Tingkat Kejenuhan Belajar Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Indraprasta PGRI pada Mata Kuliah Biologi Umum

Idha Isnaningrum

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kejenuhan belajar mahasisiwa proram studi pendidikan matematika  Universitas Indraprasta PGRI Jakarta pada mata kuliah biologi umum  . penetian ini menggunakan kuantitif deskriptf dimana sampel yang penelti gunakan sebanyak 40 mahasiswa yang beradal dari mahaiswa regular Pagi kelas R 3 A sebanyak 20 mahasisiwa dan R 3 B  sebanyak 20 mahasiswa dengan menggunakn teknik purposive sampling yang artinya mengambilan sampe dengan tujuan tertentu. Data hasil penelitian diambil dengan menggunakan intrumen angket kejenuhan belajar mahasiswa dengan jumlah item pertanyaan sebanyak 40 item dan mengacu pada indicator tingat kejenuhan yang kenudian diolah dengan desktiptif statistic. Hasil penelitian menunjukan kejenuhan belajar mahasisiwa diketahui 8 orang ( 20 % ) memiliki tingkat kejenuhan rendah, 22 orang ( 55 % ) memiliki tingkat kejenuhan sedang dan 10 orang ( 25 % ) memiliki tingkat kejenuhan tinggi. Apabila kita melihat dari nilai rata – rata dengan nilai 77.55 maka tingkat kejenuhan mahasiswa masuk dalam katagori tinggi, sehingga dapat disimpulkan bahawa mahasisiwa program studi pendidikan matematika mengalamai tingkat kejenuhan yang sangat tinggi dalam hal belajar.

Full Text:

PDF

References


Ari Rahmanto & Sultan Bayu ( 2018 ) Pengembangan Aplikasi Penurunn Kejenuhan Belajar Berbasi Adroid Untuk Siswa SMPN 3 Babat UNESA. Surabaya

Cahyani, A., Listiana, I. D., Puteri, S., Larasati, D., Islam, U., Sunan, N., Yogyakarta, K., Islam, U., Sunan, N., Yogyakarta, K., Islam, U., Sunan, N., Yogyakarta, K., & Belajar, M. (2020). Motivasi Belajar Siswa SMA pada Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid19. IQ (Ilmu Al-Qur’an): Jurnal Pendidikan Islam, 3(01), 123–140.

Dewi, M. (2020). Analisis Kerja Sama Guru Dengan Orang Tua Dalam Pembelajaran Online Di Era Covid 19 Di MI Azizan Palembang. Jemari: Jurnal Edukasi Madrasah Ibtidaiyah, 2(2), 54–64

Hidayat, Muhammad Yusuf. (2016). Pengaruh Slow Learner dan Kejenuhan Belajar terhadap Kesulitan Belajar Fisika Siswa MTs Madani Alauddin Kabupaten Gowa. UIN Alauddin Makassar. Vol. 5, No. 2, hal. 332-341

Indrawati, B. (2020). Tantangan Dan Peluang Pendidikan Tinggi. Jurnal Kajian Ilmiah (JKI), 1(1), 39–48.

Muna, Naeila Rifatil. 2013. Efektivitas Teknik Self Regulation Learning dalam Mereduksi Tingkat Kejenuhan Belajar Siswa di SMA Insan Cendekia Sekarkemunging Cirebon. Jurnal Holistik. Vol. 14, No. 02, hal. 57-78.

Ruci Pawicara. ( 2020 ). Analisis Pembelajaran daring Terhadap kejenuhan belajar Mahasiswa Tidrus Biologi IAIN Jember di Tengah Pandemi Covid 19 . Jurnal Pendidikan Biologi I( 1) 33-37

Sugiyono. ( 2015 ). Metode Penelitian Pendidikan. Sinar Bani algensindo. Bandung

Sri Yunita Simanjuntak, K. (2020). Respon Pendidikan Dasar Terhadap Kebijakan Pembelajaran Jarak Jauh Selama Pandemi Covid-19 di Jawa Tengah. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 6(3), 308–316. https://doi.org/10.5281/zenodo.3960169

Syah. Muhajirin. ( 2011 ) Psikologi Belajar. PT. Remaja Rosda Karya. Bandung


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Faculty of Mathematics and Sciences
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Jl. Raya Tengah No. 80, Kel. Gedong, Kec. Pasar Rebo, Jakarta Timur 13760 , Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 

Creative Commons License
Prosiding Seminar Nasional Sains 2020 is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License