Penerapan Problem Based Learning Pada Pembelajaran Statistika Non Parametrik Dalam Pembelajaran Jarak Jauh

Diah Oga Nusantari

Abstract


Pembelajaran jarak jauh terkait dengan pandemic covid 19 yang semakin lama berlangsung dikhawatirkan akan berpengaruh kepada tingkat kognitif siswa. Berdasarkan penelitian bahwa materi pembelajaran dapat dipahami oleh siswa hanya sekitar 50%. Oleh karena itu guru/dosen harus menggunakan metode pembelajaran yang tepat agar sisiwa/mahasiswa dapat semaksimal mungkin menyerap materi pembelajaran/perkuliahan. Salah satunya dengan cara melibatkan mahasiswa secara aktif dalam proses belajar  melalui model pembelajaran problem based learning atau PBL. Penerapan model PBL pada mata kuliah statistika non parametrik dilakukan agar mahasiswa lebih memahami metoda analisis secara non parametrik untuk menganalisis fenomena dan permasalahan yang terjadi di masyarakat. Penelitian ini merupakan penelitain kualitatif deskriptif untuk mengetahui hasil pembelajaran yang secara aktif diterapkan kepada mahasiswa.  Melalui penerapan model PBL ternyata mahasiswa lebih  aktif dan kreatif dalam mengamati fenomena di sekelilingnya serta dapat menjelaskan rancangan penelitian secara interaktif dan dapat menentukan metoda analisis yang tepat yang sesuai dengan jenis data dan tujuan penelitian.


Full Text:

PDF

References


Dwiastuti, I., Tantiani, F., Widyatno, A., & Irtadji, M. (2019). Implementasi Problem-Based Learning (Pbl) Pada Pendidikan Tinggi: Evaluasi Proses Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar. Jurnal Sains Psikologi, 8(2), 218–227. https://doi.org/10.17977/um023v8i22019p218

Huang, Y. (2020). Research on Online Education in the Midst of the COVID-19 Pandemic. Journal of Advances in Education Research, 5(2), 125–137. https://doi.org/10.22606/jaer.2020.52005

Kadir, D. M. P. (2018). Statistika Terapan. Konsep, contoh, dan Analisis Data dengan Program SPSS/Lisrel dalam Penelitian (3rd ed.). Rajawali Pers.

Mahabbati, A. (2007). Pendekatan Problem Based Learning untuk Pembelajaran Optimal. Suplemen Pada Seminar Pengembangan Ilmu Pendidikan, 1–7.

Malikha, D. R. (2018). Strategi Pembelajaran PBL (Problem Based Learning) Sebagai Salah Satu Metode Pembelajaran Berkarakter dan Berwawasan Global. Seminar Nasional Pendidikan Dan Kewarganegaraan IV. http://seminar.umpo.ac.id/index.php/SEMNASPPKN/article/view/162

Miftah, M. (2013). Fungsi dan peranan media pembelajaran sebagai upaya peningkatan kemampuan belajar siswa. Jurnal Kwangsan, 1(2), 95–105.

Nusantari, D. O., Ahmad, D. N., & Zulkarnain, I. (2020). Community Service: Processing Data Statistically. 467(Semantik 2019), 6–9. https://doi.org/10.2991/assehr.k.200827.108

Triwardana, G., Agustien, I., Amelia, P. A., & Putri, S. M. (2021). Pemanfaatan Statistika Deskriptif Sederhana untuk Menganalisis Respons Siswa terhadap Pembelajaran Jarak Jauh Darurat Covid 19. 1, 47–54.

Ventricular, I., & Devices, A. (2017). 元 木 博 彦 1 ) 木 村 和 広 1) 大 津 義 徳 2) 1). 4, 203–210.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Faculty of Mathematics and Sciences
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Jl. Raya Tengah No. 80, Kel. Gedong, Kec. Pasar Rebo, Jakarta Timur 13760 , Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 

Creative Commons License
Prosiding Seminar Nasional Sains 2020 is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License