Pengaruh Keefektifan Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19 Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XII

Barra Purnama Pradja, Dian Krismiyanti, Sulis Charoma, Syafrudin Syafrudin

Abstract


Penelitian ini menyajikan keefektifan belajar dan hasil belajar matematika di masa pandemi pada siswa SMK Ki Hajar Dewantoro. Objek penelitian ini ialah siswa kelas XII OTKP dengan jumlah 35 siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah berupa angket dan nilai siswa pada masa sebelum pandemi dan saat pandemi. Hasil penelitian menunjukan proses pembelajaran pada masa pandemi berjalan kurang efektif dan terdapat perbedaan hasil belajar matematika pada masa sebelum pandemi dan saat pandemi. Rekomendasi dari penelitian ini, pihak sekolah sebaiknya tetap menjalankan sekolah secara luring meskipun tidak setiap hari dengan tetap menerapkan protokol kesehatan dan sebaiknya guru mampu meningkatkan metode pembelajaran agar lebih menarik dan mudah diterima.

Full Text:

PDF

References


Aji, R.H.S., 2020.Dampak Covid dalam Pendidikan. Jurnal Sosial & Budaya Syar-i FSH UIN Syarif Hidayatullah Jakarta Vol. 7 No. 5 (2020), pp. 395-402

Betty Kusumaningrum dan Zainnur Wijayanto.2020. Apakah Pembelajaran Matematika Secara Daring Efektif? (Studi Kasus pada Pembelajaran Selama Masa Pandemi Covid-19). Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif. UNNES p-ISSN: 2086-2334; e-ISSN: 2442-4218

Briliannur Dwi C, Aisyah A, Uswatun H, Abdy MP, Hidayatur R.2020. Analisis Keefektifan Pembelajaran Online di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar E-ISSN : 2721-7957

Hamalik, O. 2001. Kurikulum Dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara

Kemendikbud. (2020). Pedoman Penyelenggaraan Belajar dari Rumah. www.kemdikbud.go.id. diakses pada 16 April 2021.

Kurniasari A , Fitroh SPP, Deni AP. 2020. Analisis Efektivitas Pelaksanaan Belajar Dari Rumah (Bdr) Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil Penelitian UNESA Surabaya Vol 6, No 3 e-ISSN: 2460-8475

S Julaecha, A Baist. 2019. Hubungan Kemandirian Belajar dengan Hasil Belajar Siswa SMK Klelas XII pada pelajaran matematika. Jurnal Analisa 5 (2), 103-108

Sundayana, R.2018.Statistika Penelitian Pendidikan.Bandung.Alfabeta CV.

Wiryanto.2020. Proses Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil Penelitian. e-ISSN: 2460-8475


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Faculty of Mathematics and Sciences
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Jl. Raya Tengah No. 80, Kel. Gedong, Kec. Pasar Rebo, Jakarta Timur 13760 , Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 

Creative Commons License
Prosiding Seminar Nasional Sains 2020 is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License