Pengaruh Persepsi Atas Sumber Belajar Dan Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Sejarah Indonesia

Maman Achdiyat

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkap pengaruh persepsi siswa atas sumber belajar dan  minat belajar siswa secara bersama-sama terhadap prestasi belajar Sejarah Indonesia di SMA Negeri Kelas X Kabupaten Tegal.Metode penelitian yang digunakan adalah metode survai dengan menggunakan teknik analisis Korelasi dengan Regresi. Sampel berjumlah 90 orang siswa yang dipilih secara random dari seluruh siswa SMA Negeri  Kelas X Kabupaten Tegal..Hasil penelitian menunjukan bahwa Terdapat pengaruh yang signifikan Persepsi Siswa Atas Sumber Belajar dan minat belajar secara bersama sama terhadap Prestasi Belajar Sejarah. Terdapat pengaruh yang siginifikan persepsi siswa atas sumber belajar terhadap Prestasi Belajar Sejarah.Terdapat pengaruh yang signifikan Minat Belajar terhadap Prestasi Belajar Sejarah

Full Text:

PDF

References


Arisana, A. L., & Ismani, I. (2012). Pengaruh Kedisiplinan Siswa Dan Persepsi Siswa Tentang Kualitas Mengajar Guru Terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas Xi Ips Man Yogyakarta Ii Tahun Ajaran 2011/2012. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 10(2), 22–42. https://doi.org/10.21831/jpai.v10i2.911

Aritonang, K. (2008). Minat dan Motivasi dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Penabur, (10), 11–21. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004.

Astuti, I. A. D., Dewati, M., Okyranida, I. Y., & Sumarni, R. A. (2019). Pengembangan media smart powerpoint berbasis animasi dalam pembelajaran fisika. Navigation Physics: Journal of Physics Education, 1(1), 12-17.

Astuti, I. A. D., Bhakti, Y. B., Sumarni, R. A., Sulisworo, D., & Toifur,

M. (2021). Flipped Classroom And Kahoot In Physics Learning: Improving Students’motivation Learning. International Journal of Educational Management and Innovation, 2(2), 175-182.

Badriyah, L. (2010). Pengaruh Sumber Belajar terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi di Smp Bakti Mulya 400 Pondok Pinang Jakarta Selatan. UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, 1–89. Retrieved from http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/904

Deswita, A. P., & Dahen, L. D. (2013). Pengaruh Persepsi Siswa Tentang Gaya Mengajar Guru Dan Program Keahlian Akuntansi Siswa Kelas X Di Smkn 1 Sawahlunto. ECONOMICA Journal of Economic and Economic Education, 2(1), 1–10.

Hilaliyah, H. (2015). Pengaruh Persepsi Mahasiswa Atas Bahasa Indonesia dan Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Bahasa Indonesia. Faktor Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2(2), 116.

Rahmayanti, V. (2016). Pengaruh Minat Belajar Siswa dan Persepsi atas Upaya Guru dalam Memotivasi Belajar Siswa terhadap Prestasi Belajar Bahasa Indonesia Siswa SMP di Depok. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 1(2), 206–216. https://doi.org/10.30998/sap.v1i2.1027

Ramlah, Firmansyah, & Zubair, H. (2014). Pengaruh Gaya Belajar dan Keaktifan Siswa Terhadap Prestasi Belajar Matematika ( Survey Pada SMP Negeri di Kecamatan Klari Kabupaten Karawang). Jurnal Ilmiah Solusi, 1(3), 68–75.

Syamsul Hadi, F. S. F. (2012). Pengaruh Minat, Kemandirian, Dan Sumber Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ips Kelas Vii Smp Negeri 5 Ungaran. Dinamika Pendidikan, 7(1), 8–13. https://doi.org/10.15294/dp.v7i1.4913


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Faculty of Mathematics and Sciences
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Jl. Raya Tengah No. 80, Kel. Gedong, Kec. Pasar Rebo, Jakarta Timur 13760 , Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 

Creative Commons License
Prosiding Seminar Nasional Sains 2020 is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License