Inovasi Bahan Ajar Berbasis Project Based Learning (PjBL) Pada Materi Hidrolisis Di SMA

Retno Widiastuti, Marham Sitorus, Iis Siti Jahro

Abstract


Tujuan Penelitian ini ialah (1) Untuk menguji kelayakan inovasi bahan ajar berbasis Project Based Learning pada materi hidrolisis di SMA. (2) Untuk mengetahui respon siswa dan guru terhadap inovasi bahan ajar berbasis Project Based Learning pada materi hidrolisis Kelas XI  di SMA Cerdas Murni. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan dengan model pengembangan ADDIE. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas XI MIA dan guru mata pelajaran kimia di SMA Cerdas Murni tahun ajaran 2020/2021. Untuk mengetahui respon siswa terhadap bahan ajar diperoleh dengan menggunakan metode angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Hasil uji kelayakaninovasi bahan ajar yang telah dikembangkan pada materi hidrolisis untuk siswa kelas XI dengan menggunakan model pembelajaran Project Based Learning di SMA Cerdas Murni dinyatakan valid dengan nilai rata –rata 3,56 berdasarkan BSNP termodifikasi. 2) Hasil analisis data respon siswa menunjukkan bahwa persentase siswa yang memberikan respon sangat baik sebesar 19,4%, persentase siswa yang memberikan respon baik sebesar 80,5%, dan tidak ada siswa yang memberikan respon cukup, kurang, maupun sangat kurang. Sedangkan hasil analisis data respon guru menunjukkan bahwa persentase guru yang memberikan respon sangat baik sebesar 100%, dan tidak ada guru yang memberikan respon baik, cukup, kurang, maupun sangat kurang.

Full Text:

PDF

References


Dimhad. (2014). Penggunaan E-Modul Interaktif Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Sistem Saraf, Kemampuan Generik Sains Dan Berpikir Kritis. Retrieved Januari 20, 2016, from http://dimhad13.110mb.com/buku6/a .pdf

Ningtyas, R., & Yuniata, T.N.H., (2014), Pengembangan Handout Pembelajaran Tematik Untuk Siswa Sekolah Dasar Kelas III, Scholaria 4(3): 42-53

Octariani, D., & Rambe, H.I. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Project Based Learning Berbantuan Software Geogebra. Journal of Mathematics Education and Science, 4(1)

Sari, T.R., & Angreni, S.(2018). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (Pjbl) Upaya Peningkatan Kreativitas Mahasiswa. Varia Pendidikan. 30(1), 79-83.

Yotiani, Supardi.I.K., & Nuswowati. (2016). Pengembangan Bahan Ajar Hidrolisis Garam Bermuatan Karakter Berbasis Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 10(2), 1731-1742.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Faculty of Mathematics and Sciences
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Jl. Raya Tengah No. 80, Kel. Gedong, Kec. Pasar Rebo, Jakarta Timur 13760 , Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 

Creative Commons License
Prosiding Seminar Nasional Sains 2020 is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License