Penerapan Virtual Coaching Dalam Pembelajaran

Farah Indrawati

Abstract


Penelitian yang bertujuan untuk mengetahui cara meningkatkan mutu peserta didik melalui virtual coaching dalam pembelajaran ini, dilatar-belakangi oleh adanya perubahan pola dalam pembelajaran di era pademi covid-19. Penelitian ini menggunakan metode studi kepustakaan sistematis (systematic literature review), yang menelaah beberapa sumber pustaka. Hasil dari penelitian diketahui bahwa awareness dan responsibility merupakan dua kata kunci yang harus diperhatikan dalam pelaksanaan virtual coaching. Pendidik harus mengetahui pentingnya peran, posisi, metode pengembangan, fokus, pencapaian tujuan, dan tanggung-jawab dalam pembelajaran pada saat melakukan virtual coaching, dimana terdapat peserta didik yang mempunyai keragaman dalam berbagai hal. Penelitian ini menyimpulkan bahwa pendidik dapat meningkatkan mutu peserta didik melalui virtual coaching dengan cara menstimulasi pikiran dan proses kreatif peserta didik dalam berkomunikasi, berkolaborasi, dan berpikir kreatif, sehingga peserta didik terinspirasi untuk memaksimalkan potensi diri yang dimilikinya dalam kehidupan keseharian.

Full Text:

PDF

References


Akhmadi, A. (2020). Distance Training Evaluation in Pademy. Balai Diklat Kegamaan Surabaya. Jurnal Diklat Keagamaan, 14 (2), 136-144.

Aji, D. (2017). Definisi Coaching: Apa itu Coaching ?. https://darmawanaji.com/apa-itu-coaching-definisi/

Binar, R. (2016). Apa yang dimaksud dengan Coaching?. Binakarir. PT Care Indonesia Solusi. http://binakarir.com/apa-yang-imaksud-dengan-coaching/

Juleha, S. (2011). Virtual Learning : Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran. Jurnal UNY

Kuswandi, N. (2016). Apa itu Coaching?. Super Quantum. http://noviantakuswandi.blogspot.com/2016/08/apa-itu-coaching.html

Munthe, RG. (2015). Menerapkan Coaching sebagai Gaya Kepemimpinan Masa Kini. Jurnal Manajemen, 14 (2), 271-279.

Pranata, D. (2015). Ini Dia Beda Coaching, Mentoring, Consulting, Training, dan Speaking. https://david-pranata.com/beda-coaching-mentoring-consulting-training-speaking/

Visecoach. (2021). Apa itu Coaching? Definisi Global dari ICF. DailyVisecoach. https://visecoach.com/articles/read/apa-itu-coaching-definisi-global-dari-icf

Yaman, A., dkk. (2018). Tinjauan Pustaka Sistematis pada Basis Data Pustaka Digital: Tren Riset, Metodologi, dan Coverage Fields.

Jurnal Dokumentasi dan Informasi, 40 (1), 2019, 19-20. ISSN 0125-9008 (Print), ISSN 2301-8593 (Online). DOI: https://doi.org/10.14203/j.baca.v40i1.481

Yuliawan, TP. (2011). Coaching Psychology : Sebuah Pengantar. Fakultas Psikologi Gadjah Mada. Buletin Psikologi, 19 (2), 45-54. ISSN : 0854-7108.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Faculty of Mathematics and Sciences
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Jl. Raya Tengah No. 80, Kel. Gedong, Kec. Pasar Rebo, Jakarta Timur 13760 , Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 

Creative Commons License
Prosiding Seminar Nasional Sains 2020 is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License