Mengembangkan Konsep Bangun Ruang dengan Teori Belajar Bruner Pada Sekolah Menengah Pertama

Dedy Yusuf Aditya, Ai Solihah

Abstract


Teori belajar Bruner adalah teori belajar matematika yang memusatkan pembelajaran pada Teknik penemuan, dimana isi teori Bruner adalah pendekatan pembelajaran yang berpusat pada siswa dengan 3 tahapan belajar yaitu  : (1) tahap enaktif; pembelajaran dengan menggunakan benda-benda konkret (2) tahap ikonik; dipresentasikan dalam bentuk bayangan visual atau gambar (3) tahap simbolik; menuliskan simbol-simbol yang berkaitan dengan bangun ruang yang diorganisasi sedemikian rupa sehingga membuat siswa berperan aktif dalam pembelajaran. Siswa belajar dengan cara menemukan suatu konsep matematika yang dibimbing oleh guru, sehingga dengan belajar terlibat secara langsung dengan objek nyata pada saat belajar akan membuat siswa memiliki pengalaman yang berkesan pada temuan konsep matematika khususnya pada materi bangun ruang. Dalam pengunaan teori Brunner dalam pembelajaran bangun ruang bisa dikatakan berhasil karena membantu siswa untuk memahami dan mengenali dari bagian-bagian bangun ruang dan materi bangun ruang secara keseluruhan dan lebih mendalam. Berdasarkan hasil tersebut mengembangkan pembelajaran mengenai konsep bangun ruang dengan teori Bruner akan mampu meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa dalam belajar bangun ruang.

Full Text:

PDF

References


Aqib, Z. (2013). Model-model, Media, dan Strategi Pembelajaran Kontekstual (Inovatif). Bandung: Yrama Widya.

Arsyad, A. (2013). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Beladina, N. dkk. (2013). Keefektifan Model Pembelajaran CORE Berbantuan LKPD Terhadap Kreativitas Matematis Siswa. Unnes Journal of Mathematics Education. 2 (3). 34-39.

Heruman. (2014). Model Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar. Edited by Boyke Ramdhani. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Hudojo, H. (2011). Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Matematika. Malang: UM Press.

Subarinah, S. (2020). Inovasi Pembelajaran Matematika SD. Jakarta: Depdiknas

Sumanto YD, dkk. (2012). Gemar Matematika 5: Untuk kelas V SD/MI. Jakarta: Pusat Perbukuan Depdiknas.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Faculty of Mathematics and Sciences
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Jl. Raya Tengah No. 80, Kel. Gedong, Kec. Pasar Rebo, Jakarta Timur 13760 , Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 

Creative Commons License
Prosiding Seminar Nasional Sains 2020 is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License