Desain Media Pembelajaran LMOS (Laser Marking Oogenesis and Spermatogenesis) untuk Siswa SMP

Rahayu Laelandi, Shafira Rizka Amani, Wardayani Solihah

Abstract


Peran antara guru dan siswa serta pelaksana pendidikan lainnya mempunyai tugas yang sangat penting untuk mencapai tujuan dan prestasi pendidikan yang lebih baik. Hal ini berkaitan dengan pemanfaatan media pembelajaran yang akan digunakan untuk mencapai tujuan tersebut. Penelitian ini bertujuan menawarkan gagasan inovasi media pembelajaran LMOS (Laser Marking Oogenesis and Spermatogenesis) untuk membelajarkan materi sistem reproduksi kepada siswa sekolah menengah pertama (SMP). Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian pengembangan research and development dengan mengacu pada model pengembangan ADDIE yang hanya sampai proses desain media. Laser yang digunakan ialah jenis laser dioda yang berspektrum warna merah dengan intensitas rendah. Tahapan-tahapan dari proses oogenesis dan spermatogenesis ditampilkan dari penutup ujung sinar laser yang terdiri dari 5 penutup untuk proses oogenesis dan 6 penutup untuk proses spermatogenesis. Media LMOS ini diharapkan dapat menjadi solusi dari media-media yang ada dan dapat tersebar secara menyeluruh ke sekolah-sekolah di Indonesia serta menarik bagi siswa karena media ini bersifat fleksibel dapat digunakan dimanapun dan kapanpun. Dengan demikian, tujuan dari proses pembelajaran dapat tercapai secara optimal.

Full Text:

PDF

References


Andri, R. M. (2017). Peran dan Fungsi Teknologi dalam Peningkatan Kualitas Pembelajaran. Jurnal Ilmiah Research Sains, 3(1), 121-129.

Azis, A. A., & Naswandi, N. (2012). Pengembangan Media Pembelajaran Biologi Berbasis Macromedia Flash pada Konsep Sistem Reproduksi Manusia. Jurnal Bionature, 13(2), 83-88.

Borg, W. R., & Gall, M. D. (1983). Educational research: an introduction, fifth edition. New York: Longman.

Deadara, E. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Sistem Reproduksi Manusia Berbasis Android untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Peserta Didik. Jurnal Prodi Pendidikan Biologi, 6(4). 198-210. 155

Dewi, N. A., & Agus, W. D. D. W. (2014). Pengembangan Majalah Green Sebagai Media Pembelajaran Biologi pada Materi Sistem Reproduksi Manusia untuk Siswa Kelas XI IPA SMA. JUPEMASI-PBIO, 1(1), 155-157.

Hasibuan, N. (2015). Pengembangan Pendidikan Islam dengan Implikasi Teknologi Pendidikan. FITRAH, 1(2), 189-206.

Kurniawan, B. D. (2016). Penggerak Laser Portable dengan Bluetooth Berbasis Android. Publikasi Ilmiah. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Noviami, R. R., Lisdiana, & Wulan, C. (2012). Pengembangan Media Digital Games Based Learning (DGBL) pada Pembelajaran Sistem Reproduksi Manusia di SMP. Unnes.J.Biol.Educ, 1(3), 203-210.

Marbun, Y. P. D., Ginting, G., & Lubis, I. (2017). Aplikasi Pembelajaran Sistem Reproduksi pada Manusia dengan Metode Computer Based Instruction. Majalah Ilmiah INTI, 12(2), 245.

Miftah, M. (2013). Fungsi dan Peran Media Pembelajaran sebagai Upaya Peningkatan Kemampuan Belajar Siswa. Jurnal KWANGSAN, 1(2), 95-105.

Minarni, et al. (2013). Pengukuran Panjang Gelombang Cahaya Laser Dioda Mengunakan Kisi Difraksi Refleksi dan Transmisi. Prosiding Semirata FMIPA Universitas Lampung, 167-171.

Pramuditya, S. A., Noto, M. S., & Purwono, H. (2018). Desain Game Edukasi Berbasis Android pada Materi Logika Matematika. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 2(2), 165-179.

Pratiwi, H., Aulia, F., Herawati. (2019). Embriologi hewan. Malang: UB Press.

Rahmat, E., Agus, R., Yati, R. (2017). Pengembangan Teknologi Tes Chin Up Berbasis Arduino Uno dan Sensor Laser Infrared dengan LCD Display. Jurnal Terapan Ilmu Keolahragaan, 2(1), 14-17.

Samiudin. (2017). Pentingnya Memahami Perkembangan Anak untuk Menyesuaikan Cara Mengajar yang Diberikan. PANCAWAHANA: Jurnal Studi Islam, 12(1), 1-9.

Sujana, I. W. C. (2019). Fungsi dan Tujuan Pendidikan Indonesia. Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 29-39.

Syafii, A. (2018). Perluasan dan Pemerataan Akses Kependidikan Daerah 3T (Terdepan, Terluar, Tertinggal). Dirāsāt: Jurnal Manajemen dan Pendidikan Islam, 4(2), 153-171.

Syahdiani, Soeparman, K., I G Made, S. (2015). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Inkuiri pada Materi Sistem Reproduksi Manusia untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Penelitian Pendidikan Sains (JPPS), 5(1), 727-741.

Trianto. (2007). Pembelajaran inovatif berorientasi konstruktivitis. Jakarta: Bumi Aksara.

Umar. (2014). Media Pendidikan: Peran dan Fungsinya dalam Pembelajaran. Jurnal Tarbawiyah, 11 (1).

Winingsih, P. H. (2015). Rancang bangun laser untuk pembelajaran fisika optik dalam menentukan indeks bias dan difraksi kisi. Seminar Nasional Fisika dan Pembelajarannya.

Yasin, A. N., & Nur, D. (2017). Kelayakan Teoritis Multimedia Interaktif Berbasis Articulate Storyline Materi Sistem Reproduksi Manusia Kelas XI SMA. Bioedu: Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi, 6(2), 169-174.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Faculty of Mathematics and Sciences
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Jl. Raya Tengah No. 80, Kel. Gedong, Kec. Pasar Rebo, Jakarta Timur 13760 , Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 

Creative Commons License
Prosiding Seminar Nasional Sains 2020 is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License