Pengembangan Modul Praktikum Fisika SMA Berbasis Inkuiri Terbimbing Pokok Bahasan Fluida Dinamis

Jenni Mutiarawati Khair, Dasmo Dasmo, Fatahillah Fatahillah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji kelayakan pengembangan modul praktikum fisika SMA berbasis inkuiri terbimbing pada pokok bahasan fluida dinamis. Berdasarkan hasil observasi diperoleh informasi sebanyak 84% peserta didik menyatakan bahwa pembelajaran fisika sulit dipahami. Peserta didik lebih senang menggunakan sumber belajar yang bervariasi sebanyak 97%. Modul yang dikembangkan dilengkapi dengan QR Code yang terhubung ke youtube untuk melihat video praktikum dan aplikasi percobaan virtual PhET Simulation. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (Research and Development). Langkah pengembangan menggunakan model 4D (four-D). Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul praktikum fisika SMA berbasis inkuiri terbimbing pokok bahasan fluida dinamis yang divalidasi oleh validator ahli materi mendapatkan persentase 69,00% dengan kriteria cukup baik. Kemudian hasil validasi oleh validator ahli media mendapatkan persentase 64,50%  dengan kriteria cukup baik. Sementara hasil validasi oleh validator ahli bahasa mendapatkan persentase 93,00% dengan kriteria baik. Berdasarkan hasil tersebut, maka media yang dihasilkan dari penelitian pengembangan ini dikategorikan ‘layak’ untuk digunakan sebagai salah satu media pembelajaran.


Full Text:

PDF

References


Arifah, I., Maftukhin, A., & Fatmaryanti, S.D. (2014). Pengembangan Buku Petunjuk Praktikum Berbasis Guided Inquiry untuk Mengoptimalkkan Hands On Mahasiswa Semester II Program Studi Pendidikan Fisika Universitas Muhammadiyah Purworejo Tahun Akademik 2013/2014. Jurnal Radiasi, 5 (1), pp. 24-28.

Astuti, I.A.D., Putra, I.Y., Bhakti, Y.B. (2018). “Developing Practicum Module of Particle Dynamics Based on Scientific Methods to Improve Students' Science Process Skills”. Jurnal Pendidikan, 7 (2), pp. 183-196.

Asyhar, R. 2012. Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Jambi: Referensi.

Daryanto. (2014). Pendekatan Pembelajaran Saintifik Kurikulum 2013. Yogyakarta: Penerbit Gava Media.

Firmansyah, G., & Hariyanto, D. (2019). Penggunaan QR Code pada Dunia Pendidikan: Penelitian Pengembangan Bahan Ajar. Jurnal SPORTIF: Jurnal Penelitian Pembelajaran, 5 (2), pp. 265-278.

Haviz, M. (2013). Research and Development: Penelitian di Bidang Kependidikan yang Inovatif, Produktif dan Bermakna. Ta’dib, 16 (1), pp. 28-43.

Irmi, I., Hasan, M., & Gani, A. (2019). Penerapan Model Inkuri Terbimbing Berbantuan Quick Response Code untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Hidrolisis Garam. JIPI (Jurnal IPA dan Pembelajaran IPA, 3 (2), pp. 75-87.

Latifah, S. (2012). Media Pembelajaran Power Point dan Metode Inkuiri Dilengkapi Game Ular Tangga (Pop-Mi-Gut) dapat Meningkatkan Hasil Belajar IPA Materi Kalor Siswa Kelas VIIB SMP Negeri 15 Surakarta Semester 2 Tahun Pelajaran 2011/2012. Prosiding: Seminar Nasional Fisika dan Pendidikan Fisika Program Studi Pendidikan Fisika FKIP Universitas Sebelas Maret, Surakarta. 94-106.

Mawaddah, K., Wardani, L.K., Sunarmi, S. (2017). Pengembangan Media Interaktif Berbantuan QR-Code Pada Materi Tumbuhan Paku untuk Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Biologi, 9 (1), pp. 23-30.

Mulyatiningsih, E. (2012). Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Putra, I.Y., Dasmo, D., Saraswati, D.L., Astuti, I.A.D., Nurullaeli, N., Bhakti, Y.B., & Rangka, I.B. (2018). Developing of Physics Practical Module Based on Scientific Method for Students. Journal of Physics: Conference Series, 1280 (2019) 052028, doi:10.1088/1742-6596/1280/5/052028.

Rianto, M. (2007). Pengelolaan Kelas Model Pakem. Jakarta: Dirjen PMPTK.

Rusman. (2015). Pembelajaran Tematik Terpadu: Teori Praktik dan Penilaian. Jakarta: Rajawali Pers.

Saraswati, D.L. (2020). Pengembangan Modul Praktikum Fisika Dasar Berbasis Inquiry Learning Tipe Terbimbing untuk Mahasiswa Pendidikan Matematika. Prosiding Seminar Nasional dan Diskusi Panel Pendidikan Matematika Universitas Indraprasta PGRI, Jakarta. 431-438.

Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Trianto. (2010). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Yohana, T.W. (2017). Aplikasi Teknologi QR (Quick Response) Code Implementasi yang Universal. Komputaki, (1), pp. 65-82.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Faculty of Mathematics and Sciences
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Jl. Raya Tengah No. 80, Kel. Gedong, Kec. Pasar Rebo, Jakarta Timur 13760 , Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 

Creative Commons License
Prosiding Seminar Nasional Sains 2020 is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License