mahasiswa. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa semester 6 program studi Pendidikan Biologi Universitas Indraprasta PGRI sebanyak 165 responden. Hasil penelitian menunjukan persepsi mahasiswa yang baik dalam penggunaan video pembelajaran berbasis Powerpoint, sehingga video pembelajaran ini dapat digunakan untuk memperlancar proses pembelajaran. Meskipun begitu mayoritas mahasiswa lebih menyukai pembelajaran secara offline di kelas tatap muka dibandingkan pembelajaran jarak jauh.
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktik (Edisi Revisi). Rineka Cipta.
Asrori, I. & Ahsanuddin, M. (2015). Media Pembelajaan Bahasa Arab: dari Kartu Sederhana sampai Web Penjelajah Dunia. Malang: VC Bintang Sejahtera Press.
Di Pietro, G., Biagi, F., Costa, P., Karpiński Z. & Mazza, J. (2020). The likely impact of COVID-19 on education: Reflections based on the existing literature and international datasets. Luxembourg: Publications Office of the European Union.
Khusniyah, N.L. & Hakim, L. (2019). Efektifitas Pembelajaran Berbasis Daring: Sebuah Bukti Pada Pembelajaran Bahasa Inggris. Jurnal Tatsqif. 17(1), 19-33.
Mailizar, Almanthari, A., Maulina, S. & Bruce, S. (2020). Secondary School Mathematics Teachers’ Views on E-learning Implementation Barriers During the Covid-19 pandemic: The Case of Indonesia. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 16(7), em1860.
Megawanti, P., Megawati, E. & Nurkhafifah, S. (2020). Persepsi Peserta Didik Terhadap PJJ pada Masa Pandemi Covid 19. Jurnal Ilmiah Pendidikan, 7(2), 75–82.
Mulyana, M., Rainanto, B. H., Astrini, D. & Puspitasari, R. (2020). Persepsi Mahasiswa Atas Penggunaan Aplikasi Perkuliahan Daring Saat Wabah Covid-19. Jurnal Analisis Sistem Pendidikan Tinggi Indonesia, 4(1), 47.
Ningsih, S. (2020). Persepsi Mahasiswa Terhadap Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi COVID-19. JINOTEP (Jurnal Inovasi Teknologi Pembelajaran) Kajian dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran, 7(2), 124-132.
Nugroho, S. (2015). Profesionalisme Guru SD Negeri Se-Kecamatan Warungasem Kabupaten Batang Suatu Tinjauan Aspek Persepsi Guru tentang Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Motivasi Berprestasi Guru. Jurnal VARIDIKA, 24(2), 135–146.
Nurhidayati, Asrori, I., Ahsanuddin, M. & Dariyadi, M.W. (2019). Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Powerpoint dan Pemanfaatan Aplikasi Android untuk Guru Bahasa Arab. Jurnal Karinov, 2(3), 181- 184.
Prajana, A. & Astuti, Y. (2020). Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pembelajaran oleh Guru SMK di Banda Aceh dalam Upaya Implementasi Kurikulum 2013. JINOTEP (Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran): Kajian Dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran, 7(1), 33–41.
Prasetyaningtyas, S. (2020). Pelaksanaan Belajar Dari Rumah (BDR) Secara Online Selama Darurat COVID-19 di SMP N 1 SEMIN. Ideguru : Jurnal Karya Ilmiah Guru, 5(1), 86-94.
Putra, P., Liriwati, F.Y., Tahrim, T., Syafrudin & Aslan. (2020). The Students Learning from Home Experience during Covid-19 School Closures Policy in Indonesia. Jurnal Iqra’ : Kajian Ilmu Pendidikan, 5(2), 30-42.
Putri, R.S., Purwanto, A., Pramono, R., Asbari, M., Wijayanti, L. M. & Hyun, C. C. (2020). Impact of the COVID-19 Pandemic on Online Home Learning: An Explorative Study of Primary Schools in Indonesia. International Journal of Advanced Science and Technology, 29(5), 4809 – 4818.
Schleicher, A. (2020). The Impact Of COVID-19 On Education - Insights From Education At A Glance 2020. Paris: OECD Publishing.
Sobron, A.N., Bayu, Rani, & Meidawati, S. (2019). Persepsi Siswa Dalam Studi Pengaruh Daring Learning Terhadap Minat Belajar IPA. SCAFFOLDING: Jurnal Pendidikan Islam Dan Multikulturalisme, 1(2), 30–38.
Sudjana, N. (2012). Teknik Penentuan Populasi dan Sampel. Penelitian Dan Penilaian Pendidikan. Bandung: Sinar Baru Algesindo.
Toquero, C. M. (2020). Challenges and Opportunities for Higher Education amid the COVID-19 Pandemic: The Philippine Context. Pedagogical Research, 5(4), em0063.
Wijayanti, W., Zulaeha, I. & Rustono. (2015). Pengembangan Bahan Ajar Interaktif Kompetensi Memproduksi Teks Prosedur Kompleksyang Bermuatan Kesantunan Bagi Peserta Didik Kelas X SMA/MA. Seloka - Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 4(2), 94–101.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Faculty of Mathematics and Sciences Universitas Indraprasta PGRI Address: Jl. Raya Tengah No. 80, Kel. Gedong, Kec. Pasar Rebo, Jakarta Timur 13760 , Jakarta, Indonesia. |
Prosiding Seminar Nasional Sains 2020 is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. |