Efektivitas Pemberian Umpan Balik Positif dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Mahasiswa

Heriyati Heriyati

Abstract


Umpan balik adalah prilaku pendidik  dalam usaha membantu setiap siswa yang mengalami kesulitan belajar secara individu yaitu dengan menanggapi hasil kerja peserta didik sehingga lebih menguasai materi yang disampaikan. Pemberian Upan balik positif  dalam pembelajaran matematika mahasiswa bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah matematika khususnya  kalkulus secara signifikan.  Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode komparatif untuk mengetahui apakah ada perbedaan dari dua kelompok dalam aspek atau variabel yang diteliti. Dari hasil penelitian di dapatnilai t hitung sebesar 2,278> t table 2,004. Maka berdasarkan pengambilan keputusan melaui perbandingan nilai t hitung dengan t table, dapat di simpulkan bahwa ada perbedaan   signifikan antara rata-rata hasil belajar kalkulus kelas Eksperimen   dengan kelas Kontrol. Pemberian umpan balik dikatakan efektif dalam meningkatkan hasil belajar mahasiswa.

Full Text:

PDF

References


A. D. Angriani, (2014). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Pemberian Kuis dengan Umpan Balik Pada Siswa Kelas X6 SMA Negeri 2 Sinjai J. Mat. dan Pembelajaran, 2(1), 1–16.

Abidin, Y. (2014). Desain Sistem, Pembelajaran dalam Konteks Kurikulum 2013. Bandung: Refika Adiatama.

Hamalik Oemar. (2011). Model Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

S. Seruni & N. Hikmah, (2015). Pemberian Umpan Balik Dalam Meningkatkan Hasil Belajar dan Minat Belajar Mahasiswa. Journal Formatif. Ilm. Pendidik. MIPA, 4(3)

Sukmadinata, Nana Syaodih. (2012). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Sumarno, (2016). Pengaruh Balikan ( Feedback ) Guru Dalam Pembelajaran Terhadap Motivasi Dan ( Suatu Kajian Teoritis Dan Empirik ). Journal. Ilm. Pendidik. Pancasila dan Kewarganegaraan, 1(2), 115–125.

Sumantri, M. S., dan Satriani, R. (2016). The Effect of Formative Terting and SelfDirected earning on Mathematics Learning Outcomes. International Electroninc Journal of Elemantary Education, 8(3), 507-524.

Supardi. (2013). Aplikasi Statistika dalam Penelitian Konsep Statistika yang Lebih Komprehensif. Jakarta: Change Publication.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Faculty of Mathematics and Sciences
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Jl. Raya Tengah No. 80, Kel. Gedong, Kec. Pasar Rebo, Jakarta Timur 13760 , Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 

Creative Commons License
Prosiding Seminar Nasional Sains 2020 is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License