Penerapan Problem Based Learning Pada Pembelajaran Statistika Non Parametrik Dalam Pembelajaran Jarak Jauh
Abstract
Pembelajaran jarak jauh terkait dengan pandemic covid 19 yang semakin lama berlangsung dikhawatirkan akan berpengaruh kepada tingkat kognitif siswa. Berdasarkan penelitian bahwa materi pembelajaran dapat dipahami oleh siswa hanya sekitar 50%. Oleh karena itu guru/dosen harus menggunakan metode pembelajaran yang tepat agar sisiwa/mahasiswa dapat semaksimal mungkin menyerap materi pembelajaran/perkuliahan. Salah satunya dengan cara melibatkan mahasiswa secara aktif dalam proses belajar melalui model pembelajaran problem based learning atau PBL. Penerapan model PBL pada mata kuliah statistika non parametrik dilakukan agar mahasiswa lebih memahami metoda analisis secara non parametrik untuk menganalisis fenomena dan permasalahan yang terjadi di masyarakat. Penelitian ini merupakan penelitain kualitatif deskriptif untuk mengetahui hasil pembelajaran yang secara aktif diterapkan kepada mahasiswa. Melalui penerapan model PBL ternyata mahasiswa lebih aktif dan kreatif dalam mengamati fenomena di sekelilingnya serta dapat menjelaskan rancangan penelitian secara interaktif dan dapat menentukan metoda analisis yang tepat yang sesuai dengan jenis data dan tujuan penelitian.
Full Text:
PDFReferences
Dwiastuti, I., Tantiani, F., Widyatno, A., & Irtadji, M. (2019). Implementasi Problem-Based Learning (Pbl) Pada Pendidikan Tinggi: Evaluasi Proses Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar. Jurnal Sains Psikologi, 8(2), 218–227. https://doi.org/10.17977/um023v8i22019p218
Huang, Y. (2020). Research on Online Education in the Midst of the COVID-19 Pandemic. Journal of Advances in Education Research, 5(2), 125–137. https://doi.org/10.22606/jaer.2020.52005
Kadir, D. M. P. (2018). Statistika Terapan. Konsep, contoh, dan Analisis Data dengan Program SPSS/Lisrel dalam Penelitian (3rd ed.). Rajawali Pers.
Mahabbati, A. (2007). Pendekatan Problem Based Learning untuk Pembelajaran Optimal. Suplemen Pada Seminar Pengembangan Ilmu Pendidikan, 1–7.
Malikha, D. R. (2018). Strategi Pembelajaran PBL (Problem Based Learning) Sebagai Salah Satu Metode Pembelajaran Berkarakter dan Berwawasan Global. Seminar Nasional Pendidikan Dan Kewarganegaraan IV. http://seminar.umpo.ac.id/index.php/SEMNASPPKN/article/view/162
Miftah, M. (2013). Fungsi dan peranan media pembelajaran sebagai upaya peningkatan kemampuan belajar siswa. Jurnal Kwangsan, 1(2), 95–105.
Nusantari, D. O., Ahmad, D. N., & Zulkarnain, I. (2020). Community Service: Processing Data Statistically. 467(Semantik 2019), 6–9. https://doi.org/10.2991/assehr.k.200827.108
Triwardana, G., Agustien, I., Amelia, P. A., & Putri, S. M. (2021). Pemanfaatan Statistika Deskriptif Sederhana untuk Menganalisis Respons Siswa terhadap Pembelajaran Jarak Jauh Darurat Covid 19. 1, 47–54.
Ventricular, I., & Devices, A. (2017). 元 木 博 彦 1 ) 木 村 和 広 1) 大 津 義 徳 2) 1). 4, 203–210.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Faculty of Mathematics and Sciences Universitas Indraprasta PGRI Address: Jl. Raya Tengah No. 80, Kel. Gedong, Kec. Pasar Rebo, Jakarta Timur 13760 , Jakarta, Indonesia. |
Prosiding Seminar Nasional Sains 2020 is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. |