Pengaruh Kesiapan Diri Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika SMP Negeri 59 Jakarta
Abstract
Penelitian yang dilaksanakan di SMPN 59 Jakarta ini memiliki tujuan untuk menganalisis pengaruh kesiapan diri terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode survey dengan analisis korelasional, dengan sampel sebanyak 40 siswa yang dipilih dengan teknik simple random sampling. Instrumen dalam penelitian ini berupa angket berjumlah 30 item yang sudah diuji validitas dan reliabilitasnya. Analisis data terdiri dari uji normalitas yang menggunakan uji Chi Kuadrat dan uji linieritas. Hasil pengujian data berdistribusi normal dan berpola linier. Uji statistik data terdiri dari analisis korelasi dan analisis regresi sederhana. Berdasarkan hasil analisis data, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan antara kesiapan diri terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika.
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, S. 2010. Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta
Djamarah, S.B dan Aswan, Z. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Slameto. 2010. Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Supardi,U.S. 2013. Aplikasi Statistika dalam Penelitian. Jakarta: PT. Prima Ufuk Semesta.
Yamin dan Bansu. 2012. Taktik Mengembangkan Kemampuan Individual Siswa. Jakarta: (GP Press Group).
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Faculty of Mathematics and Sciences Universitas Indraprasta PGRI Address: Jl. Raya Tengah No. 80, Kel. Gedong, Kec. Pasar Rebo, Jakarta Timur 13760 , Jakarta, Indonesia. |
Prosiding Seminar Nasional Sains 2020 is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. |