Evaluasi Pemahaman Konsep Kimia Di Masa Pandemi Dengan Bantuan Quizizz

Anik Pujiati, Fatwa Patimah

Abstract


Evaluasi pemahaman konsep di masa pandemi merupakan hal sangat penting untuk mengetahui bagaimana pemahaman peserta didik selama pembelajran daring. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemahaman konsep kimia mahasiswa pada mata kuliah Kimia Dasar dengan menggunakan bantuan quizizz. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif, dengan analisis komparatif uji t tidak berpasangan. Sampel penelitian yaitu 40 mahasiswa yang terbagi dalam 2 kelas, satu kelas yang hanya diberi evaluasi penilaian dengan quizizz diakhir semester dan satu kelas yang diberi evaluasi penilaian quizizz berkala setiap akhir pembahasan materi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sig. < 0,05 sehingga terdapat perbedaan antara dua kelas, dimana kelas yang diberi quizizz berkala memiliki hasil yang lebih baik.

Full Text:

PDF

References


Bhakti, Yoga Budi. (2017). Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Menggunakan Metode Pemberian Tugas Terstruktur. Jurnal Pendidikan Fisika (JPF) Vol 5 No. 2. doi: http://dx.doi.org/10.24127/jpf.v5i2.922

Hasrul, Hasrul. (2020). Penerapan Pembelajaran Terstruktur dengan Pemberian Tugas terhadap Hasil Belajar IPS pada Siswa Kelas VI UPT SD Negeri 054 Kanandede Kecamatan Limbong Kabupaten Luwu Utara. Jurnal Didaktika. Vol 9 No 1. https://jurnaldidaktika.org/

Magdalena, Ina., Fauzi, Nur & Putri, R., (2020). Pentingnya Evaluasi Dalam Pembelajaran Dan Akibat Memanipulasinya. Bintang : Jurnal Pendidikan dan Sains Volume 2, Nomor 2 ; 244-257 https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/bintang

Permendikbud (2013). Peraturan menteri pendidikan dan Kebudayaan Nomor 109 tahun 2013 Tentang Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ).

Salsabila, Hanifah. U. dkk. (2020). Pemanfaatan Aplikasi Quizizz Sebagai Media Pembelajaran Ditengah Pandemi Pada Siswa SMA. Jurnal Ilmiah Ilmu Terapan Universitas Jambi Volume 4 Nomor 2.

Suvriadi Panggabean & Tua Halomoan H.( 2020). Studi Penerapan Media Kuis Interaktif Quizizz Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika. MES: Journal of Mathematics Education and Science Vol. 6 No. 1. 78 -83

Wihartanti, L. V., Prasetya Wibawa, R., Astuti, R. I., Pangestu, B. A., (2019). Penggunaan Aplikasi Quizizz Berbasis Smartphone Dalam Membangun Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa. Seminar Nasional Pendidikan dan Pembelajaran 2019 (Vol. 0, pp. 362–368). Retrieved from http://seminar.umpo.ac.id/index.php/SNPP2019/article/view/335


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Faculty of Mathematics and Sciences
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Jl. Raya Tengah No. 80, Kel. Gedong, Kec. Pasar Rebo, Jakarta Timur 13760 , Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 

Creative Commons License
Prosiding Seminar Nasional Sains 2020 is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License